Seram, 5 Lagu Ini Dianggap Memiliki Kisah Paling Mengerikan. Jangan Denger Kalo Gak Berani Ya!


:

Lagu seringkali kita dengarkan untuk sarana relaksasi, penambah mood ataupun sekedar hiburan. Namun apa jadinya kalau lagu itu dibuat dengan maksud menceritakan kisah yang mengerikan oleh pembuatnya? Hmm, mungkin kalian akan berfikir beberapa kali untuk mendengarkanya ya? Atau malah penasaran dan malah ingin mendengarnya?

Yap, ada beberapa lagu yang konon katanya mempunyai makna atau kisah yang menyeramkan di dalamnya. Terlepas dari benar atau tidaknya kisah dibalik lagu-lagu berikut ini, pasti kalian penasaran kan? Nah, lagu apa saja itu? Check this out!

1. Lingsir Wengi

via bpblogspot.com

Lagu sinden berbahasa Jawa Tengah ini memang sudah terkenal mengerikan. Dibalut dengan suasana gamelan yang khas dan mistis, banyak yang beranggapan bahwa lagu ini ritual untuk memanggil hantu. Tepatnya, kuntilanak.. Hii seram ya!

Berikut adalah sedikit lirik dari lagu Lingsir Wengi yang dianggap penuh aura mistis:
“Lingsing wengi, sliramu tumeking sirno…Ojo tangi nggonmu guling ..Awas jo ngetoro…Aku lagi bang wingo wingo…Jin setan kang tak utusi…Dadyo sebarang..Wojo lelayu sebet..”

Walaupun belum diketahui betul arti dari lirik tersebut, tetap bikin merinding ya. Oh iya, hal ini juga diperkuat oleh film yang dibintangi oleh Julie Estelle yang berjudul ‘Kuntilanak’. Di film tersebut, Lingsir Wengi digunakan untuk memanggil sang hantu.

Tapi, faktanya lagu ini dibuat oleh Sunan Kalijaga pada jaman dahulu bukan untuk memanggil setan lho. Lagu ini dibuat dengan pakem gending Jawa macapat. Gending macapat sendiri terdiri dari 11 macam pakem dan salah satunya adalah Durma yang digunakan oleh lagu Lingsir Wengi ini. Lagu yang menggunakan Pakem Durma memiliki ciri khas terdengar keras, sangar, suram dan sedih.

Maka dari itu, lagu Lingsir Wengi ini bernada pelan, lembut dan berkesan mistis, padahal dahulu Sunan Kalijaga suka menyanyikan lagu ini setiap sehabis shalat malam. Pada jaman dahulu juga lagu Lingsir Wengi ini dinyanyikan oleh para ibu sebagai lagu tidur untuk anaknya agar terhindar dari gangguan makhluk halus.


2. Nina Bobo

via bp.blogspot.com

Kalian pasti sering mendengar lagu yang satu ini, atau bahkan menyanyikanya untuk anak kecil di sekitarmu? Konon katanya,lagu yang satu ini juga memiliki kisah yang mengerikan lho.

Ceritanya dulu ada sebuah keluarga Belanda yang saat itu menduduki Indonesia. Keluarga tersebut mempunyai anak perempuan bernama Nina. Hingga suatu malam, Nina menjerit keras berbarengan dengan hujan petir yang mengepung daerah tempat tinggalnya. Kemudian, tak lama Nina kerasukan setan. Tak ingin keluar, setan yang berada di tubuh Nina bertahan hingga berbulan-bulan, membuat kondisi Nina semakin memburuk.

Hingga suatu malam, tiba-tiba setan yang menduduki tubuh Nina hilang begitu saja. Ibunya menangis melihat Nina sudah sembuh, begitu pula Nina. Sambil menangis Nina berkata, “Ibu, aku takut” Ibunya menjawab dengan menangis juga, ” Tidak apa-apa, Nak. Ibu ada di sini. Ayo makan, kamu pasti lapar. “Nina menjawab, “Nina tidak lapar Bu, tapi bolehkah aku minta sesuatu?” Ibunya membalas, “Boleh ,Nak.. Apapun itu, Ibu pasti kabulkan.”Nina berkata, “Aku mengantuk, Aku hanya ingin tidur. Maukah ibu menyanyikan sebuah lagu untukku?” Ibu Nina terdiam dan menjawab dengan senyum bahagia “Baiklah, aku nyanyikan sebait lagu untukmu.”

