Kalau Pergi ke 9 Negara ini Nggak Usah Repot-repot Nyari McDonald’s, Ngga Bakal Nemu!

Di negara keenam nggak ada sih wajar

Di Indonesia, terlebih di kota-kota besar, kamu dapat menemukan gerai fast food ini dengan mudah. Namun tidak dengan 9 negara ini. Kamu tidak akan bisa menemukan satu pun gerai McDonald’s, meski di ibukotanya sekalipun. Alasannya sih beragam, mulai dari kebijakan negara sampai kondisi ekonomi negara tersebut.

Negara apa aja sih? Berdasarkan data yang diambil dari Insider, ini dia daftarnya.

1. Bermuda

via gotobermuda.com

Sampai dengan tahun 1995 (udah lahir belum?), di Bermuda cuma ada satu resto McDonald’s, itu pun bisa dibilang nggak sepenuhnya legal. Namun sekarang kamu nggak akan bisa menemukannya karena Bermuda resmi melarang gerai fast-food asing tersebut. Sebenarnya hukum di Bermuda sudah melarang adanya gerai tersebut sejak tahun 1970, tapi McDonald’s berhasil menemukan celah pada tahun 1985 dengan membangun gerai tersebut di U.S. Naval Air Station. Hanya saja pada tahun 1995, gerai resto tersebut sepenuhnya ditutup sampai sekarang.

 

2. Iran

via National Geographic Kids

Kalau negara ini sejak dulu memang ada sedikit polemik dengan Amerika Serikat, sehingga franchise barat seperti McDonald’s pun kena imbasnya. Namun karena dalam beberapa tahun terakhir hubungan diplomatik kedua negara ini sedikit mulai membaik, maka mungkin dalam beberapa tahun ke depan kamu bakal bisa menemukan gerai resto ini di Iran. Yah, meski Iran sudah punya McD versi lokal yang diberi nama Mash Donald’s.

 

3. Makedonia

via rsf.org

Negara kecil yang ada di Eropa ini dulu sempet punya 7 gerai McDonald’s lho. Tapi pada tahun 2013, orang yang bertanggung jawab ngurusi resto ini di Makedonia kehilangan lisensinya, alhasil ketujuh resto itu pun mau nggak mau harus ditutup.

 

4. Yaman

via The Daily Beast

Di satu sisi, kondisi keuangan negara ini yang membuat pihak McD menolak untuk membuka resto di negara ini. Namun di sisi lain, ada ekstremis di Yaman yang sampai mengancam pihak McD kalau mereka berani membuka gerai di negara mereka. Wow.

Masih ada 5 negara lain di halaman selanjutnya. Cek kuy.

Komentar:

Komentar