10 Ekspektasi vs Realita Ini Pasti Dialami Semua Mahasiswa Saat Kuliah!


Saat aku masih SMA, masa-masa kuliah pasti selalu terbayang. Aku membayangkan kalau kuliah itu happy banget: belajarnya santai, bisa ikut banyak UKM, main sepuasnya, pacaran sepuasnya, dan lain-lain. Sadarlah guys! Kehidupan kuliah nggak seindah kehidupan FTV. Terkadang ekspektasi berbanding terbalik dengan realita. Berikut ekspektasi vs realita yang bikin kamu angguk-angguk kepala!

1. Kuliah Itu Nyantai vs Kuliah Itu Sibuk

Hasil gambar untuk meme kuliah sibuk
via brilio.net

Dulu aku membayangkan kalau kuliah itu pasti nyantai. Mau main sepuasnya, pacaran sepuasnya, mau melakukan apapun bebas. Ternyata kuliah itu sibuk banget. Harus hadir kuliah yang padat, pulang kuliah sore terus, belum praktikum, belum ngerjain tugas, belum ngurus organisasi dan tetek bengek lainnya.

2. Jadwal Kuliah Fleksibel vs Jadwal Kuliah Sadis

Hasil gambar untuk meme pulang kuliah sore
via onsizzle.com

Awalnya sih mengira kalau kuliah itu enak, karena jadwalnya fleksibel dan nggak bakal sepadat SMA. Jadwal kuliah memang fleksibel sih, tapi waktunya sadis banget, dan bikin geleng-geleng kepala. Di saat masuk kuliah pertama pagi jam 7, dan masuk kuliah selanjutnya harus menunggu jam 3 sore, itu rasanya sadis. Jadi pulangnya sering sore deh.

3. Nggak Banyak PR vs Tugas Dibawa Pulang

Hasil gambar untuk meme kuliah banyak tugas
via memecenter.com

Memang nggak banyak PR sih, tapi kalau tugas yang dibawa pulang mah banyak. Seringkali tugas menumpuk karena kebiasaan kita yang suka menunda-nunda.

4. Memakai Pakaian Bebas vs Memakai Pakaian Sesuai Aturan

Hasil gambar untuk kuliah pakai baju bebas
via gayatasi.com

Walaupun hampir semua jurusan bisa memakai pakaian bebas. Tapi ternyata ada jurusan tertentu yang tidak membolehkan mahasiswa memakai pakaian sebebasnya.  Ada jurusan pendidikan yang menyuruh mahasiswa memakai pakaian rapi layaknya guru. Ada juga jurusan pariwisata yang menyuruh mahasiswa memakai seragam jurusannya.

5. Bisa Hedon vs Makan Mie Akhir Bulan

Hasil gambar untuk meme anak kos
via brilio.net

Awal bulan sih emang kita bisa hedon sama teman-teman kita. Hang out ke tempat hits, makan ke restoran mahal, belanja baju yang mahal, dan lain-lain. Tapi akhirnya, kamu harus menerima realita kalau kamu hanya bisa makan mie di akhir bulan.

6. Punya Teman Banyak vs Punya Teman Sedikit

Hasil gambar untuk kuliah teman sedikit
via health.liputan6.com

Lingkungan baru, teman-teman pun baru. Siapapun pasti berharap bisa punya teman yang banyak saat kuliah. Tapi realitanya, anak-anak kuliah itu individual. Maka tak heran, teman dekatmu saat kuliah paling banyak sekitar 5 orang.

7. Jadi Anak Kost Bebas vs Jadi Anak Kost Homesick

Hasil gambar untuk homesick
via czechcollege.cz

Mungkin ada beberapa yang senang saat jadi anak kost, karena bisa jauh dari keluarga. Yang akhirnya bisa membuat kita bebas dan nggak bakal banyak aturan. Tapi lama keamaan kamu nggak bisa menyangkal, kalau kamu sebenarnya homesick dan kangen sama mereka.

8. Makanan di Tempat Kuliah Lebih Enak vs Makanan Rumah Lebih Enak

Hasil gambar untuk kangen masakan ibu
via majalahouch.com

Kita yang jadi anak rantau pasti senang sekali, karena saat kuliah kita bisa mencicipi makanan khas di tempat kuliah. Tapi apa daya, ternyata lidah kita kurang cocok dan akhirnya jadi kangen sama makanan rumah buatan Mamah.

9. Ikut Banyak Ukm vs Cuma Ikut 1 UKM

Hasil gambar untuk ukm upi
via uajy.ac.id

Sebelum kuliah, kita berandai-andai kalau nanti ingin mengikuti segala jenis UKM. Mulai dari UKM kesenian, bela diri, dan lain-lain. Eh saat tiba kuliah, akhirnya kita hanya mengikuti 1 UKM. Karena baru menyadari kalau ikut 1 UKM saja sudah capek, apalagi banyak.

10. Bisa Bangun Siang vs Bangun Kesiangan

Hasil gambar untuk meme bangun kesiangan
via brilio.net

Kalau dibayangkan, kuliah itu enak karena bisa bangun siang saat jam kuliah di siang hari. Dan realitanya bukan hanya bisa bangun siang, tapi bisa bangun kesiangan juga karena kebiasaan anak kost yang suka santai dan begadang.

 

Ekspektasi vs realita di atas, kamu banget kan? Yuk comment di bawah, kalau kamu punya ekspektasi vs realita yang pernah kamu alami dalam kuliah!

Komentar:

Komentar