Oalah! Ini Toh Alasan Kenapa Jepang Bersih Banget, Patut Ditiru Nih!


:

Siapa sih yang nggak tahu Jepang? Sebuah negara kepulauan di Asia Timur yang letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Jepang terdiri dari 6.852 pulau. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Tiongkok Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan. 

Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu. Penduduk Jepang berjumlah 128 juta orang, dan that’s why Jepang berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia. Nah, beberapa tahun belakangan ini pemerintah Jepang tengah gencar-gencarnya mengubah Jepang menjadi salah satu kota terbersih di dunia. Nggak perlu banyak mengeluarkan budget, karena mereka memulainya dari hal yang paling kecil. Yuk kita intip, jangan lupa ditiru, ya!

 

1. Nggak Ada Tong Sampah Umum? That’s Not A Problem!

img_1381.jpg (580×773)
via rocketnews24.com

Di Jepang, para penduduknya punya mindset kalau “sampah adalah tanggung jawab”. Jadi kalau dalam suatu kegiatan mereka menghasilkan sampah, maka mereka bakal ngelakuin segala cara biar sampah-sampah tersebut segera musnah. Dua pemuda ini misalnya, mereka baru aja selesai pesta barbeque di Laut Seto. Karena di tempat tersebut nggak ada tong sampah umumnya, dengan penuh rasa tanggung jawab mereka langsung memungut sampah dan memasukkannya ke dalam kantong besar dan ikut dibawa pulang. Duh, penuh perjuangan banget, ya!

 

2. Plastik Sampah Yang Menemani Penumpang

plasticbag.jpg (580×773)
via rocketnews24.com

Jangan heran kalau kamu saat menumpangi bus untuk perjalanan jauh, kamu bakal nemuin plastik sampah untuk penumpang di setiap kursi bus. Tujuannya sih simple aja, supaya para penumpang nggak ninggalin sampah mereka di bawah kursi bus ataupun di lantai bus. Trus plastik sampah iu di kemanain, dong? Gampang, begitu busnya sampai di terminal tujuan, para penumpang akan membuangnya ke tong sampah.

 

3. Semua Perkantoran Diwajibkan Untuk Menjaga Kebersihan

nurse.jpg (580×816)
via en.rocketnews24.com

Noh liat! Dari foto di atas, tampak seorang perawat lagi bersih-bersih di halaman sebuah rumah sakit. Pemandangan seperti itu bukan lagi hal yang langka i Jepang. Di Jepang, setiap paginya kamu bakal nemuin orang-orang yang lagi bersihin halaman kantor mereka. Eitsss, bukan pekerja bangunannya ya, melainkan para staff dan karyawannya.

 

4. Koran Dan Majalah Bekas Yang Numpuk? Ada Cara Mengatasinya!

img_2749.jpg (580×435)
via enrocketnews24.com

Masyarakat Jepang nggak pernah khawatir dengan koran ataupun majalah bekas yang udah nggak kepake lagi, soalnya dia sana ada yang namanya “Recycle Gerbage Days”. Pada hari itu, semua rumah berlomba-lomba mengumpulkan semua jenis sampah kertas untuk didaur ulang.

 

5. Relawan Pembersih Sampah

greenbird.jpg (580×435)
via enrocketnews24.com

Saat mendengar kata “relawan”, pasti yang terlintas di benak kamu adalah relawan-relawan kesehatan yang membantu korban bencana alam. Hmm, sebenarnya arti kata “relawan” nggak hanya terbatas pada hal itu aja, di Jepang kamu bakal nemuin yang namanya “relawan sampah”. Yupp, mereka dengan sukarela menjadi volunteer untuk membersihkan sampah di sudut-sudut kota. Nggak heran kalau begitu bangun pagi-pagi, masyarakt Jepang ngeliat lingkungan mereka udah bersih aja.

Nah, itu dia 5 hal sederhana yang dilakukan masyarakat Jepang dalam menjaga kebersihan negaranya. Sebenarnya masih banyak lagi lho hal-hal lain yang dilakukan atas kesadaran masyarakat Jepang supaya negaranya menjadi bersih. Yuk, kita ikut jejaknyanya masyarakat Jepang. Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Kalau kamu bisa untuk ngebersihinnya sendiri, kenapa harus nunggu tukang sampah?

Sumber : en.rocketnews24.com

126 Shares

Komentar:

Komentar