Wow, 5 Benda Yang Biasa Kamu Lihat Sehari-hari Ini Ternyata Punya Fakta Mengejutkan Di Baliknya

Nomor 3 bikin ngakak!

Pernahkah kamu berpikir bagaimana kulkas diciptakan? Jika diceritakan tentu akan sangat panjang dan sedikit rumit. Tapi di samping proses pembuatannya, ada pula fakta mengejutkan yang wajib kamu ketahui tentang benda atau barang yang sering kita jumpai sehari-hari.

Bukan cuma kulkas, benda-benda lain seperti botol air minum dan t-shirt pun punya kisah menakjubkan. Yuk, intip!

1. Ternyata ini alasan pintu kulkas dibuat bermagnet

f2
via wikipedia.org

Pintu kulkas mulai menggunakan magnet setelah 1956. Sebelumnya, pintu kulkas hanya bisa dibuka dari luar. Saat itu, banyak kasus anak kecil yang meninggal karena bersembunyi di dalam kulkas saat sedang bermain.

2. Kenapa celengan identik dengan bentuk babi?

f1
via wikipedia.org

Meski terdapat beragam bentuk celengan, namun tempat menyimpan uang koin ini lebih lekat dengan bentuk babi. Hal ini bermula ketika dulunya celengan dibuat dari tanah liat yang disebut “pygg” dan disebut “pygg jars”. Namun, orang Inggris salah mengiranya sebagai bentuk babi sehingga disebutĀ piggy bank.

3. Dibalik pembuatan t-shirt, ada kisah lucu ini

f3
via flickr.com

T-shirt ditemukan pada tahun 1904. Namun, meskipun sudah lama ditemukan, hingga kini t-shirt masih dicintai dan banyak digunakan. Awalnya, pakaian jenis ini dibuat khusus untuk para bujangan alias jomblo yang nggak bisa menjahit sendiri untuk mengganti kancing baju.

4. Awalnya treadmill bukan dibuat untuk berolahraga

f4
via cbc.ca

Treadmill saat ini dikenal sebagai salah satu alat olahraga yang cukup populer. Padahal, dulunya treadmill diciptakan sebagai alat hukuman untuk para narapidana. Treadmill sebenarnya merupakan alat penggiling biji-bijian dengan ukuran raksasa.

Para tahanan diminta menggunakan kekuatan otot mereka untuk melangkah ke atas bilah-bilah seperti berjalan di tangga tak berujung. Setiap hari, mereka harus bekerja minimal enam jam.

5. Benarkah air mineral bisa kedaluwarsa?

f5
via videojet.com

Pernah membeli air mineral? Kamu pasti tahu ada tanggal kedaluwarsa pada botolnya. Tapi, benarkah air mineral bisa kedaluwarsa?

Ternyata, tanggal yang tercetak di bagian botol bukanlah tanggal kedaluwarsa untuk air, melainkan untuk botol pembungkusnya. Biasanya, botol kemasan berlaku selama 2 tahun setelah diisi.

Sudah tahu kan, ternyata benda-benda di sekitar kita memiliki fakta mengejutkan dan nggak terduga. Meski jarang diceritakan, fakta unik ini merupakan kisah lain dari setiap penemuan.

Selain kelima penemuan dan kisahnya ini, kira-kira ada yang lain nggak ya?

Komentar:

Komentar