Yuk, Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Berburu Pakaian Bekas di Pasar Loak


Pasar loak alias flea market. Hmm apa sih yang pertama kali kamu bayangkan saat mendengar tempat yang satu ini? Kalau jawabannya adalah tempat pengap yang dipenuhi sama tumpukan barang bekas nan berdebu, berarti kamu mesti sering-sering main ke tempat yang satu ini! Percaya gak percaya, dibalik tampilan luarnya yang kayak gitu sebenarnya pasar loak menyimpan banyak ‘harta karun’ tersembunyi lho.

Ada banyak jenis pasar loak, mulai dari yang khusus menjual barang antik kayak lukisan sampai pakaian-pakaian bekas. Nah, khusus buat pasar loak yang menjual pakaian bekas, penggemarnya bisa dibilang udah banyak lho. Banyak orang yang seneng main ke tempat kayak gini karena bisa dapet baju-baju impor bekas dengan merk terkenal yang harganya miring banget. Lumayan kaaan? Tapi, sebelum kamu terbuai sama godaan belanja pakaian bekas di pasar loak, sebaiknya kamu perhatikan hal-hal berikut dulu, yuk!

1. Selalu Jaga Barang Bawaan

maxresdefault
youtube.com

Jangan karena keasyikan cuci mata, barang berharga yang kita bawa pun jadi sasaran orang-orang yang gak bertanggung jawab. Soalnya suasana pasar loak yang biasanya disesaki sama banyak orang bisa bikin gerak-gerik pencopet lebih leluasa. Kalau kamu datang ke pasar loak di hari yang lagi ramai dan padat banget, sebaiknya taruh tas di depan badan untuk berjaga-jaga. Shopping boleh tapi safety tetap yang pertama!

2. Jeli dan Jangan Gampang Nyerah!

focus-hands
brainleadersandlearners.com

Perburuan pakaian bekas dengan kualitas oke di pasar loak memang susah-susah gampang. Apalagi buat kamu yang belum berpengalaman biasanya cuma lihat-lihat sekilas aja dan bingung mau mulai dari mana. Kalau udah gini sih kuncinya cuma dua, yaitu niat sama kejelian! Percayalah bahwa diantara tumpukan pakaian-pakaian bekas itu tersimpan ‘harta karun’ yang melambai-lambai minta dibawa pulang ke rumah~

3. Menawar Sih Boleh, Tapi Sebaiknya..

bargaining
sekilau1.blogspot.com

Jangan terlalu ngarep! Mindset beberapa orang saat berbelanja pakaian bekas adalah harganya bakal murah banget. Tapi, setiap penjual sebenarnya punya patokan yang beda-beda dalam menentukan seberapa miring harga pakaian itu. Apalagi kalau penjualnya sadar pakaian bermerk yang dia jajakan punya nilai jual tinggi. Hmm lagi-lagi urusan kayak gini emang soal untung-untungan sih. Tapi daripada dibuat sebal, lebih baik turunkan sedikit ekspektasimu soal harga pakaian bekas di pasar loak. Hal ini berlaku saat kamu udah nawar mati-matian tapi masih ditolak dan strategi “pura-pura mau pergi” juga gak mempan.

4. Makin Rame Makin Seru!

nomor-7-750×499
hipwee.com

Pergi sendirian ke tempat kayak gini emang lebih efektif sih, tapi dijamin bakal berlipat-lipat kali lebih seru kalau perginya bareng sahabat-sahabatmu, lho. Gak apa-apa deh rempong dikit, soalnya selain bisa saling menjaga barang bawaan, ngubek-ngubek bareng sampai nawar bareng, kamu juga selalu punya orang yang bisa dimintai pendapat kalau ragu sama pilihan belanjaan kamu, hehehe..

- Advertisement -

5. Jangan Langsung Dipakai!

Washing-Clothes
greenlivingbees.com

Berkat euforia berhasil mendapatkan deretan baju bekas murah yang kece kamu pun langsung memutuskan buat memakai pakaian-pakaian itu. Duh, sebaiknya sih jangan langsung memakai pakaian bekas yang kamu beli di pasar loak karena aslinya itu kotor banget, lho. Pakaian-pakaian impor bekas ini biasanya didatangkan ke pasar loak dengan karung-karung. Bayangkan aja betapa berdebunya pakaian-pakaian itu. Walaupun ada beberapa penjual yang udah mencuci dagangannya terlebih dulu, sebaiknya kamu tetap mencelupkan pakaian yang udah dibeli ke dalam air panas biar kuman-kumannya mati. Terus, baru deh dicuci dan dipakai.

Nah, sekarang tunggu apa lagi? Selamat berburu pakaian bekas, ya!

- Advertisement -
Shares 33

Komentar:

Komentar