Kamu Sudah Pernah Dengar Belum 13 Fakta Unik Kehidupan yang Mencengangkan Ini


Seperti yang udah pernah disebutkan dalam artikel sebelumnya, selalu aja ada informasi dalam kehidupan yang bisa mengejutkan kita. Yup, dengan kata lain, hal-hal yang bisa bikin kamu berhenti sebentar saat membaca/mendengarnya untuk bilang “Seriusan, nih?”

Nggak percaya? Lihat aja 13 fakta yang dihimpun dari list25.com ini.

1. Suka Nggak Suka, Naik ke Lantai Atas Harus Pakai Tangga

25-9-610×360
via list25.com

Karena populasi yang jumlahnya nggak banyak, serta faktor umur bangunan-bangunan yang ada, cuma ada 2 eskalator di negara bagian Wyoming, Amerika Serikat. Jadi pilihannya hanya tersisa dua; antara pakai tangga atau lift. Risikonya, pakai tangga bikin capai dan nggak bisa cepat kalau kamu lagi buru-buru. Sedangkan risiko pakai lift kamu bisa kejebak kalau liftnya tiba-tiba rusak.

Well, bukan berarti pakai eskalator nggak ada risiko sama sekali, sih.

2. Modernisasi yang “Nyaris Secepat Kilat”

21-9-610×360
via list25.com

Tahu nggak kalau saat Perang Dunia II, banyak penduduk Jepang yang berasal dari generasi samurai? Dalam artian, mereka terlahir saat Jepang masih didominasi para samurai. Eits, jangan kira era samurai dan PD II itu terpisahkan waktu yang sangat lama. Karena faktanya, perang terakhir dimana prajurit Jepang memakai katana itu terjadi pada tahun 1877. Jadi selisih tahunnya cuma sekitar 68 tahun! Hal ini terjadi karena semenjak berakhirnya kekuasaan Shogun dan feodalisme, Jepang memodernisasi dirinya (mesin, peralatan perang, dan lainnya) dengan kecepatan yang luar biasa.

3. Jamur Itu “Hampir Serupa” dengan Kamu

20-8-610×360
via list25.com

Siapa yang nyangka coba? Tapi bukan berarti kamu, dan manusia lainnya, itu nggak ada bedanya sama jamur. Lebih tepatnya, karakter jamur (dari sisi rantai evolusi dan fisiologi) lebih dekat dengan hewan daripada tumbuhan.

Jadi manusia itu hewan? Memang benar. Lebih tepatnya, hewan yang bisa berpikir.

4. Sindrom Paris, Orang Jepang, dan Layanan Hotline 24 Jam

18-9-610×360
via list25.com

Pada umumnya, orang Jepang itu menganggap tinggi kota Paris. Kota yang romantis, mungkin begitu pikir mereka. Hmm… kayaknya bukan orang Jepang aja deh yang mikir gitu. Hahaha.

Tapi ternyata, ekspektasi mereka langsung buyar kala mereka melihat langsung seperti apa kota Paris dengan segala kebisingan dan hiruk-pikuknya. Setelah itu, mereka langsung dilanda panik dan cemas. Untuk itulah Kedutaan Besar Jepang di Perancis punya nomor yang bisa dihubungi 24 jam untuk berjaga-jaga apabila ada penduduknya yang terkena Sindrom Paris.

Buat kamu yang pernah ke sana, apa pernah mengalami atau melihat sindrom ini?

5. Transplantasi yang Terdengar Menjijikan

FMTvials-610×407
via list25.com

Fakta yang satu ini benar-benar unik. Kenapa? Karena kita akan berbicara tentang transplantasi (maaf) kotoran. Ya, kotoran yang biasa kita keluarkan pada pagi hari itu, lho.

Tapi tenang, nggak semua orang membutuhkan transplantasi ini, kok. Kamu pasti tahu kan kalo tubuh kita butuh bakteri? Nah, transplantasi ini bertujuan untuk memasukkan bakteri yang dibutuhkan itu ke dalam saluran pencernaan. Cara kerjanya yaitu dengan disuntik (bukan suntikan cara biasa, lho) atau menelan langsung pil yang nggak lain nggak bukan, adalah kotoran itu sendiri. Yaiks!

