Wah Ternyata Ini Nih Efek-Efek Dari Warna Di Sekitar Kita!


:

Tuhan menciptakan alam semesta penuh dengan warna-warna yang luar biasa. Kamu tahu nggak kalau warna-warna yang ada di sekitar kita itu bisa mempengaruhi kita baik secara mental maupun secara fisik? Yap! Inilah efek-efek warna-warna yang ada di sekitar kita! Yuk disimak!

1. Merah

pexels-photo-112826

Warna merah itu biasanya dihubungkan dengan emosi yang kuat dan reaksi fisik yang kuat. Di beberapa riset, warna ini bisa bikin orang membuat keputusan yang cepat dan juga mempercepat metabolisme mereka. 

2. Jingga (Orange)

healthy-fruits-morning-kitchen

Warna jingga atau orange ini bisa bikin kamu mikir hal-hal yang nyaman seperti makanan yang kamu suka dan tempat perlindungan. Warna jingga juga berkaitan erat dengan kreatifitas karena bisa memicu peningkatan kadar oksigen di otak yang melancarkan pikiran.

3. Biru

pexels-photo-110139

Biru itu kesannya membuat orang lebih tenang karena warnanya yang menyejukkan. Berbeda dengan merah, warna ini lebih menstimulasi mental kita daripada fisik kita.


4. Kuning

pexels-photo

Warna kuning itu berkaitan erat dengan optimisme. Kuning itu warna yang paling kuat secara efek pada mental kita. Itu pun jika kita memilih warna kuning yang tepat. Jika kita memilih warna kuning yang salah dapat mengakibatkan efek yang sebaliknya.

5. Hijau

door-green-closed-lock

Warna hijau itu dikaitkan erat dengan penyembuhan dan ketenangan karena warna hijau itu warna yang ditemukan dengan mudah di alam. Warna hijau dapat menstimulasi keseimbangan dalam otak. Jadi jika kamu merasa tenang saat ada di alam terbuka itu karena banyak warna hijau disekitar kamu yang menenangkan.

6. Putih

art-wall-brush-painting

Warna putih itu sering diasosiasikan dengan keimanan dan kesucian. Efek warna ini  juga dapat menstimulasi kreatifitas karena seolah-olah mengingatkan kita pada kertas yang kosong.

7. Ungu

landscape-clouds-trees-sunrise-21845

Ungu, tergantung wilayah, sering diasosiasikan dengan warna kerajaan (khususnya di negara-negara Barat). Namun di Indonesia warna ungu memiliki konotasi yang negatif yaitu diasosiasikan ke seseorang yang tidak memiliki suami. Namun efek warna ungu itu dapat membantu berpikir lebih dalam saat berkonsentrasi.

8. Pink

roses-pink-family-rose-family-65619

Warna pink itu duhubungkan dengan hal-hal yang feminim. Selain itu, efek warna ini pada kita adalah dapat membuat kita merasa senang dan tenang.

9. Abu-Abu

pexels-photo-47498

Abu-abu adalah warna yang dingin dan sering dihubungkan dengan orang-orang intelektual. Namun di sisi lain sering juga dihubu ngkan dengan kurangnya rasa percaya diri. Akan tetapi warna ini bersifat netral dan dapat mereda efek warna lain yang terlalu berlebihan. Maka dari itu banya designer yang menggunakan warna ini bersama dengan warna lain.

10. Hitam

pexels-photo-128611

Warna ini bersifat sophisticated dan dihubungkan dengan kecanggihan. Biasanya warna ini dapat membuat sesuatu atau seseorang terkesan berkelas dan serius.

11. Cokelat

food-beans-coffee-drink

Selain hitam, warna cokelat juga dihubungkan dengan keseriusan. Tetapi selain serius, warna ini melambangkan kehangatan.

 

Nah, bagaimana? Ternyata ada alasan kuat akan adanya warna-warna di alam semesta ini ya! Dari mulai merah hingga cokelat, mereka semua punya fungsi dan efeknya tersendiri! Apakah warna kesukaanmu termasuk?

 

Sumber: colour-affects.co.uk

Komentar:

Komentar