Keren! 5 Patung Yang Indah Ini Ternyata Terbuat Dari Buku Bekas!

Bikin patung dari kayu kayaknya terlalu biasa buat seniman gokil ini, dengan ide kreatifnya dia mengubah buku bekas menjadi karya patung yang keren banget.

Seorang seniman biasanya punya ide yang gak biasa dalam menciptakan karya-karyanya. Ide ini bisa dalam bentuk yang biasa-biasa aja sampai yang luar biasa anehnya. Contohnya adalah seniman Long Bin Chen yang berasal dari Taiwa. Kalau biasanya sebuah patung itu dibuat dari bahan kayu, semen atau besi, dia punya ide buat manfaatin sesuatu yang udah gak terpakai sebagai bahan pembuatan karya patungnya.

Kalau kamu ngelihat patung-patung buatan Chen secara sekilas, kamu pasti bakal nyangka kalau patungnya terbuat dari kayu atau batu. Tapi kalau kamu merhatiin dengan lebih seksama, baru deh kelihatan kalau patung-patung itu terbuat dari bahan yang gak diduga-duga yaitu buku bekas!

Seperti ini nih beberapa karyanya…

 

1. Kepala Buddha

IMG_2989
Via: www.long-binchen.com

2. Wajah-Wajah Buddha

IMG_2971
Via: www.long-binchen.com

3. Berpikir

IMG_2973
Via: www.long-binchen.com

4. Politik Di Dalam Kepala Buddha

IMG_2974
Via: www.long-binchen.com

5. Cantiknya Seorang Dewi

IMG_2990
Via: www.long-binchen.com

Seniman yang satu ini memang dikenal luas dengan keahliannya dalam mengubah bahan cetak kayak buku, koran dan majalah ke dalam bentuk karya seni patung. Lewat bahan-bahan tersebut, Chen dengan seksama mengukir tumpukan buku-buku bekas yang udah gak kepakai ke dalam bentuk patung wajah Buddha, Ksatria Jepang sampai Komposer ternama. Gokil, ya.

Nah, pada tahun 2013, lewat sebuah pameran yang diberi tajuk World Buddha Project, Chen berusaha mempertemukan gagasan ketimuran dimana ia berasal dengan nilai-nilai yang dia alami selama dia hidup di New York, Amerika Serikat.

Ide ini dia transformasikan dalam bentuk patung Buddha dengan bentuk bagian belakang yang menampilkan punggung buku-buku yang ia rasa berhubungan sama nilai-nilai kebaratan. Misalnya di foto ke dua, kamu bisa lihat patung Buddha dengan isi buku yang semuanya berjudul Manhattan. Harapannya lewat pameran ini, Chen bisa nyampein pesan tentang hal-hal yang berhubungan dengan buku, mulai dari masa produksi buku, digitalisasi buku dan semacamnya.

Gimana menurut kamu? Patung-patungnya keren banget, kan? Ternyata buat bikin suatu karya yang bagus dan punya pesan mendalam gak harus memakai bahan-bahan yang mahal, tapi bisa juga pakai barang-barang yang udah gak kepakai. Semoga kamu jadi lebih kreatif setelah lihat patung karya Chen ini, ya!

Komentar:

Komentar