Wow! Cuma di Jalanan India Kulkas Makanan Khusus Disediain Untuk Orang Kelaparan!


Melakukan kebaikan dapat diekspresikan dengan cara yang berbeda-beda. Meskipun caranya berbeda, namun intinya tetap sama. Baru-baru ini ada sebuah kisah yang sangat mulia yang dilakukan oleh sebuah restoran di India. Penasaran seperti apa kisahnya, yuk kita langsung simak ulasannya berikut ini.

1. Restoran Pappadavada

kulkas 1

Salah satu restoran di India bernama Pappadavada menyediakan kulkas di jalan agar diisi makanan oleh para pengunjung dan kemudian diberikan kepada orang miskin yang kelaparan. Makanan sisa merupakan sampah terbesar yang dibuang oleh sejumlah restoran. Hal inilah yang membuat sang pemilik, Minu Pauline menerapkan ide kreatif ini.

2. Pemilik restoran, Minu Pauline

kulkas 2

Ide ini muncul ketika Minu Pauline melihat gelandangan makan dari tempat sampah. Minu kemudian merasa tergerak hatinya untuk melakukan sesuatu. Restoran miliknya juga memiliki banyak makanan sisa. Oleh karena itu sekarang sang pemilik meletakkan sebuah kulkas di jalan depan restorannya.

3. Semua orang bebas memberikan sumbangan makanan

kulkas 6

Seperti diberitakan oleh Huffingtonpost.com, orang-orang yang kelaparan diizinkan untuk mengambil makanan dari kulkas setiap saat tanpa syarat apapun. Kulkas ini kini di beri nama  “Nanma maram” atau “Pohon kebaikan”.

4. Kulkas Nanma maram

kulkas 8

Sebelumnya, sang pemilik meminta orang-orang yang ingin menyumbang makanan untuk menuliskan tanggal ketika mereka meninggalkan makanan, sehingga mereka yang ingin mengambil makanan tahu berapa lama makanan itu disimpan. Namun, kebanyakan makanan tidak tahan lama.

5. Beraneka macam makanan tersedia

kulkas 3

Kulkas ini siap menampung setiap ada sumbangan makanan atau makanan sisa dari siapapun. Kulkas ini  buka 24 jam sehari dan semua orang boleh mengambilnya secara cuma-cuma. Meskipun ada beberapa sumbangan dari masyarakat, Pauline menambahkan jika kulkas ini perlu diisi secara rutin. Setiap harinya, kira-kira ada 75 hingga 80 porsi makanan yang disumbangkan.

6. Setiap hari kulkas selalu terisi makanan dan minuman

kulkas 4

“Uang adalah milik Anda, tetapi sumber daya milik masyarakat,” kata Pauline kepada HuffPost. Jika anda membuang-buang uang anda, itu uang anda, tetapi anda membuang-buang sumber daya masyarakat. Jangan buang sumber daya, jangan buang makanan,” tutur Pauline.

7. Semua orang bebas mengambil makanan di kulkas

kulkas 5

Menurutnya, ia lebih respect sama orang-orang yang meletakkan kelebihan makanan, daripada orang-orang yang sengaja membeli makanan untuk dimasukkan ke kulkas. “Satu-satunya hal yang saya ingin cegah adalah ketika orang-orang benar-benar membeli makanan dan memasukkannya ke kulkas, itu benar-benar murah hati. Tapi aku lebih suka orang menaruh kelebihan makanan mereka daripada membuangnya ke tempat sampah,” tambah Pauline.

8. Kini ketika mereka lapar mereka tak perlu lagi makan makanan dari tempat sampah

kulkas 7

Berkat kebaikan Pauline, kini orang-orang tak perlu lagi mengais makanan di tempat sampah. Semoga saja, kebaikan seperti ini bisa menjadi inspirasi bagi yang lainnya supaya tidak ada lagi orang-orang yang kelaparan.

Sungguh mulia ya kebaikan dari pemilik restoran itu. Semoga kita semua bisa melakukan hal yang sama agar orang di sekitar kita tidak kelaparan lagi.

Sumber : buzzfeed.com

25 Shares

Komentar:

Komentar