Ternyata Nggak Banyak Orang yang Tahu tentang 5 Kekuatan Superman Ini!

Salah satunya adalah time travel! Mirip sama The Flash dong?

Kalau disuruh menyebutkan kekuatan Superman, kira-kira apa yang kamu ketahui? Bisa terbang? Check. Bisa mengeluarkan laser dari matanya? Check. Berkekuatan super? Check. Mempunyai penglihatan tembus pandang? Check. Dan beberapa kekuatan lain seperti kebal, tidak menua, dan pendengaran super.

Tapi, ada kalanya Superman mempunyai kekuatan-kekuatan absurd nan unik, lho! Sayangnya kekuatan ini hanya muncul sekilas dan tidak pernah muncul lagi sampai dengan saat ini.

Kira-kira apa aja sih kekuatan unik Superman? Ini dia daftarnya.

1. Super-Ventriloquisme

via looper.com

Kekuatan dari Superman ini terjadi ketika masa Silver Age. Sama seperti ventriloquisme pada umumnya, dimana dia bisa mengeluarkan suara meski mulutnya terkatup. Buat yang belum tahu apa itu ventriloquisme, mirip-mirip sama yang dilakukan oleh Ria Enes dan Susan. Nah, udah tahu kan?

Dia bisa berada di depanmu dan membuat seolah-olah Clark Kent berteriak di ruangan sebelah, bahkan dia pernah membuat Batman nyaris dibakar karena dikira penyihir, lho! Kejadian ini terjadi pada saat jaman Revolutionary War, dia membuat seekor kucing hitam seolah-olah berbicara kepada Batman (pada saat itu marak terjadi perburuan penyihir dan kucing hitam identik dengan rekan penyihir).

Lalu, dari mana dia mendapatkan kekuatan itu? Well, pada jaman dahulu, aturan yang berlaku adalah “Superman dapat melakukan apapun”. Oleh karena itu, tidak ada orang yang kritis seperti saat ini.

2. Superman Vision

via looper.com

Dengan menggunakan Superman Vision, dia dapat membuat seseorang mempunyai kekuatan yang setara dengannya. Peristiwa ini lagi-lagi terjadi pada masa Silver Age di komik edisi #855-857 yang berjudul “Escape from Bizarro World,” yang ditulis oleh Geoff Johns dan Eric Powell.

Pada saat itu, Bizarro menculik ayah adopsi Superman, Jonathan Kent. Superman pun mengejar Bizarro ke suatu planet berbentuk kubus yang bernama Bizarro World. Superman mendapatkan peringatan bahwa di planet tersebut dia bisa mendapatkan kekuatan yang tidak dia dapatkan di Bumi. Nah, ketika Jonathan diserang oleh Bizarro Doomsday, Superman secara insting menembak ayahnya dengan sinar biru-merah-kuning dari matanya.

Nah, setelah terkena sinar tersebut, ternyata Jonathan mempunyai kekuatan seperti Superman dan dia pun menamai sinar tersebut Superman Vision. Sayangnya, kekuatan ini akan hilang pada saat mereka kembali ke Bumi.

3. Time travel

via looper.com

Siapa yang mengira kalau ada karakter selain The Flash yang bisa melakukan perjalanan melintasi waktu (time travel)? Lagi-lagi peristiwa ini terjadi di masa Silver Age, dimana Superman dapat melakukan apapun demi kepentingan cerita.

Yang bikin keren, dia tidak perlu melakukan pemanasan seperti The Flash, dia hanya perlu terbang dengan sangat cepat dan dapat mengajak siapa pun, selama dia menutupi orang tersebut dengan jubahnya. Sayangnya kekuatan ini tidak pernah muncul lagi setelah cerita Crisis on Infinite Earths.

4. Super-Hypnosis

via looper.com

Pada akhir cerita di film Superman II, Clark Kent mempunyai kekuatan yang dapat membuat Lois Lane lupa kalau dia adalah Superman dengan cara menciumnya. Hal ini adalah salah satu contoh kalau Superman mempunyai kekuatan hipnosis yang berupa memanipulasi memori.

Salah satu contoh lain kekuatan hipnosis Superman terjadi pada komik Superman Vol. 1 edisi #45, dimana dia menggunakan kekuatannya tidak untuk memanipulasi, namun untuk mengontrol pikiran makhluk lain agar dia melakukan apa yang Superman inginkan. Wah, udah punya kekuatan super, bisa hipnosis lagi, kurang OP gimana coba? Tetapi, seperti kekuatan unik lainnya, kekuatan ini pun tidak pernah muncul lagi sampai sekarang.

5. Mengeluarkan Mini Superman dari tangannya

via looper.com

Silver Age tidak pernah kehabisan akal untuk memberi Superman kekuatan-kekuatan absurd nan unik. Pada komik Superman Vol. 1 edisi #125 dia bisa mengeluarkan versi mini dirinya dari tangannya, lengkap dengan seluruh kekuatan supernya, setelah dirinya terkena ledakan dari pesawat alien misterius.

Namun, kemunculan Mini Superman ini malah membuat Superman cemburu karena dia lebih populer dan bisa mengatasi kejahatan lebih cepat dibanding dirinya. Akan tetapi, kecemburuan Superman tidak lama karena Mini Superman menemui ajalnya setelah dia mengorbankan dirinya dengan melindungi Superman dari Kryptonite.

Gimana? Menurut kamu kekuatan Superman yang mana nih yang paling tidak terduga?

Komentar:

Komentar