Wow! Ternyata Indera Manusia Punya 7 Kemampuan Ajaib Ini


Kemampuan indera seseorang akan sangat dipengaruhi oleh kemampuan otaknya merekam informasi. Namun, di sisi lain, pengaruh dari luar juga menjadi faktor penting.

Dalam keadaan normal, kita mungkin tak sadar atas reaksi indera terhadap kondisi di luar tubuh. Hal ini terjadi karena otak hanya menyimpan memori, tanpa menanggapi reaksi.

Namun, jika tubuh dikondisikan dengan pengaturan tertentu, otak akan menanggapinya dengan cara yang sangat unik. Salah satu contohnya adalah ketika kamu melihat sebuah ilusi optik.

Nah, Museum Sejarah Alam di New York, Amerika, memiliki pameran baru berjudul Our Senses: An Immersive Experience yang menunjukkan interaksi indera dan otak.

1. Ilusi cahaya

via mentalfloss.com

Penglihatan manusia sangat dipengaruhi oleh cahaya. Ruangan pertama pameran ini membuktikan hal tersebut. Di bawah cahaya normal, kamu hanya akan melihat sebuah lukisan abstrak. Tapi, ketika cahaya berubah menjadi biru, merah, atau hijau, kamu akan menemukan sejumlah ilustrasi tersembunyi.

2. Prioritas suara

via kars4kids.org

Siapa sangka, pendengaran manusia ternyata memiliki prioritas. Ada sejumlah suara yang menjadi prioritas dan sangat mudah dikenali dibanding jenis suara lain.

Dalam pameran ini, pengunjung akan diperdengarkan sejumlah suara yang dinyalakan bersamaan. Namun, suara yang paling dikenal oleh manusia adalah suara yang membutuhkan reaksi seperti tangisan bayi dan suara sirene. Sementara suara alat musik agak sukar dikenali.

3. Pengaruh memori terhadap persepsi

Otak akan menyimpan banyak data layaknya sebuah memori penyimpanan. Namun, apa yang disimpan oleh otak akan mempengaruhi persepsi seseorang terhadap apa yang dilihatnya. Seperti pada video di atas, awalnya kamu akan melihat tikus, tapi kemudian melihat wajah manusia. Padahal, keduanya merupakan gambar yang sama.

4. Warna mempengaruhi rasa

via youtube.com

Kamu mungkin tak akan percaya dengan konsep satu ini. Namun, otak benar-benar bereaksi terhadap warna. Ketika melihat makanan atau minuman berwarna merah, kamu tentu akan menganggapnya terasa manis. Sedangkan warna hijau akan dianggap kurang manis. Bahkan, wadah makanan dan minuman akan mempengaruhi persepsi manusia soal rasa.

5. Selain warna, suara juga berperan

via theplaidzebra.com

Bukan hanya warna, suara juga berperan terhadap selera makan seseorang. Mendengarkan suara mengunyah saat ngemil akan membuat nafsu makan makin bertambah.

6. Informasi sensorik dan perasaan

via mentalfloss.com

Hal selanjutnya yang bisa membuatmu takjub adalah sebuah ruangan berdinding putih yang digambari dengan pola kotak hitam. Akibatnya, bidang lurus akan tampak melengking.

Ketika masuk kedalamnya, mata akan memberi informasi bahwa kamu berjalan di permukaan yang tidak rata. Di sisi lain, telinga bagian dalam akan mengatakan bahwa lantai stabil. Hal ini menyebabkan adanya informasi sensorik yang bertentangan.  Akibatnya, kamu akan merasa pusing, bahkan mual.

7. Otak dan wajah manusia

Otak manusia sangat mengenal wajah manusia. Akibatnya, kita kadang melihat wajah di tempat-tempat tak terduga seperti awan.

Dalam video diatas, ditunjukkan sebuah cetakan wajah Albert Einstein. Cetakan ini sebenarnya cekung. Tapi, otak akan melihatnya muncul karena mengenal sesuatu yang tampak seperti wajah manusia. Hal ini bisa terjadi karena otak akan mengoreksi gambar secara otomatis.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk pergi ke museum ini dan melihat langsung hebatnya indera manusia? Anugrah Tuhan yang satu ini memang sungguh luar biasa!

17 Shares

Komentar:

Komentar