Psst… Tau Nggak Asal Mula Kata Ngabuburit?


:

Ntar sore ngabuburit yuk.

Ntar sore ngabuburit dimana?

Ntar ngabuburitnya sama siapa aja?

Di bulan Ramadhan ini kamu pasti nggak asing sama istilah yang satu ini, yaitu ngabuburit. Entah ngabuburit itu diisi sama kegiatan yang berbau religi atau sekedar senang-senang. Misalnya aja cari buka gratisan di masjid, jalan-jalan ke taman atau mall, beribadah sunnah di masjid, atau malah dibuat tidur.

via eatjogja.com

Tapi, dari mana sih sebenernya asal kata ngabuburit ini? Kenapa semua orang bisa tahu maknanya dan banyak digunakan oleh orang-orang Indonesia?

Kalau kamu lihat di KBBI, arti dari ngabuburit itu kayak gini

2017-06-02_130305


Apakah kamu bisa melihat tulisan “Sd” berwarna merah? Nah, Sd di situ artinya kata tersebut diambil dari bahasa sunda. Dalam bahasa sunda, ngabuburit di bahasa sunda terdiri dari dua komponen.

Yang pertama adalah ‘nga’ yang merupakan sebuah imbuhan karena adanya pengulangan awal kata, sedangkan ‘burit’ artinya waktu menjelang adzan maghrib, waktu sore, atau waktu senja. Jadi dapat disimpulkan ngabuburit sendiri adalah menunggu saat buka puasa.

via sindonews.net

Artinya hampir mirip dengan pengertian dari kamus Bahasa Sunda terbitan Lembaga Basa dan Sastra, yaitu ngalantung ngadagoan burit atau bersantai sambil menunggu waktu sore.

Nah, kegiatan yang dilakukan selama ngabuburit nggak ada batasan atau ketentuan khusus, apa saja bebas dilakukan selama tidak mengganggu dan membatalkan ibadah puasa yang sedang dilakukan. Jadi, sudah tahu kan dari mana asal mula kata ngabuburit?

Rephrase dari Boombastis

Komentar:

Komentar