Karena Proses Restorasi yang Gagal, Patung Bersejarah Ini Malah Jadi Kayak Tokoh Kartun Disney

Begini jadinya kalau pekerjaan berat nggak dilakukan sama ahlinya

:

Sebuah patung tua berumur ratusan tahun yang ada di Spanyol direstorasi kembali untuk memulihkan kondisinya seperti sedia kala. Patung St. George tersebut dipajang di gereja San Miguel de Estella, di Navarre, Spanyol, sejak abad 16. Umurnya memang sudah terhitung tua untuk sebuah patung.

Tapi upaya restorasi yang dilakukan malah berakhir mengecewakan. Alih-alih nampak kinclong seperti saat pertama kali dibuat, patung bersejarah itu malah terlihat seperti tokoh kartun. Hmm… begini nih kalau suatu pekerjaan penting nggak dilakukan sama profesional.

Ini penampakan wajah patung St. George sebelum diperbaiki

via buzzfeed.com

Yup, patung kayu ini memang sudah terlihat lusuh karena dimakan usia. Kita juga bisa melihat bagian helmnya rusak.

Dan beginilah wajah St. George setelah direstorasi

via buzzfeed.com

Lho, lho, lho… kok jadi malah kayak kartun Tintin ya. Kabarnya orang yang ditugaskan untuk memulihkan keadaan patung ini adalah seorang guru sekolah, bukan seniman yang punya keahlian khusus.

Ingin lihat penampilan keseluruhan patung St. George yang sekarang? Nih

via buzzfeed.com

Kombinasi warna kudanya nggak nyetel banget. Kayaknya si pekerjanya kehabisan cat kayu, jadinya pekerjaannya diteruskan pakai cat tembok.

Karena kejadian nyeleneh ini, walikota Estella, Koldo Leoz, sampai menyatakan kekecewaannya

via buzzfeed.com

Menurut walikota, walaupun tak ada niat buruk dari pengerjaan restorasi tersebut, ada kelalaian dari gereja yang semestinya bertanggung jawab memelihara patung St. George.

Restorasi yang berujung kegagalan ini bukanlah yang pertama kali terjadi di Spanyol. Pada 2012 silam seorang nenek berinisiatif merestorasi lukisan di gereja Santuario de Misericordia

via boredpanda.com

Lukisan berjudul Ecce Homo tersebut disumbangkan ke gereja oleh pelukisnya, Elias Gracia Martinez, pada tahun 2010. Seiring waktu berjalan lukisan itu mengalami kerusakan (gambar tengah). Hinga suatu hari seorang nenek merombak lukisan itu tanpa meminta izin terlebih dahulu.


Wah, menurut kamu hasilnya gimana? Bukannya jadi bagus lagi, lukisannya malah jadi aneh. Berita ini kemudian ramai diperbincangkan di internet. Dan seperti biasa, banyak netizen yang membuat candaan dari kerjaan yang gagal tersebut.

1. Misalnya kayak lukisan klasik ini

via boredpanda.com

Duh, untung ini cuma editan Photoshop, bukan hasil restorasi si nenek. Orang-orang dalam lukisan jadi seperti makhluk asing dari planet lain tuh.

2. I don’t want

via boredpanda.com

Hahaa, sekilas memang kayak anak kecil yang nggak mau disuapin makan.

3. Mona Lisa

via boredpanda.com

Gimana perasaan Leonardo da Vinci kalau tahu Mona Lisa jadi kayak gini?

4. Bayi alien

via boredpanda.com

“Ini bocah alien kok tiba-tiba ada di keranjang,” kata si ibu.

Restorasi karya seni sebaiknya memang nggak usah dilakukan oleh orang yang bukan ahlinya ya. Apalagi kalau karya tersebut cukup terkenal dan punya nilai sejarah. Tapi nggak segala sesuatu di dunia ini selalu berakhir sesuai harapan. Karya seni juga bisa bernasib apes.

Komentar:

Komentar