Ini Dia Asal Usul Dari 5 Simbol Yang Kita Kenal Selama Ini, Apa Kamu Udah Tau?

Kebanyakan pasti gak tahu

:

Kamu pasti sering menggunakan handphone kamu, ‘kan? Tapi apa pernah kamu membayangkan makna atau asal-muasal simbol Bluetooth di telepon kamu? Simbol ini begitu akrab dengan pengguna gadget tapi sekaligus misterius. Simbol lain yang udah kita kenal misalnya ampersand (&), simbol medis yang berupa tongkat dan ular, hati (<3), dan simbol power. Kita sering sekali menggunakan simbol-simbol tersebut tetapi nggak tahu sama sekali asal-muasalnya.

Nah, tenang aja, sekarang kamu bakal tahu makna dan asal-muasal dari simbol-simbol itu, guys.

Ampersand (“&”)

via brightside.me

Simbol ampersand (&) berasal dari kata latin “et” yang artinya sama dengan “and” kalau dalam Bahasa Inggris, kalau Bahasa Indonesianya sih pada tahu semua kan artinya?

Jadi simbol itu ditemukan pada jaman Roma Kuno oleh Tiro, sekretaris personal Cicero. Untuk mempercepat penulisan, Tiro menciptakan sistem singkatan yang kemudian dikenal menjadi “Tironian Notes.”

Beberapa abad kemudian, ampersand menjadi populer di Amerika pada awal abad ke-20. Arti kata ampersand sendiri berasal dari kata ”And per se and” yang biasanya diucapkan oleh guru setelah melafalkan alfabet dari “A” sampai “Z.“.

Simbol Hati (<3)

© amazonaws © biobiochile

Ada beberapa teori mengenai asal mula simbol hati ini.

Yang pertama diambil dari sepasang burung angsa yang sedang bermesraan, pada saat berhadapan satu sama lain, leher mereka menunjukkan simbol hati. Pada saat itu, angsa dianggap sebagai simbol cinta, kesetiaan, dan entusiasme, karena faktanya, sepasang angsa akan terus bersama hingga akhir hayat.

Teori kedua, banyak yang menyatakan bahwa simbol ini pada awalnya merepresentasikan wanita, karena tulang panggul wanita berbentuk seperti simbol hati ini. Orang-orang pada jaman Yunani Kuno biasanya menggunakan salah satu bagian anatomi wanita ini pada kuil-kuil yang ditujukan untuk dewi Aphrodite.

Teori ketiga, simbol ini merepresentasikan bentuk dari daun ivy. Pada vas mereka, orang Yunani biasanya menyertakan daun ivy pada lukisan yang menggambarkan Dionysus, dewa anggur dan pesta.

Bluetooth

via brightside.me

Denmark dipimpin oleh Raja Harald Blåtand pada abad ke-10, raja yang dikenal mampu menyatukan beberapa suku di Denmark menjadi satu kerajaan. Fakta menarik mengenai Raja Harald adalah nama panggilannya, yaitu Bluetooth, karena dia sangat menyukai blueberry sehingga salah satu giginya ada yang berwarna biru permanen karena terlalu seringnya mengkonsumsi blueberry.

Simbol yang merepresentasikan teknologi ini merupakan kombinasi dari dua sajak Skandinavia: ”Hagall“ (atau “Hagalaz”) yang kalau dalam bahasa latin berarti ”H,“ dan ”Bjarkan“ yang dalam bahasa latin berarti “B.” Dua sajak ini merupakan inisial dari nama Harald Blåtand.

Terus apa hubungannya Raja Denmark itu sama teknologi Bluetooth? Well, teknologi bluetooth dirancang untuk menyatukan beberapa device menjadi satu jaringan. Sama seperti Raja Harald yang menyatukan beberapa suku menjadi satu kerajaan. Mulai masuk akal? Jadi kalau ditanya kenapa dinamakan bluetooth dan mempunyai background berwarna biru, mungkin kamu sudah tahu jawabannya.

Lanjut ke halaman selanjutnya ya, ada simbol tongkat ular milik dunia medis dan simbol power lho!

5K Shares

Komentar:

Komentar