7 Ilustrasi Seni Ini Menyindir Kehidupan Sosial Manusia, Keren tapi Bikin Jleb!

Yang nomor 6 menohok banget tuh kayaknya

Salah satu ‘kelebihan’ yang dimiliki seniman adalah mereka bisa mengkomunikasikan perasaan mereka melalui sebuah karya. Tak melulu lewat tulisan atau puisi, tapi bisa juga berbentuk gambar atau ilustrasi belaka.

Hal serupa juga dilakukan oleh seniman-seniman kreatif berikut ini, yang menyindir kehidupan manusia dalam dunia sosial lewat sebuah ilutrasi. Yuk kita lihat karyanya, semoga bisa bener-benar menyadarkan kita untuk hidup lebih baik ya!

1. ‘Perangkap kebahagiaan’ oleh Steve Cutts – menggambarkan bagaimana uang bisa digunakan sebagai keju yang memerangkap orang-orang seperti tikus

via lifebuzz.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa uang bisa ‘menjebak’ manusia untuk takluk dan tunduk terhadap kemewahan dunia. Tapi sayangnya, uang tak melulu membawa kebahagiaan, tapi justru kesengsaraan ketika didapat dengan cara yang tidak halal.

2. ‘Balap tikus’ oleh Steve Cutts – menunjukkan betapa terburu-burunya manusia saat berhadapan dengan waktu

via lifebuzz.com

Dalam ilustrasi di atas terlihat bahwa manusia hidup seperti tikus yang selalu berlari dan terburu-buru dikejar waktu, entah untuk pergi atau pulang kerja. Tapi manusia sering lupa meluangkan waktu untuk fokus pada hal-hal penting.

3. ‘Evolusi’ oleh Dan Piraro – menggambarkan kehidupan manusia yang menjadi sebuah lingkaran penuh setelah ribuan tahun

via lifebuzz.com

Manusia berevolusi dari laut kemudian menjadi primata, lalu menjadi manusia prasejarah sebelum akhirnya menjadi manusia modern. Setelah itu evolusi membawa manusia kembali ke laut ‘hanya’ untuk mencemari laut itu sendiri. Artinya, apa yang dilakukan oleh manusia saat ini (membuang sampah ke laut, mencemari lingkungan) sebenarnya bisa mencelakakan kehidupan manusia sendiri.

4. ‘Manusia di bulan’ oleh Dran – potret yang menakutkan saat manusia menuju bulan atau luar angkasa

via lifebuzz.com

Manusia akan kehilangan ruang dan tempat di bumi jika kebiasaan membuang sampah sembarangan masih terus dilakukan. Bahkan ketika ingin mengungsi ke bulan pun, manusia tetap akan menemukan banyak sampah berserakan.

5. ‘Atlet’ oleh Luis Qulies – menggambarkan adanya komersialisasi di dunia olahraga

via lifebuzz.com

Apa kamu setuju sama Qulies kalau sekarang atlet lebih dimanfaatkan untuk promosi produk ketimbang sumber inspirasi dan hiburan masyarakat?

6. ‘Zombie’ oleh Steve Cutts – menggambarkan bahwa teknologi telah mengubah manusia menjadi mayat hidup

via lifebuzz.com

Ketergantungan terhadap teknologi, khususnya gadget, telah membuat manusia hidup layaknya zombie.

7. ‘Terjebak dalam gelembung’ oleh John Holcroft – menggambarkan bahwa rutinitas dan pekerjaan telah menjauhkan manusia dari dunia luar

via lifebuzz.com

Ketika sibuk dengan pekerjaan, banyak orang yang mengasingkan diri dari lingkungan dan seolah menciptakan ‘gelembung’nya sendiri. Mereka berkutat dengan kehidupan pribadi tanpa memperhatikan lingkungan.

Benar ‘kan judul artikel ini? Ilustrasi di atas keren, tapi di sisi lain menohok hati juga.

Sumber: Lifebuzz

- Advertisement -
Shares 101

Komentar:

Komentar