Males Masuk Kerja? Mungkin Ini Penyebabnya


Pepatah boleh mengatakan bekerja keraslah kamu demi mendapatkan sesuap nasi. Tapi faktanya bekerja selama lebih dari 40 jam/ minggu dengan jangka 5-6 hari kerja ditambah rutinitas yang terus berulang sama setiap minggunya pasti membuat seseorang bosan dan terkadang ingin bolos kerja.

Tahukah kamu bahwa selain alasan di atas masih ada lagi beberapa alasan yang membuat orang jadi malas masuk kerja.

1. It’s Mon(ster)day

Jika diadakan survey mengenai hari yang paling tidak disukai, mungkin hari Senin akan menempati jajaran pertama. Wajar saja setelah santai menikmati akhir pekan yang menyenangkan kemudian datanglah hari Senin yang berarti rutinitas kerja harus kembali dimulai. Apalagi jika kamu kerja di kota besar seperti Jakarta bersiaplah menembus macetnya hari Senin.

2. Harpitnas

Hari Kejepit Nasional atau yang disingkat Harpitnas ini sangat ditunggu oleh para pekerja, kenapa? Karena ini bisa menjadi moment yang pas untuk meminta izin cuti tidak masuk kerja. Kalau dalam satu minggu ada dua tanggal merah yang jatuh di hari Selasa dan Kamis bisa jadi seisi kantor jadi mendadak sepi ditinggal karyawannya.

3. Macet

Ini nih yang bikin orang males masuk kerja yaitu macet. Sebagai contoh di Jakarta, dalam satu hari rata-rata, pekerja menghabiskan 8-9 jam di kantor sedangkan waktu yang dihabiskan untuk pulang-pergi kantor bisa mencapai 4-6 jam! Hampir setengah total jam kantor selama satu hari dihabiskan dalam kemacetan. Wajar kemacetan ini bikin orang malas masuk kerja.

4. Hujan

Bangun tidur dan kondisi di luar rumah hujan? Ini menjadi perpaduan yang tepat untuk alasan malas masuk kerja. Cuaca yang dingin menambah kenyamanan untuk melanjutkan tidur apalagi jika hujannya deras hingga menyebabkan banjir terutama di akses jalan menuju kantor, klop sudah alasannya.

5. Antrian Busway Panjang

Sarana transportasi ini memang mempermudah para pekerja untuk menuju tempat kerjanya. Sayangnya walaupun ongkosnya terbilang murah tetapi tidak sebanding dengan layanannya. Pada beberapa koridor Transjakarta bisa dilihat antrian panjang menunggu busway datang. Dibutuhkan perencanaan waktu yang tepat jika menghadapi situasi ini.

6. Kereta Telat

Bagi yang tinggal di perbatasan kota, naik kereta merupakan sarana terbaik menuju kantor karena bebas dari kemacetan. Namun, terkadang kereta ini datang telat dengan alasan antri dengan kereta lain atau menunggu datangnya sinyal. Memang harus sabar jika mau naik angkutan umum di Indonesia.

7. Ban Kendaraan Bocor

Ini nih yang bikin sebel dan males masuk kantor jika tiba-tiba ban motor atau mobil bocor. Apalagi jika ternyata bocornya terkena ranjau paku yang sengaja ditebar. Jika tukang tambal bannya dekat sih tidak masalah tapi jika tukang tambal bannya jauh itu yang bikin malas.

8. Hari Jumat

Jika di awal hari Senin merupakan alasan pertama malas masuk kantor, hari Jumat juga sama. Karena besoknya adalah hari Sabtu (kalau libur), orang jadi menanti-nanti hari Jumat cepat berakhir. Apalagi kalau kamu sudah ada janji jalan dengan teman atau pacar.

Komentar:

Komentar