Salah Teknis atau Kelewat Kreatif? Yang Jelas,10 Iklan Ini Bikin Gagal Paham

Anak zaman sekarang yang deket banget sama yang namanya teknologi dan media pasti kenal betul dengan yang namanya iklan alias advertisement. Iklan bukanlah hal yang asing dan bisa dilihat dimana-mana. Kamu pasti sering lihat di televisi, media sosial, ataupun di pinggir jalan berbentuk baliho. Iya, ‘kan?

Kamu sadari atau enggak, segala bentuk iklan pasti punya daya tarik tertentu. Iklan punya caranya sendiri untuk mengalihkan perhatianmu, sehingga mau nggak mau kamu pun melihatnya. Misalnya, iklan berbentuk baliho, biasanya ukurannya cukup besar dan warnanya mencolok, atau kalau di internet itu ada dalam bentuk artikel yang diberi headline yang clickbait, atau kalau iklan dalam bentuk video biasanya menggunakan gambar-gambar dan audio yang bombastis. Dengan begitu, siapapun yang lewat akan melihat atau membaca isinya.

Tapi, meski bikin iklan itu pasti pake strategi dan rencana, ternyata kadang-kadang nggak semua iklan itu sukses dibuat dengan baik. Emang sih bikin kita merhatiin, tapi bukan karena tertarik, melainkan karena bingung karena gagal paham maksudnya apa. Kayak 10 iklan ini contohnya:

1. Kenapa foto before lebih bagus daripada yang after ya? Ada yang bisa menjelaskan?

via izismile.com

2. Sejak kapan single artinya berdua dan double artinya sendiri?

via izismile.com

3. Iklan bantal… tapi si mbak bobok tanpa pake bantal. Ini maksudnya kalau pakai bantal ini bakal terasa seperti tidur di atas tanah, ya? Keras dong…

via izismile.com

4. Mungkin bis dan sopirnya itu datang dari masa depan

via izismile.com

5. Kalo iklannya kayak begini, kira-kira siapa yang bakalan beli?

via izismile.com

6. Edit biar kelihatan bagus sih boleh, tapi kakinya jangan diilangin juga dong!

via izismile.com

7. Kasian mereka, di rumahnya cuma ada karpet dan TV

via izismile.com

8. Niatnya sih biar beda, tapi hasilnya malah nggak karuan

via izismile.com

9. Buruan hubungin ya kalo butuh desainer alam gaib!

via izismile.com

10. Hidung siapa yang berubah jadi stoberi karena komedoan?

via izismile.com

Apakah emosimu memuncak setelah lihat 10 iklan di atas? Meski udah dibikin sekreatif mungkin, 10 foto di atas ngebuktiin kalo iklan juga bisa fail dan bikin gagal paham. Yang biasa desain grafis ayo angkat tangan. Kalian pasti gatel banget pengen ngebenerin, kan?

Dinar Firda Rosa :Jangan lupa piknik!