Wow, 7 Produk Terkenal Ini Dulunya Punya Fungsi Yang Nggak Disangka Lho! Kamu Wajib Tahu Nih

Benar kata pepatah: "Ketidaksengajaan kadang membawa berkah." Entah itu pepatah dari mana...

Siapa sih yang gak kenal sama produk semacam Coca-Cola atau obat kumur Listerine? Yap, produk tersebut memang sudah biasa kita temukan sehari-hari. Tapi, kamu tahu gak sih kalau produk produk  itu dimaksudkan untuk tujuan lain saat pertama kali dibuat?

Selain dua produk yang barusan disebutkan, ada pula lima produk lainnya yang punya kisah serupa, lho. Lantas, apa sebenarnya tujuan 7 produk ini diciptakan? Untuk menguasai dunia, ‘kah? Atau untuk melawan makhluk asing suatu saat nanti? Daripada berspekulasi nggak jelas, mending langsung cek penjelasannya yang dilansir dari Brightside.

1. Kaset Tape

via brightside.me

Inget kaset yang menggunakan pita itu? Yang bisa sewaktu-waktu kusut dan kita betulkan dengan cara memutar bagian tengahnya pakai pensil? Ahhh, masa kecil yang indah.

Kaset pita awalnya digunakan untuk peralatan medis. Tapi, karena cuma bisa merekam suara detak jantung dan tidak banyak membantu, akhirnya benda ini beralih fungsi menjadi alat perekam musik.

2. Pembalut

via brightside.me

Ketika perang, sebenarnya pembalut merupakan perban untuk tentara yang terluka. Para perawat menggunakan perban pembalut untuk menyerap darah dan mengeringkan luka lebih cepat. Tapi, para perawat wanita saat itu tak sengaja menemukan kegunaan lain dari perban tersebut. Yap, sebagai pembalut yang kita tahu saat ini. Kreatif, ya.

3. Permen Karet

via brightside.me

Siapa yang gak kenal permen yang asyik banget buat dikunyah? Siapa sangka, ketika pertama kali dibuat para peneliti sebenarnya hanya ingin menemukan formula untuk membuat karet jenis baru. Dan voila! Jadilah permen karet yang enak ini. Hmm, iseng-iseng berhadiah, ya.

4. Bubble Wrap

via brightside.me

Siapa yang suka iseng pencet benda yang satu ini? Kadang saya sendiri suka gemas kalau sudah lihat bubble wrap, hehehe. Tapi, tahu gak sih kamu kalau awal dibuatnya benda menggemaskan ini sebenarnya sebuah kesalahan?

Kala itu duet penemu Al Fielding dan Marc Chavannes ingin membuat wallpaper. Tapi karena salah bahan, jadinya malah bubble wrap ini.

5. Listerine

via brightside.me

Obat kumur agar mulut kamu nggak bau naga ini pertama kali ditemukan sekitar 135 tahun yang lalu, lho. Sebelum digunakan sebagai obat kumur, listerine sering digunakan sebagai antiseptic untuk membersihkan alat-alat medis lho, guys.

6. Coca-Cola

via brightside.me

Minuman yang sudah gak asing buat kita ini dulunya diproduksi bukan untuk hanya sekedar minuman; Coca-Cola sebenarnya dibuat sebagai obat! Yap, dulu kandungan pada Coca-Cola bisa mengurangi tingkat ketagihan pada obat-obatan terlarang, menyembuhkan sakit kepala, dan juga menghilangkan kepanikan. Tapi seiring berkembangnya waktu, akhirnya efek obat tersebut dihilangkan dan jadilah Coca-Cola sebagai minuman bersoda biasa.

7. Play-Doh

via brightside.me

Kalian tahu mainan yang lagi hits diantara anak-anak ini? Yap, malam bermerk Play-Doh ini memang pertama kali dibuat bukan sebagai mainan anak, guys. Perusahaan yang membuatnya bermaksud membuat alat pembersih ruangan, khususnya untuk membersihkan wallpaper dan dinding. Tapi karena memang menyenangkan buat dijadiin mainan, maka Play-Doh resmi menjadi produk mainan.

Nah, itu dia 7 produk yang awalnya bukan dimaksudkan memiliki fungsi seperti sekarang, guys. Apa kamu punya fakta lainnya yang nggak kalah menarik?

Komentar:

Komentar