Ya Ampun, Ini Nih 7 Tipe Netizen Yang Selalu Muncul di Kolom Komentar Medsos!


Tak bisa dipungkiri lagi kalau ternyata kolom media sosial adalah tempat yang mempertemukan jutaan netizen dari berbagai daerah bahkan dunia. Mereka melontarkan berbagai macam kalimat pujian, cacian, makian, sindiran, bahkan ada yang sampai menciptakan perang dunia ketiga. Usut punya usut, ternyata komentator online ini terdiri dari 7 tipe.

1. Si Filsuf

ahli filsafat via blogspot.com

Tipe netizen ini adalah kumpulan orang-orang yang sanggup membaca berbagai jenis buku, mengumpulkan beribu quotes karya orang-orang berpengaruh di dunia, sebelum akhirnya menuliskan karya mereka di kolom komen. Komentar yang mereka layangkan pun melebihi calon presiden yang sedang mengikuti debat kandidat. Tentu mereka adalah kaum-kaum berpendidikan tinggi, bisa berasal dari mahasiswa ataupun kalangan elite. Mereka akan muncul di berbagai jenis media sosial

2. Si Tukang Kompor

api via pos kota news.com

Jenis yang satu ini termasuk yang tidak bisa diam. Mereka tak pernah lelah mencari-cari celah sehingga nantinya netizen lain semakin bersemangat untuk ikut berkomentar. Pekerjaan mereka tentunya memanas-manasi keadaan dan mengkompor-kompori netizen lain. Komentar yang mereka suarakan tentunya membuat bola mata terbelalak dan sampai membakar hati. Kebanyakan dari mereka adalah workers media yang bertugas untuk spamming dengan tujuan membuat tayangan media mereka jadi naik daun. Contohnya adalah komentar pada video SARA atau video setengah dewasa di YouTube.

3. Si Mudah Dikompori

manusia terbakar via blogspot.com

Jika ada yang mengompori,tentu ada yang terkompori,dan tipe inilah orangnya. Secara umum mereka dikelompokkan menjadi 2 bagian.Pertama, termakan isu dan kejadian dari pemaparan media yang mereka baca. Tipe netizen ini tak peduli dengan apa yang mereka tulis di kolom komentar, karena mereka sudah terlebih dahulu terpancing emosi. Kedua, adalah mereka-mereka yang sudah termakan isu dari sang tukang kompor. Ruang lingkup tipe netizen ini adalah facebook atau forum politik kaskus. Selanjutnya tipe ini akan banting stir ke tipe No.4…

4. Si OOTD

out of topic via palembang.tibunnews.com

 

OOTD yang dimaksud di sini bukanlah outfit of the day, melainkan singkatan dari out of topic dech. Netizen OOTD biasanya punya ciri khas menuliskan komentar yang tidak nyambung atau keluar dari topik pembicaraan. Mereka adalah kaum-kaum terbelakang yang tidak mengetahui isu dan terkadang sudah membubuhi komen sebelum membaca content beritanya. Ujung-ujungnya komentar netizen OOTD ini akan menjadi bulan-bulanan untuk dibuli oleh netizen-netizen lain. Netizen OOTD biasanya beredar dikaskus page 1405.

5. Si Penggemar Berat Yahudi Zionis Illuminati ISIS Freemason Dengan motto Hidup Prabowo, Goodbye Jokowi

penggemar illuminati via wordpress.com

Netizen tipe ini adalah komentator yang paling dahsyat. Merekalah orang-orang yang menghabiskan sebagian hidupnya untuk mempelajari tentang konspirasi juga menelaah video-video tentang kebenaran dan fakta akan suatu hal. Mereka percaya akan issue-issue seperti Kota atlantis sebenarnya ada di Indonesia dan kabar tanpa bukti lainnya. Netizen tipe ini menganggap bahwa semua kejadian-kejadian buruk di muka bumi terjadi karena konspirasi antara Yahudi, Zionis, Illuminati, ISIS, dan Freemason, dengan Pak Prabowo sebagai pembela kebenaran.

6. Si Penjual Barang yang Numpang Promosi

jualan di ig via liputan6.com

Netizen tipe ini tak peduli dengan apapun kejadian dan komentar sebelumnya, yang terpenting bagi mereka adalah mempromosikan dagangannya agar laku terjual. Pekerjaan mereka hanya cukup mengkopi-paste kalimat promosi seperti, “Ingin punya tubuh ideal, kami punya solusi no abal-abal. IG nya nggak digembok lho!”

7. Si Sederhana

pengguna laptop via kesekolah.com

Netizen tipe ini adalah tipe yang mendominasi media sosial. Mereka cenderung biasa-biasa saja dan hanya berkomentar seperlunya. Tipe ini berpengang teguh pada prinsip bahwa apa yang terjadi di internet tak perlu dibesar-besarkan apalagi sampai menyebabkan permusuhan satu sama lain. Mereka cenderung mencintai damai dan ingin hidup tenang baik di dunia maya maupun dunia nyata.

Setelah di teliti dari berbagai sumber, ketujuh tipe netizen diatas, kecuali No. 6 dan 7 sebenarnya adalah orang-orang yang bertujuan memanfaatkan situasi untuk mendongkrak popularitas, menggembleng ketenaran dan menunjukkan ke khalayak kalau mereka hebat. Padahal seharusnya perkembangan teknologi dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendapatkan hal positif. Kita hanya bisa berharap semoga tidak ada lagi netizen-netizen yang menciptakan kejadian-kejadian negatif kedepannya. Duh, jangan sampai terjeblos ke tipe No. 1-5 ya! Nah, kira-kira kamu tipe yang mana?

sumber : keepo.me

 

Komentar:

Komentar