Liat Nih, Sekarang 15 Tempat Indah Tak Berpenghuni Ini Berubah Jadi Alam Liar!

:

11. Ross Island, India

via mentalfloss.com

Sama seperti Ta Prohm di Kamboja, Ross Island di India ini perlahan-lahan juga ‘dimakan’ oleh pepohonan. Fenomena ini baru berlangsung sejak tahun 1940-an sebagai dampak gempa bumi dan invasi Jepang.

12. North Brother Island, New York

via mentalfloss.com

Bekas daerah karantina penyakit menular di Kota New York, di mana Thypoid Mary juga pernah diasingkan di sana.Kini tempat ini sudah menjadi habitat bagi burung pantai.

13. Mallows Bay, Maryland

via mentalfloss.com

Lumbung kayu di Mallows Bay ini kini beralih fungsi menjadi sarang kelelawar. Dari sekitar 200 bangkai kapal yang ada di Maryland Bay, beberapa diantaranya pernah digunakan lagi di Perang Revolusi dan sekitar 100 diantaranya adalah kapal yang susah payah dibuat untuk Perang Dunia I.

Kapal yang tenggelam ini kini resmi menjadi arkeologi milik daerah dan tengah diupayakan menjadi arkeologi nasional.


14. Año Nuevo Island,California

via mentalfloss.com

Sejak tahun 1872-1948, Pulau Ano Nuevo di California adalah stasiun penerangan yang berfungsi untuk mencegah supaya kapal-kapal tidak karam saat melintasi perairan yang berbahaya. Setelah penjaga terakhir di stasiun penerangan meninggalkan pulau ini, pada tahun 1950 gajah laut utara mulai berdatangan, disusul dengan singa laut, dan kemudian burung laut.

Karena populasi mereka semakin padat, para makhluk hidup ini pun menguasai semua bangunan di Pulau Año Nuevo pada abad ke-19. Daerah ini sekarang menjadi tempat resmi pelestarian satwa liar dan hanya peneliti yang diperbolehkan masuk ke pulau ini.

15. Tiengemeten, Belanda

via mentalfloss.com

Pada tahun 2007, Tiengemeten dengan sengaja diubah kembali menjadi alam liar. Para petani yang mendiami daerah ini direlokasi dan tanggul yang ada sengaja dirusak untuk mengembalikan panorama alam yang sesungguhnya.

Walaupun beberapa pengunjung diperbolehkan untuk berjalan disepanjang daerah ini, tetapi mereka tidak diperkenankan untuk menaiki kendaraan. Sekarang, burung, kupu-kupu dan hewan-hewan lain pun menjadi penghuni di Tiengemeten ini.

Nah, itulah 15 tempat indah yang udah ditinggalkan oleh penghuninya, baik karena disengaja maupun tidak. Kini tempat-tempat tersebut menjadi destinasi wisata yang menarik banyak traveler domestik maupun asing.

Mungkin kamu berminat untuk mengunjungi salah satu tempat tersebut?

sumber : mentalfloss.com

Previous 3 of 3

Duma Sarah :She is a freelance writer at selipan media. As a new comer, she focused on entertainment and tips. She interested in culinary tour, travelling, and writing, but however she is future doctor.