Ngehitz! Ini dia 6 Kampung Warni-warni yang Ada di Indonesia!

:

Kampung Pelangi di kawasan Wonosari, Semarang, jadi viral di media sosial. Bahkan media internasional sekelas DailyMail turut memberitakan keunikan kampung itu.

Tapi, kamu tahu nggak? Ternyata kampung bertema pelangi nggak cuma ada di Semarang, lho. 6 daerah lain di Indonesia ini juga memiliki kampung warna-warni yang unik dan instagramable. Efeknya, tentu saja kesemua tempat itu nggak luput dari serangan pasukan selfie. Penasaran di mana aja lokasinya?

1. Desa Wisata Bejalen, Ambarawa

via jatengtribunnews.com

Desa yang terletak di dekat Danau Rawa Pening ini menyuguhkan keindahan warna-warni rumah yang dicat sedemikian rupa hingga menampilkan citra unik pada mata kita.

Tapi siapa yang nyangka, bahwa di balik keelokannya terdapat nama para remaja yang tergabung di karang taruna setempat sebagai sosok yang bertanggung jawab atas perubahan desa itu. Dengan tangan-tangan kreatifnya pula, mereka rombak tampilan desa hingga terlihat seperti sekarang.

Kamu penasaran pingin liat langsung? Desa wisata yang kerap disebut Desa Pelangi ini nggak sulit buat ditemukan, kok. Lokasinya yang berada di dekat Jalur Pantura akan memudahkan kamu dalam proses pencarian.

2. Kampung Warna-warni Code, Yogyakarta

via nfjournalisme.blogspot.com

Jika kamu melintasi Jembatan Gondolayu di Yogyakarta, lalu melihat kumpulan rumah berwarna-warni dari tepian jembatannya, itu artinya kamu sedang menatap Kampung Code.

Paduan warna kuning, merah, putih, dan biru pada rumah-rumah di kampung tersebut emang mampu menarik minat perhatian pengguna jalan yang melintasi kawasan tersebut, bahkan jika dipandang dari kejauhan. Jadi, nggak aneh bila perhatian kamu langsung teralihkan oleh keunikannya. Hehehe.


Dengan mengusung tema Show Your Colour, rumah beraneka rupa warna ini nggak cuma diciptakan untuk menarik perhatian masyarakat, tapi juga diharapkan bisa memberi keceriaan dan kemandirian kepada para penghuni.

Dari sumber yang ada sih, konsep bangunan rumah warni-warni ini memiliki kemiripan dengan perkampungan penduduk di Kickstarter, Rio de Janeiro, Brasil. Proyek ini sendiri dimulai pada bulan April 2015 dan selesai satu bulan kemudian.

Lokasi: Kelurahan Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta.

3. Kampung Bulak, Kenjeran, Surabaya

via suroboyo.id

Kampung ini dulunya mungkin bisa memberi kamu kesan “tak terurus”. Tapi jika kamu melihatnya sekarang, kamu akan mendapat kesan yang sama sekali berbeda. Bagaimana nggak, kini baik atap maupun dinding rumah penduduk udah dihiasi berbagai warna cerah yang menyejukkan.

Tujuan di balik pengecatan rumah di kampung ini pun nggak main-main. Di antaranya adalah untuk menjadikan kawasan pesisir sebagai objek wisata bagi masyarakat lokal dan mancanegara, meningkatkan kualitas hidup para nelayan, serta menciptakan lingkungan yang indah dan bersih.

Dan yang mesti kamu tahu, kampung-kampung nelayan yang dirombak Wali Kota Surabaya nggak cuma ada di satu titik. Ada titik-titik lain yang terdapat di Kelurahan Sukolilo, Kelurahan Cumpat, Kelurahan Kedung Cowek, Kelurahan Nambangan, Kelurahan Bulak, Kelurahan Kejawan, serta Kelurahan Kenjeran.

4. Kampoeng Kelir Kroman, Gresik

via oneimages.wordpress.com

Tentu ada alasan kenapa kampung ini dinamai Kampoeng Kelir oleh warga setempat, dan kamu pasti udah bisa menebaknya, kan? Yup, itu karena di sepanjang kampung tersebut berjejer rumah-rumah yang dicat dengan berbagai warna.

Karena perubahan yang dialaminya pula, tempat yang dulunya cenderung kumuh itu kini telah bertransformasi sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Gresik, lho!

Tak tanggung-tanggung, saat peresmiannya, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Wabup Muhammad Qosim, serta musisi ternama Iwan Fals ikut bersih-bersih dan mengecat kampung warna-warni yang berada di Kelurahan Kroman ini.

5. Kampung Penas, Cipinang Selatan, Jakarta Timur

via idntimes.com

Pembangunan kampung warna-warni ini terinspirasi dari kampung di Kali Code, Yogyakarta. Tapi selain mendeklarasikan diri sebagai kampung warna-warni yang berada di bantaran kali, Kampung Penas Tanggul ini juga mendeklarasikan diri sebagai kampung bebas rokok.

Salah satu tokoh perempuan Kampung Penas mengatakan pencetusan “kampung warna-warni tanpa rokok” bermula dari kebiasaan warga setempat yang kerap merokok di dalam rumah dan saat pertemuan warga di mushola. Sebagai langkah awal, warga akhirnya bersepakat untuk nggak merokok di dalam rumah.

Lokasi: Kebon Nanas, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur.

6. Kampung Sungai Kalilo, Banyuwangi

via travelingyuk.com

Nggak mau kalah dari daerah lain di atas, Banyuwangi juga menyediakan view yang menawan dalam bentuk Kampung warna-warni Sungai Kalilo Banyuwangi.

Sungai yang dulunya punya pemandangan yang biasa-biasa saja (bahkan dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah), kini telah disulap menjadi cantik dan fresh. Sungai ini bahkan punya potensi besar sebagai objek wisata baru.

Wajah baru sungai kalilo ini hadir berkat kerjasama yang terjalin antara Institut Teknologi Sepuluh November (IKA-ITS) Surabaya dan Pemkab Banyuwangi, serta turut didukung pula oleh masyarakat sekitar. Dengan semangat gotong royong pula, akhirnya unsur-unsur dari ketiga elemen tersebut melakukan pengecatan dan bersih-bersih demi menciptakan citra Sungai Kalilo yang lebih indah dan sedap dipandang.

Nah, itu dia beberapa kampung warni-warni yang cocok banget dijadikan latar untuk foto instagrammu. Selain kekinian, mengunjungi tempat-tempat tersebut pastinya nggak menguras kantong abis-abisan karena letaknya di negeri kita sendiri. Wah ngga nyangka, ya! Ternyata Indonesia punya banget tempat-tempat seru yang nggak kalah ngehitz dari yang ada di luar negeri.

Duma Sarah :She is a freelance writer at selipan media. As a new comer, she focused on entertainment and tips. She interested in culinary tour, travelling, and writing, but however she is future doctor.