6. Nggak Semua Dinosaurus Punya Suara Menggelegar

quacking-duck-610×407
via list25.com

Ini kenyataan yang mungkin sulit dibayangkan. Selama ini, mungkin kita menyangka dinosaurus itu punya suara yang seram. Tapi kata penelitian dari Universitas Austin, ada juga dinosaurus yang suaranya mirip bebek!

Jurrasic Park nggak akan pernah sama lagi kalau dinosaurusnya bersuara “Kwek, kwek”. Lebih kedengeran imut daripada nyeremin.

7. Ada Satu Wilayah yang Punya Rata-Rata IQ Tertinggi di Dunia

south-pole-station-antarctica-610×487
via list25.com

Dan wilayah itu adalah Antartika. Alasannya udah ketebak sih… wong di sana banyak ilmuwan.

Fakta mengejutkan lainnya: ada mesin penjual es krim juga lho di Antartika. Yah, kedengarannya enak ya makan makanan dingin di tempat yang suhunya ekstrim.

8. Universitas Tertua di Dunia, Lebih Tua dari Kerajaan Aztec

8-9-610×360
via list25.com

Kerajaan Aztec disebut-sebut baru ada pada tahun 1298. Jauh sebelumnya, Universitas Oxford di Inggris dikabarkan udah berdiri pada tahun 1096. Jadi, universitas itu udah ada sebelum berdirinya kerajaan kuno.

Tapi tunggu dulu, ada yang jauh lebih tua lho dari Universitas Oxford. Universitas-universitas itu adalah Universitas Karaouine di Maroko (859), Universitas Al-Azhar di Mesir (sekitar 970), Universitas Nizamiyya di Iran/Irak (1065), dan Universitas Bologna di Italia (1088).

9. Perang Manusia Versus Unggas

6-9-610×360
via list25.com

Ini bukan adegan dalam film, tapi emang terjadi di dunia nyata. Pelakunya: tentara Australia (memakai senjata api) melawan burung emu. Tajuknya: Perang Besar Emu. Hasilnya: tentara Australia kalah.

10. Kehilangan Pacar di Medsos

gary-kremen-610×458
via list25.com

Ceritanya bisa dibilang tragis. Bayangkan kalau kamu itu adalah seorang penemu situs pencari jodoh, tapi kamu malah ditinggal pacar kamu. Kemana perginya pacarmu itu? Ternyata dia malah nemu pacar baru di situs pencari jodoh buatan kamu itu.

Tragis ya? Tapi itulah yang dialami Gary Kremen, sosok di balik terciptanya situs Match.com.

11. Mengimpor Sesuatu yang Sudah Kamu Punya di Rumah

4-9-610×360
via list25.com

Semua orang, bahkan anak kecil, tahu kalau di Arab Saudi itu banyak banget pasir dan unta. Tapi yang nggak semua orang tahu, ternyata Arab Saudi itu mendatangkan juga pasir dan unta dari Australia. Bukan tanpa alasan, sih. Katanya, unta di Australia itu lebih enak rasanya ketimbang yang ada di Arab Saudi. Sedangkan pasir Arab Saudi nggak cocok digunakan untuk pekerjaan konstruksi.

12. Negara yang Lebih Luas dari Pluto

pluto-610×610
via list25.com

Yang namanya planet pasti luasnya besar banget, nggak terkecuali Pluto yang merupakan planet katai. Kalau kamu belum tahu seberapa luas Pluto, luasnya mencapai sekitar 16 juta km². Tapi ternyata, luas Pluto masih kalah dibanding Rusia. Negeri Beruang Merah itu punya luas hingga 17 km². Sungguh malang nasibmu Pluto…

Gimana, lumayan kan informasi mengenai fakta-fakta unik ini buat nambah pengetahuan kamu? Bisa aja kamu pakai informasi di atas buat sedikit pamer sama temen-temen kamu. Hehehe.

Komentar:

Komentar