Nah Saat itulah ibu Nina menyanyikan lagu Nina Bobo. Nina pun tertidur pulas dan tak pernah terbangun lagi , Nina meninggal hari itu juga dengan tenang. Menurut mitos, apabila anak dinyanyikan lagu Nina Bobo ini, Nina akan datang dan menjaga anak tersebut dari gangguan makhluk halus lainya. Mungkin Nina tidak mau kejadian yang sama seperti dia terulang.

3. Gloomy Sunday

via thinkingsidewayspodcast.com

Lagu berjudul ‘Gloomy Sunday’ ini ditulis oleh Lazzlo Javor pada thun 1935. Kemudian lagu tersebut dijadikan irama musik oleh Rezsoe Seres dan tak lama kemudian lagu tersebut langsung tenar.

Awalnya lagu tersebut ditulis oleh Lazzlo untuk kekasihnya. Namun setelah peluncuran lagu tersebut, kekasihnya bunuh diri dengan meninggalkan surat terakhir bertuliskan ‘Gloomy Sunday’. Setelahnya, angka bunuh diri karena mendengar lagu ini naik tajam . Seorang pegawai negeri di Hungaria bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri dan mayatnya ditemukan menulungkup di atas lirik lagu Gloomy Sunday.

Puncaknya adalah lagu ini dilarang diputar di tempat umum dimanapun untuk menghindari hal-hal yag tidak diinginkan. Sejauh ini tercatat 200 kasus bunuh diri yang diduga disebabkan oleh lagu Gloomy Sunday ini. Oh iya, pada tahun 1968, komposer musik Gloomy Sunday Rezsoe Seres melompat bunuh diri dari lantai 8 di sebuah bangunan.

Hmm, jadi gimana menurut kalian? Apakah ini benar? Atau hanya sugesti belaka? Kalo saya pribadi sih mending ga coba-coba denger deh haha.

4. Asareje

via klimg.com

Lagu dari Las Kethcup ini sempat booming di jamannya. Awal kemunculannya langsung menarik perhatian dengan tarian khas dan lagu yang catchy. Namun tahukah kalian kalau ada misteri di lagu ini?

Diduga lagu ini memiliki unsur panggilan untuk mereka para pemuja setan. Hal ini mulai mencuat setelah ada sedikit keganjilan pada bagian reff-nya. Walaupun lagu ini menggunakan bahasa Spanyol namun warga Spanyol sekalipun tak mengerti apa yang mereka katakan pada bagian reff-nya.

Selidik punya selidik, lagu Asareje ini menceritakan tentang seorang bernama Diego. Dia adalah seorang pria yang sangat tampan dan menawan. Dan menurut informasi dari mantan penganut gereja setan, Diego adalah code name untuk Devil, atau lebih tepatnya Lucifer.

Tetapi hal ini masih belum terlalu jelas kebenaranya. Siapa tahu ini hanyalah konspirasi atau bisa jadi hal ini memang benar.

5. Reverse

via ytimg.com

Lagu dari Karl Mayer –Reverse ini adalah lagu yang dianggap paling menyeramkan oleh masyarakat dunia. Konon katanya, bila kalian mendengarkan lagu ini terlalu lama maka akan cenderung memiliki pengaruh negatif antara lain:

1. Sakit telinga. Karena frekuansi suara dari lagu ini mendekati gelombang ultrasonik.
2. Pusing/ migrain. Jika dilakukan secara terus-menerus dan dengan volume yang lumayan keras.
3. Berbekas di otak. Hal ini sering terjadi apabila lagu ini diputar secara terus menerus.
4. Paranoid. Pada gejala selanjutnya adalah kalian akan menjadi terlalu takut dan menjadi paranoid dengan sekitar kalian.
5. Halusinasi. Efek parah dari paranoid tadi
6. Terakhir lagu ini akan merengut kesadaran kalian atau GILA..Hiih mengerikan ya.

Nah, tadi adalah 5 lagu yang memiliki sejarah ataupun efek paling menyeramkan. Gimana nih menurut kalian, guys? Apakah benar atau hanya mitos? Berani dengar? Kalau saya sarankan sih cari aman saja ya hehe.

Komentar:

Komentar