Ini 5 Hal Yang Harus Kamu Tau Tentang Suku Paling Terisolasi Di Dunia!


:

Foto udara yang diambil oleh fotografer Brasil Ricardo Stuckert dari helikopter menampilkan masyarakat yang hidup terisolasi di belantara hutan Amazon. Masyarakat adat tersebut seperti menampilkan kembali pemandangan peradaban di era Neolitik yang telah lama hilang dari peradaban bumi.

Foto-foto jarak dekat yang diambil Stucker di dekat perbatasan Brasil dan Peru itu menampilkan detail orang-orang Indian yang selama ini luput dari perhatian para ahli antropologi. Detail itu antara lain potongan rambut dan tato di tubuh mereka. Penasaran seprti apa? Yuk, kita kenalan dengan salah satu suku yang luput dari perkembangan jaman ini!

 

1. Tak Pernah Bersentuhan Dengan Dunia Luar

 

uncontacted-tribe-amazon-photography-ricardo-stuckert-10.jpg (880×587)
via boredpanda.com

Ketika helikopter yang ditumpangi Stuckert melintas di atas rumah-rumah jerami suku terisolasi tersebut, para penduduk itu terkejut. Mereka berhamburan ke hutan ketika helikopter mulai mendekat.

 

2. Penasaran Dengan Orang-orang Asing Yang Datang

 


uncontacted-tribe-amazon-photography-ricardo-stuckert-1.jpg (880×587)
via boredpanda.com

Para penduduk yang awalnya panik, justru tampak menjadi ingin tahu ketika helikopter melintas untuk kedua kalinya. “Mereka terlihat lebih ingin tahu ketimbang takut. Sama-sama ada rasa ingin tahu, dari sisi saya maupun mereka,” ucap Stuckert.

 

3. Mampu Bertahan Hidup Meski Ditengah Hutan Belantara

 

uncontacted-tribe-amazon-photography-ricardo-stuckert-4.jpg (880×614)
via boredpanda.com

Masyarakat adat ini tampak cukup makan dan sehat. Berbagai tanaman sumber makanan mengelilingi gugusan pondok komunal mereka yang dikenal sebagai maloca, tampaknya cukup untuk mempertahankan hidup 80 hingga 100 penduduknya. Bersama dengan maloca terdekat lain dari suku yang sama, jumlah masyarakat adat ini melebihi 300 individu.

 

4. Tak Ingin Diusik Oleh Globalisasi

 

uncontacted-tribe-amazon-photography-ricardo-stuckert-9.jpg (880×628)
via boredpanda.com

Hal mengesankan lainnya bagi si photografer ialah ketika rentetan anak panah milik anggota suku tersebut menyerang helikopter. Ia menerjemahkannya sebagai tanda perlawanan yang sehat. “Melalui serangan anak panah itu, mereka seolah berpesan, ‘tinggalkan kami dalam damai, jangan mengganggu!’”

 

5. Menjaga Ketat Keamanan Daerahnya

 

uncontacted-tribe-amazon-photography-ricardo-stuckert-3.jpg (880×586)
via boredpanda.com

Tak seperti daerah lain di Brasil, negara bagian Acre memberlakukan pengamanan ketat terhadap hutan dan penduduk asli. Suku terasing di Acre tampaknya lebih aman—untuk saat ini. Tetapi hutan di seberang perbatasan di Peru yang penuh dengan pelaku pembalakan liar, penambang emas ilegal dan pengedar narkoba, berpotensi menjadi ancaman yang dapat menyapu bersih suku tersebut.

Nah, itu dia 5 hal yang harus kamu ketahui tentang salah satu suku yang paling terisolasi di dunia yang berada di daerah amazon.  Nggak peduli seberapa gemerlapnya dunia luar, mereka tetap ingin bertahan dengan keprimitifannya tersebut. Kalau kamu, gimana? Kamu lebih suka hidup primitif atau hedonisme seperti sekarang?

Komentar:

Komentar