Unik! Mural Hitam Putih Minimalis Bikinan Seniman Ini Ternyata Punya Pesan yang Dalem Banget, lho!

Mural yang sukses ngegambarin kehidupan orang terlantar di Brazil

:

Menjadi seorang seniman tentunya harus punya ketekunan dan kreatifitas yang tinggi. Selain itu, buat dikenal banyak orang terkadang seorang seniman mesti punya ciri khasnya sendiri. Dengan memiliki ciri khas dalam berkarya, seorang seniman bakal lebih diakui eksistensinya, dan siapa tahu bisa juga menjadi trendsetter di bidang seni, kayak Andy Warhol contohnya.

Yup, memiliki ciri khas dalam berkarya bagi seorang seniman memang penting, salah satunya seperti yang ditunjukkan seniman mural asal Brazil bernama Alex Senna berikut ini. Dalam “menghias” dinding-dinding bangunan Brazil, Alex punya pola dan karakter-karakter khusus yang udah jadi trademark-nya. Coba liat mural karya Alex di bawah ini deh, keren banget!

1. Karyanya Simpel, Hanya ada Hitam dan Putih

via sobadsogood.com

Hitam, putih, dan terinspirasi dari seni ilustrasi tahun 90-an, kira-kira begitulah kalau mesti menggambarkan karakter mural Alex Senna. Tidak lupa juga bayangan tegas yang selalu ada buat memperkuat emosi karakter muralnya. Contohnya mural anak laki-laki di atas.

Meskipun simpel, karya Alex memiliki makna yang dalam. Mural-mural ciptaannya menggambarkan kebutuhan akan rasa persatuan masyarakat di Brazil.

2. Bukan Penghias Bangunan Semata

via sobadsogood.com

Meskipun mural punya nilai dekoratif, Alex selalu berharap dirinya melakukan sesuatu yang lebih. Maksudnya gak cuma ngegambar di dinding kosong tanpa pesan yang jelas gitu aja.

3. Karakter Ceria Orang-Orang Terlantar

via sobadsogood.com

Maka dari itu, karakter-karakter buatan Alex mewakili kaum yang sering ditelantarkan seperti orang miskin, manula, imigran, dan kaum minoritas.


4. Dekat Dengan Kehidupan Masyarakat

via sobadsogood.com

Melalui karyanya, Alex membuka mata kita akan isu-isu seperti cinta, kesendirian, kesepian, keselarasan, dan keluarga. Isu semacam ini tentunya sering terjadi di kehidupan sehari-hari, jadi gak heran kalau banyak masyarakat yang merasa “dekat” dengan mural Alex.

5. Karisma

via sobadsogood.com

Seorang seniman bernama Julia Bollinger menilai karya-karya Alex Senna menarik karena punya karisma. “Karisma dari karakter-karakternya entah itu pasangan muda, pria tua, orang suci yang tenang atau anak laki-laki yang melankolis, menciptakan dialog romantis dengan penikmatnya, sebab mereka mampu mempengaruhi imajinasi tentang subjektivitas, drama dan keyakinan” kata Julia Bollinger.

6. Kesan Nostalgia

via sobadsogood.com

Entah kenapa gabungan warna hitam dan putih selalu menciptakan kesan klasik, vintage, dan nostalgia. Mungkin Alex Senna juga ingin penikmat muralnya merasakan kesan nostalgia tadi. Seperti sepeda yang udah gak lagi bersama pemiliknya di atas, hehe.

7. Ceria

via sobadsogood.com

Terkadang karakter mural bikinan Alex pun punya sisi konyol seperti di atas. Tapi di balik kekonyolan itu kita juga dibuat menerka-nerka tentang apa makna yang sesungguhnya ingin disampaikan, dan secara gak sadar kita terhipnotis oleh keunikan karya bikinan Alex. Ngomong-ngomong itu bocah atau orang dewasa, ya?

8. Di Gang Kecil

via sobadsogood.com

Mural kucing yang kesepian di dinding rumah dalam gang yang juga sepi.

9. Down, Down, Down

via sobadsogood.com

Setiap orang pasti pernah merasa sedih karena cinta, hoho. Liat deh mural satu ini. Kayaknya orang dibuat jadi pengen menghibur pria di mural tersebut sambil bilang “I’ve been there too, bro!” puk, puk, puk.

Nah, itu dia mural keren di jalanan Brazil karya Alex Senna. Gimana? Keren dan punya ciri khas kan? Kalau mau lebih sukses dalam berkarya memang harus seperti itu. Informasi tambahan aja nih, Alex gak cuma ngegambar mural di Brazil aja, dia juga pernah diundang buat “menghias dinding” di berbagai negara seperti Inggris, Italia, Amerika, dan Korea Selatan, wow. Jangan lupa share artikel ini ke temen-temen kamu, ya!

Komentar:

Komentar