Intip Sebentar Yuk 10 Busana Pernikahan Tradisional yang Ada di Dunia Ini, Unik sekaligus Menarik Lho


Jas dan gaun bisa dibilang busana paling universal untuk dipakai pengantin di acara pernikahan. Terlebih lagi di negara-negara barat seperti Amerika Serikat, yang jumlah busana tradisionalnya nggak sekaya di Indonesia, jas dan gaun merupakan pilihan populer untuk digunakan.

Eh, tapi di sini maksudnya jas itu dipakai oleh pria ya, dan gaun dipakai wanita. Jangan ngebayangin ada pengantin yang pake jas dan gaun sekaligus, hehehe.

Tapi betapa pun universalnya jas dan gaun, banyak lho negara dan daerah di samping Indonesia yang punya busana pernikahan tradisional yang bagus-bagus. Meskipun kamu nggak akan memakainya di hari pernikahan nanti, seenggaknya kamu bisa mengenali uniknya busana tradisional mereka lewat foto-foto yang dilansir dari Cavemancircus ini.

1. Kazakhstan

traditional-weddings-around-the-world-9__605
via cavemancircus.com

Pengantin wanita di Kazakhstan biasanya memakai saukele. Apaan tuh saukele? Saukele itu penutup kepala yang bentuknya mirip-mirip sama topi ulang tahun itu tuh. Mereka juga memakainya lengkap dengan kerudung mukanya. Sebagai tambahan, para perempuan di Kazakhstan udah punya Saukele sebelum mereka berencana ke pelaminan, bahkan sebelum mereka cukup umur buat nikah.

Tapi harus saya akui, perempuan dalam foto di atas berhasil bikin saya salah fokus. Ya gimana lagi, saya laki-laki. Apa salah jika laki-laki mengagumi keanggunan seorang perempuan? Haha.

2. Tiongkok

traditional-wedding-dress-1-578f72db11902__605
via cavemancircus.com

Warna merah itu identik dengan simbol keberuntungan di Tiongkok sana. Dan siapa yang nggak mau pernikahannya dinaungi keberuntungan? Itu makanya pengantin memakai pakaian yang nyaris seluruhnya berwarna merah.

Kalau kamu suka nonton film asal Tiongkok atau Hong Kong, mungkin kamu inget pernah liat kostum ini. Saya sendiri rasanya pernah liat Andy Lau pake pakaian ini deh. Itu juga kalau ingatan saya nggak salah ya.

3. Gora, Wilayah yang Terletak di antara Kosovo dan Masedonia

traditional-weddings-around-the-world-10-1
via cavemancircus.com

Disebutkan bahwa meskipun penduduk di Gora kebanyakannya Islam, mereka juga punya adat istiadat serta tradisi berbau pagan. Kalau liat fotonya, sepertinya lumayan rumit ya buat meriasnya.

4. Wilayah Oas, Rumania

traditional-weddings-around-the-world-21__605
via cavemancircus.com

Karena di wilayah Oas yang terletak di barat laut Transylvania pernikahan dianggap sebagai momen yang amat penting, orangtua pun turun tangan dalam mengorganisirnya; termasuk soal mahar, pakaian, dan bendera pernikahan. Bendera pernikahan ya, bukan bendera Slank.

Apa itu ngebuat calon pengantin bisa berleha-leha aja karena pesta mereka udah diurus orangtua? Ya nggak lah, mereka juga ikutan sibuk. Toh ini acara mereka.

5. Skotlandia

traditional-weddings-around-the-world-38-578e112e48a12__605
via cavemancircus.com

Apa kamu ngerasa bawahan si pria itu sarung berukuran pendek? Well, itu bukan sarung lho. Namanya kilt; pakaian tradisional Skotlandia yang dipakai oleh laki-laki.

Jika dalam pernikahan sang pengantin pria memakai kilt, maka yang dikenakannya itu adalah kilt khas klannya. Barulah setelah upacara pernikahan berakhir, wanita yang telah resmi jadi istrinya dipakaikan selendang. Warna selendangnya juga harus sama dengan warna klan suaminya, karena hal tersebut menandakan bahwa sang pengantin wanita tengah menjalani transisi ke keluarga suaminya.

6. Mongolia

traditional-weddings-around-the-world-30__605
via cavemancircus.com

Kalau orang Kazakhstan punya saukele, maka orang Mongol punya Deel, kain bermotif yang dipakai oleh kedua mempelai. Orang Mongolia dan suku nomad di Asia Tengah udah berabad-abad melakukan kebiasaan memakai deel ini lho.

7. Nigeria

traditional-weddings-around-the-world-13__605
via cavemancircus.com

Hampir serupa dengan Indonesia, Nigeria pun punya banyak etnis di wilayahnya; sekitar 250. Itu sebabnya busana pernikahannya juga berbeda-beda, tergantung siapa yang menikah. Tapi ada satu pola yang bisa ditarik kok. Pengantin wanita di sana seringkali mengenakan pakaian berwarna cerah dan penutup kepala bernama gele.

8. Valle Sagrado/Sacred Valley di Cusco, Peru

traditional-weddings-around-the-world-25__605
via cavemancircus.com

Warna cerah juga kerap dipakai oleh pengantin di daerah ini. Selain itu, pakaian mereka turut dilengkapi jubah atau mantel hasil tenunan dan topi dengan hiasan yang berjumbai. Cuma itu? Belum semuanya. Masih ada rok dan ponco (baju penghangat yang di tengahnya ada lubang untuk kepala) yang dibuat spesial untuk pengantin di hari berbahagia mereka.

9. Veliky Novgorod, Rusia

traditional-wedding-dress-7-578f7f5cd353f__605
via cavemancircus.com

Kalau liat peta aja, kamu pasti sadar Rusia itu luas. Maka dari itu pula ada banyak busana pernikahan yang berbeda-beda di sana. Tapi kamu pasti setuju kan busana dari Veliky Novgorod ini unik?

Satu lagi keunikan pernikahan di sana: beberapa pesta pernikahan di Rusia berlangsung sampai dua hari, bahkan ada yang sampai seminggu lho.

10. Busana Pengantin Orang-Orang Yakan

traditional-weddings-around-the-world-4__605
via cavemancircus.com

“Hmm, kenapa poin terakhir ini nggak menyebut nama daerah atau negara?” Itu karena suku Yakan kebanyakan menghuni pulau Basilan di Filipina.

Oh ya, cat wajah seperti yang terlihat pada foto nggak hanya dipakai oleh pengantin wanita aja, tapi juga pengantin pria. Berarti kalau acara pernikahannya dimulai pagi-pagi, bisa jadi dari subuh udah harus bangun ya buat ngecat muka? Hmm…

Unik dan menarik kan busana pernikahan tradisional di atas? Kalau kamu pengen menarik perhatian orang, mungkin kamu bisa pakai pas lagi jalan-jalan gitu, hehehe.

Komentar:

Komentar