Keren! Musisi Swedia Ciptakan Alat Musik Dengan 2.000 Kelereng


:

Baru-baru ini musisi asal Swedia bernama Martin Molin telah menghebohkan dunia musik. Kabarnya Martin telah menciptakan sebuah mesin yang di beri nama Wintergatan Marble Machine. Musisi asal Swedia ini telah memiliki pengalaman yang lama dengan instrument esoteris. Mesin hasil karyanya ini mampu memainkan instrument musik dengan menggunkan 2000 kelereng. Penemuan yang inovasi dan kreatif ini belum pernah di temukan oleh siapapun sebelumnya. Kerangka dari mesin ini di buat dari bahan kayu dan beberapa alat musik tradisional seperti kick drum, gitar bass yang menjadi satu dengan mesinnya, vibraphone, dan alat perkusi lainnya serta 2000 kelereng.

Namun tahukah kamu jika pembuatan mesin ini penuh dengan perhitungan yang matematis lho. Untuk dapat membuat kelereng bisa melantunkan melodi dan nada di butuhkan waktu hingga 14 bulan. Seperti yang di lansir The Hufftington Post, Martin resmi meluncurkan alat musik buatannya yang di beri nama Wintergatan Marble Machine pada 29 februari, dengan mengunggah video yang menampilkan komposisi instrumnet asli via Youtube.

Daripada penasaran, kita langsung aja simak seperti apa keunikan dari alat musik ini.

 

musik 1

Cara memainkan mesin ini adalah, pertama kita harus memutar knop yang ada di sebelah kanan. Knop ini nantinya akan menggerakan komponen semacam eskalator untuk kelereng dari bawah ke atas. Setelah kelereng sudah sampai ke atas, lalu kelereng akan mengelinding ke 22 pipa kecil. Kelereng ini nanti akan berjatuhan ke alat musik perkusi dan senar bas yang tepat berada di bawah pipa-pipa tersebut. Cara menjatuhkannya adalah dengan menarik tuas sehingga sekat penahannya akan terbuka dan kelereng akan jatuh di bagian alat musik yang telah di tentukan. Agar tidak membingungkan pemainnya, tuas-tuas ini telah di beri nama seperti “Bass”, “Vibraphone”, Glockenspile” dan lainnya. Agar seluruh perputaran mesinnya berhenti, maka tinggal tarik saja tuas “Breakdown” yang berada di dekat posisi tuas pemutar kelereng.

musik 2


Pengerjaan ini semakin rumit ketika Martin harus menciptakan 3000 bagian inti yang berfungsi untuk menjalankan mesin. Tahukah kamu jika pengerjaan ini dilakukan secara handmade.

musik 3

Alat musik ini terdiri dari 3000 bagian internal dan menggunakan kelereng sebanyak 2000 buah.

musik 4

Instrument ini sebagian besar terbuat dari kayu. Untuk pengoperasian mesin ini menggunkan katrol, roda gigi dan tuas.

musik 5

Alat ini bahkan menggunakan LEGO technic.

musik 6

Wintergatan Marble Machine terlalu besar untuk digunakan berpergian.

musik 7

Selanjutnya Martin akan membangun sebuah kotak musik bermotor kecil yang akan di bawanya saat tur.

 

Sumber : boredpanda.com

 

Komentar:

Komentar