Penggila Kuliner, Cek 13 Gambar Food Art Yang Bakal Manjain Mata Kamu Berikut Ini

Biji alpukat dibuat pahatan? Cek hasilnya di foto-foto di bawah ini.

:

Penyajian makanan merupakan bagian dari dunia kuliner yang punya sejarah panjang. Kalau kita melakukan kilas balik ke zaman Romawi Kuno, penyajian makanan adalah salah satu cara masyarakat pada saat itu untuk menunjukan status sosial mereka. Lebih dari 2000 tahun kemudian, ketika masuk ke zaman moderen, penyajian makanan semakin berkembang ke dalam bentuk karya seni yang artistik dan tidak dibatasi hanya untuk kalangan tertentu. Setiap orang bisa membuat penyajian makanan yang artistik atau biasa disebut dengan istilah food art, kapan pun dan dimana pun. Beberapa hasil karya food art tersebut berhasil dirangkum lewat 13 gambar di bawah ini.

1. Avocado Pit Carvings Oleh Jan Campbell

best-food-art-2017-1
Via: mymodernmet.com

Ide membuat karya pahatan dari biji alpukat ini datang ketika Campbel tidak sengaja menggores permukaan biji buah alpukat dengan kukunya. Hasilnya bisa kamu lihat sendiri di atas. Pahatannya keren banget, kan?

2. Sugar Flowers Oleh Maggie Austin

best-food-art-2017-2
Via: mymodernmet.com

Balerina yang beralih profesi menjadi Koki Pastry ini menggunakan beragam teknik untuk menghasilkan gula-gula berbentuk bunga yang super mirip sama bentuk bunga beneran. Keindahan gula-gula ini malah ngebuat kita jadi gak tega makan bunganya, ya?

3. Psychedelic Smoothie Bowls Oleh Rachel Lorton

best-food-art-2017-3
Via: mymodernmet.com

Bermodalkan bahan-bahan alami dan tusuk gigi, Rachel Lorton berhasil membuat Smoothies bowls dalam bentuk yang penuh warna dan pola yang penuh energi. Smoothies ini gak cuma enak dipandang mata, tapi juga sehat buat tubuh kita.

4. Chocolate City Maps Oleh Nisnas Industries

best-food-art-2017-4
Via: mymodernmet.com

Nisnas Industries bekerjasama dengan Tamtik Chocolate untuk menghasilkan rangkaian produk coklat yang berbentuk peta kota-kota di seluruh dunia. Setiap desain pada coklat tersebut, terinspirasi dari mashrabiya, sebuah teknik pembuatan pola secara geometris yang berasal dari Arab.

5. Math-Inspired Cakes Oleh Dinara Kasko

best-food-art-2017-5
Via: mymodernmet.com

Koki pastry yang semula berprofesi sebagai arsitek ini merancang sebuah makanan penutup berupa kue yang mencerminan prinsip algoritma matematika. Hmmm… apa dengan makan kue ini kita bisa jadi pintar matematika?

6. Smoothie Bowl Paintings Oleh Hazel Zakariya

best-food-art-2017-6
Via: mymodernmet.com

Zakariya menganggap mangkuk Smoothies adalah sebuah kanvas yang bisa ia lukis sesuai dengan imajinasinya. Smoothies buatan Zakariya punya ciri khas berupa gambar-gambar binatang yang populer dari berbagai budaya di dunia.


7. 3D Latte Art Oleh Daphne Tan

best-food-art-2017-8
Via: mymodernmet.com

Gadis berusia 17 tahun yang berasal dari Singapura ini menggunakan busa latte sebagai media kreatifitasnya dalam menyajikan minuman. Lihat salah satu hasil karyanya yang menggemaskan pada foto di atas.

8. Colorful Cake Pops Oleh Raymond Tan

food-art-2017-cake-pops-raymond-tan
Via: mymodernmet.com

Koki yang belajar membuat kue secara otodidak ini berhasil menyajikan cake pop dalam bentuk yang warna warni dan desain yang super lucu. Dijamin, kue-kue ini akan menarik minat anak kecil sampai orang dewasa.

9. Toast Art Oleh Eiko Mori

best-food-art-2017-10
Via: mymodernmet.com

Cukup bermodalkan tusuk gigi, sendok dan kertas perkamen, Eiko Mori berhasil menyajikan roti panggang dengan gambar-gambar yang menarik seperti yang kamu lihat pada gambar di atas.

10. Succulent Cakes Oleh Ivenoven

best-food-art-2017-14
Via: mymodernmet.com

Karya food art yang satu ini datang dari negeri kita sendiri. Yup, Ivenoven adalah seorang koki asal Jakarta yang berhasil menampilkan desain kue yang rumit sekaligus indah hanya dengan berbahan frosting, margarin dan pewarna makanan.

11. Rubik’s Cube Cakes Oleh Cédric Grolet

best-food-art-2017-16
Via: mymodernmet.com

Seniman kuliner bernama Grolet ini dikenal sebagai sosok seniman yang berhasil menyajikan hidangan kue dalam bentuk rubik yang mengagumkan.

12. Animal Macarons Oleh Melly Eats World

best-food-art-2017-17
Via: mymodernmet.com

Macarons buatan Melly ini bukan macarons biasa, loh. Selain bentuknya yang menggemaskan, kamu juga bisa menemukan ekor dari masing-masing hewan yang terdapat pada macarons tersebut apabila kamu membalik kue macarons tersebut.

13. Colored Latte Art Oleh Kangbin Lee

best-food-art-2017-19
Via: mymodernmet.com

Yup, yang kamu lihat memang kreasi ulang dari lukisan Van Gogh berjudul Starry Night. Sosok pembuat kopi latte dengan desain yang luar biasa ini bernama Kangbin Lee, dia memang punya hobi mengkreasi ulang karya-karya seni terkenal di dunia ke dalam bentuk kopi latte.

 

Ternyata makanan bisa disajikan sedemikian rupa sampai menjadi karya seni yang artistik, ya? Tapi, apa kamu tega makan makanan yang lucu begini?

Komentar:

Komentar