Hey, Coffee Lovers! Ini Nih 10 Fakta Unik Tentang Minuman Kesukaan Kamu!


Kalau kamu pecinta kopi, pastinya rasanya tiada hari tanpa meminumnya. Iya, kan? Bagi, coffee lovers apalagi coffee connoisseur (alias penikmat kopi yang ahli) pastinya memiliki lidah yang terbiasa dengan jenis kopi yang beragam wangi dan rasanya. Tapi kamu tahu, ternyata ada fakta-fakta unik tentang minuman yang aromatik ini, lho! Inilah beberapa fakta unik tersebut:

1. Cappuccino

pexels-photo-302899

Istilah nama dari minuman campuran kopi dan susu yang berbusa yang bernama Cappuccino ini berasal dari warna pakaian yang dikenakan biarawan Capuchin, lho.

Ini nih pakaian mereka:

pinterest.com
Capuchin Monk’s Robes via pinterest.com

2. Espresso

pexels-photo-324028

Dalam bahasa Italia “Espresso” berarti “ketika sesuatu dikeluarkan secara paksa.” Hmm… pantas saja kalau minum espresso terasa seakan-akan kita dipaksa bangun, ya.  Hahaha…

3. Sebagian Besar dari Amerika Selatan

pexels-photo-92354

Ternyata, tempat yang memproduksi Kopi terbanyak itu di Amerika Selatan, lho. Tepatnya, sebanyak 40% kopi di dunia diproduksi oleh Kolumbia dan Brazil.

4. Penuh Nutrisi

pexels-photo-296888

Secangkir kopi memiliki 11% dari Riboflavin (vitamin B2) yang kita harus konsumsi dalam sehari, 6% Pantothenic Acid (vitamin B5), 3% Mangan dan Potasium, dan 2% Niacin dan Magnesium.

5. Ada Opera Karya Bach yang Terinspirasi Dari Kopi


Yup, Johan Sebastian Bach menulis sebuah opera tentang perempuan yang kecanduan dengan kopi! Nggak bisa disalahin juga karena memang kopi gampang bikin orang ketagian, sih.

Judul opera tersebut adalah “The Coffee Cantata” (klik aja video di atas buat dengerin lagunya hehehe).

6. Menjadi Barista di Italia

pexels-photo-28883

Beda sekali dengan image para barista yang rata-rata masih muda (sekitar 20 tahunan) pada cafe yang sering dikunjungi para hipster, ternyata barista di Italia pada umumnya berusia sekitar 48 tahun dan di sana profesi tersebut sangat dihargai.

7. Sejarah Istilah”Kopi”

pexels-photo

Sejarah nama Kopi berawal dari Bahasa Arab yaitu “kahhwat al-bun” lalu diperpendek menjadi “qahwa,” lalu kemudian dipinjam oleh Bahasa Turki menjadi “kahve”, lalu dipinjam lagi oleh Bahasa Belanda menjadi “koffie,” kemudian diserap oleh Bahasa Inggris menjadi “Coffee” dan dalam Bahasa Indonesia menjadi “Kopi.”

8. Membakar Lemak

pexels-photo-241734

Penelitian membuktikan bahwa minum kopi dapat meningkatkan metabolisme kamu sebanyak 3% sampai 10%. Jadi, intinya karena hal tersebut, kopi bisa membantu menurunkan lemak.

9. Kafein Bekerja Dengan Cepat

pexels-photo-296882

Kamu tidak usah lama menunggu reaksi kerja kopi  karena hanya memerlukan 10 menit saja!

10. Bisa Membuat Olah Raga Kamu Lebih Efektif

pexels-photo-197394

Kafein meningkatkan tingkat adrenaline, membantu mengeluarkan asam lemak dari jaringan lemak tubuh yang dapat membantu menjadikan kinerja fisik menjadi lebih baik. Reaksi tersebut bisa kamu dapat ketika kamu minum kopi sebelum olah raga. Selain itu, menurut American Psychological Society, jika kamu minum kopi (dengan takaran yang tidak berlebihan)bersamaan dengan mengonsumsi karbohidrat (dengan porsi yang wajar) seperti pisang, kamu bisa membantu otot kamu untuk pulih kembali.

 

Nah, gimana? Kopi memang luar biasa, ya!

Eh, ngomong-ngomong kamu tahu nggak kalau hari kamis tanggal 13 April, 2017 ini akan ada kegiatan tentang kopi di CO&CO Workshare di Bandung,  lho! CO&CO Workshare, yang terletak di Jl. Cipaganti No. 138, kali ini mempersembahkan “Coffee Talk” bersama Dave Julian Soepriyadi (Founder of Monsoon Cafe & COWORK). Kegiatan ini, selain bincang-bincang, ada juga kegiatan workshop di mana kamu bisa belajar tentang kopi beserta penyajiannya.

WhatsApp Image 2017-04-10 at 13.52.17

 

Kalau kamu tertarik dan pingin ikutan, cukup bayar 100 ribu rupiah saja! Untuk RSVP kamu tinggal kontak CP-nya dengan nomor yang ada di poster di atas. Karena jumlah terbatas, yuk, buruan daftar!

21 Shares

Komentar:

Komentar