Tipe Otaku yang Biasa Kamu Temui di Acara Jejepangan! Nomor #2 Paling Mainstream


Acara komunitas pecinta anime dan segala hal yang berbau subkultur Jepang memang tengah menjamur di negara kita. Nah, pastinya kalian tahu dong sama istilah Otaku, gelar yang disematkan buat orang-orang pecinta segala hal yang berbau anime, manga, dan game dari Jepang.

 

 

Para Otaku ini nih yang sering meramaikan acara Jejepangan di kampus atau event tertentu. Tentu saja ada banyak karakter Otaku yang datang ke acara beginian. Mulai dari yang newbie sampe yang udah master abis. Cek ulasannya.

 

1. Newbie

masih newbie nih...
masih newbie nih…

 

Tipe ini biasanya didominasi sama orang-orang yang baru mengenal Jejepangan. Dia masih bingung dengan semua yang ada di pameran. Karena masih baru di dunia Jejepangan, jadi sepanjang pameran dia cuma melongo dan takjub liat booth-booth yang isinya sesuai dengan yang dia sukai selama ini. Celingak celinguk dan memendam takjub dalam hati. Biasanya dia akan datang dengan otaku yang udah advance. Jadi semacam ada guide buat tanya-tanya dan komentar tentang apa yang dia lihat.

 

2. Cosplayer

ini nih yang paling mainstream
ini nih yang paling mainstream

 

Tipe ini gak usah disangsikan lagi pasti selalu nongol setiap ada event Jejepangan. Berkostum ria sesuai dengan karakter Anime atau Manga yang dia sukai plus dengan atribut lengkap dan gaya yang mirip. Biasanya cosplayer muncul dengan timnya jadi mereka bisa pasang gaya dan beratraksi bersama.

 

Selain hanya untuk eksistensi, biasanya para cosplayer ini juga dibuatkan event khusus seperti lomba cosplayer atau cosplay cabaret untuk menambah semarak acara pameran serta menampung para cosplayer tetap terkoordinasi.

 

3. Hunter

hunting barang anime dan manga
hunting barang anime dan manga

 

Ada lagi orang yang datang ke acara Jejepangan untuk memburu barang-barang koleksinya yang belum lengkap. Biasanya dia akan hunting ke setiap booth untuk mencari barang-barang menarik yang menjadi incarannya. Pameran memang salah satu ajang untuk mengumpulkan semua penjual merchandise anime dan manga seperti action figure, properti cosplay, atau kumpulan komik dan serial anime lengkap yang jarang sekali ditemui di toko konvensional. Untuk itu para pemburu koleksi ini siap berbelanja untuk melengkapi koleksinya.

 

4. Penggembira

 photo 18573_1237375052771_1181095742_3062.jpg
yang “tengah” cuma penggembira

 

Tipe ini adalah orang yang senang dengan Jejepangan tapi tidak terlalu maniak. Ketika ada event Jejepangan orang-orang ini akan jadi seksi penggembira. Misalnya ada temennya yang jadi cosplayer dan dia datang untuk jadi tukang fotonya. Mereka lebih senang menikmati suasana keramaian yang berhubungan dengan anime dan manga. Mereka senang dengan Jejepangan tapi tidak terlalu addict.

 

5. Master

yang ini udah master
yang ini udah master!

 

Otaku yang sudah sampai pada tahap master biasanya akan datang dengan tenang. Mereka tidak akan mengumbar pengetahuan mereka tentang anime dan manga atau seberapa banyak koleksi action figure mereka di rumah. Mereka datang untuk melihat perkembangan dunia Jejepangan yang dia sukai dengan menemukan info terbaru dan menyalurkan hobi mereka karena berada di komunitas yang sama. Ini juga menjadi ajang mereka untuk saling bertemu di dunia nyata karena kebanyakan otaku addict ini hanya berinteraksi di dunia maya dalam membangun jaringan.

 

Nah, kalau kamu termasuk tipe Otaku yang mana? Kirim komen ya! 🙂

Komentar:

Komentar