Sering Merasa Sakit Kepala? Cobain deh Lakukan 6 Cara ini

Udah pernah nyobain 6 cara ini nggak?

:

Sama seperti pilek atau batuk, sakit kepala termasuk salah satu penyakit yang nggak begitu parah tapi cukup mengganggu ketika dia datang melanda. Jenis-jenis sakit kepala pun ada berbagai macam, yaitu sakit kepala primer (seperti tension, migrain, dan cluster), sakit kepala sekunder, dan nyeri saraf kranial.

via Cantikitu

Nah, ketika sakit kepala mulai menyerang, ada baiknya kamu jangan sampai mengalami ketergantungan pada obat-obatan kimia, tapi coba dulu 6 cara ini. Apa saja? Ini dia daftarnya.

1. Minum air

via health.liputan6.com

Satu hal yang paling mudah dan paling murah, gratis malah, saat terkena sakit kepala adalah minum air mineral banyak-banyak. Seperti yang dilansir dari Merdeka, air mineral dapat membantu memperlancar aliran darah dan oksigen yang menuju atau dari kepala.

2. Makan semangka

via okezone.com

Dilansir dari Dr Sakit Kepala, yang bikin semangka cukup mujarab untuk mengobati sakit kepala adalah karena buah ini mengandung banyak kandunga gizi seperti vitamin (A, B, dan C), kalium, zat besi, magnesium, dan fosfat.

3. Tempelkan es batu ke pelipis atau belakang kepala

via Beautynesia

Dilansir dari Merdeka, sensasi dingin dari es batu dapat membuat otot menjadi lebih rileks sehingga dapat mengurangi rasa sakit. Cara memakainya, bungkus es batu dengan kain atau semacamnya, lalu tempelkan ke pelipis atau belakang kepalamu.

 

4. Pijat pelipis dengan minyak peppermint

via skin.co.id

Menurut Atsirich, minyak peppermint dapat digunakan untuk merangsang aliran darah di dahi, menghilangkan rasa sakit, relaksasi otot, dan menghambat kontraksi otot.


5. Makan sesuatu yang pedas

via merdeka.com

Seperti yang dilansir dari Hellosehat, dalam Journal of Headache and Pain, rasa pedas tersebut akan diterima oleh transient receptor potencial (TRP), bagian otak yang berperan dalam merangsang berbagai sensasi, seperti sensasi panas, rasa sakit, dingin, dan hangat. Nah, ketika sakit kepala melanda, TRP akan aktif dan menekan rasa sakit yang muncul, sehingga rasa sakit Anda berkurang. Eit, tapi jangan banyak-banyak, ya!

6. Minum teh jahe

via Tips Bejo

Dilansir dari Berita Satu, jahe mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat menghambat sintesis prostaglandin. FYI, sintesis prostaglandin ini adalah penyebab peradangan dan nyeri. Sehingga ketika kamu mengkonsumsi teh jahe, maka sakit kepala yang kamu rasakan dapat berkurang, bahkan menghilang.

Kamu udah mencoba salah satu dari 6 cara di atas? Atau punya cara lain? Coba tulis di kolom komentar, ya.

Komentar:

Komentar