Jangan Ketipu Sama 12 Foto yang Sempat Viral Ini, Udah Kebukti Palsu Lho


Harus diakui bahwa dengan adanya internet, arus informasi di zaman ini menjadi begitu cepat tersebar. Informasi yang tadinya hanya diketahui oleh segelintir orang, tiba-tiba bisa menjadi konsumsi publik hanya dalam hitungan detik. Cepat dan masifnya arus informasi di internet terkadang sampai membuat penggunanya kesulitan dalam memilah mana informasi yang benar dan mana yang sebaliknya.

Ambil contohnya dari 12 foto ini. Dulu kumpulan foto ini sempat viral dan tersebar luas di internet, tapi ujung-ujungnya terbukti cuma hasil rekayasa.

 

1. Anjing Terbesar di Dunia

hoaxesorg
via hoaxes.org

Foto ini beredar di internet sekitar tahun 2007 dan jadi perbincangan banyak netizen. Gak cuma itu, beredar juga kabar anjing di foto tersebut dapet penghargaan Guinness World Records sebagai anjing terbesar di dunia.

Tapi faktanya, foto di atas ternyata cuma hasil editan photoshop orang iseng, dan kabar rekor yang beredar sebenarnya ditujukan kepada anjing lain yang tentunya gak sebesar anjing pada foto tersebut.

2. Kabut Tebal dan Matahari Terbit di Tiongkok

list25
via list25.com

Keterangan yang beredar di internet tentang foto ini mengatakan kabut tebal di Tiongkok udah mencapai tingkat ekstrim sampai matahari terbit pun gak keliatan. Kondisi itu membuat orang-orang cuma bisa menyaksikan matahari terbit lewat layar ukuran besar.

Tapi tenang, ini bukan bencana sungguhan. Foto ini nyatanya diambil dari iklan salah satu produk di Tiongkok.

3. Bocah Korban Perang di Suriah

list25-1
via list25.com

Hati kamu pasti langsung terenyuh kalau liat foto yang satu ini. Bahkan beberapa dari kamu mungkin langsung mengutuk peperangan yang terjadi sambil mendoakan anak malang ini.

Tapi tunggu dulu, foto ini sebenernya gak ada hubungannya sama perang di Suriah atau di belahan bumi manapun. Seorang seniman dari Arab sengaja menciptakan karya ini untuk proyek seninya. Otomatis objek yang ada di dalam foto tersebut pun cuma settingan belaka.

4. Ikan Hiu di Jalan Tol

inquisitr
via inquisitr.com

Kabarnya, foto di atas diambil setelah angin puyuh menerjang salah satu kawasan di Puerto Riko. Tapi setelah diselidiki, hiu pada foto diatas ternyata hasil comotan dari foto lain.

5. Seorang Pria dan Pesawat yang Hendak Menabrak Gedung

list25-3
via list25.com

Kalau foto di atas beneran kejadian, kecil banget kemungkinan foto ini bakal beredar di internet. Pria di atas berasal dari Hungaria dan dia sudah mengakui kalau foto ini adalah hoax.

6. Pulau Bulan dan Bintang

list25-5
via list25.com

Sekilas kombinasi pulau di atas mirip bendera Turki atau Tunisia, ya? Tapi faktanya pulau ini bukan berasal dari kedua negara tersebut. Pulau yang berbentuk bulan itu berasal dari Hawaii, sedangkan yang bintang berasal dari editan photoshop.

Klik ‘Next’ untuk melihat halaman selanjutnya…

Komentar:

Komentar