Wah, 5 Fakta Unik tentang Gagak Ini Nunjukkin kalau Ternyata Mereka Bukan Burung Biasa

Dan pandangan kamu soal gagak akan berubah setelah baca ini...

Burung gagak dengan bulunya yang hitam dan penampilannya yang terkesan menyeramkan sering diidentikkan sama pertanda buruk seperti kematian, musibah, atau bencana. Bukan cuma itu, burung dengan bulu menawan ini juga dianggap sebagai perusak dan pencuri tanaman oleh petani. Sedangkan orang perkotaan menganggapnya sebagai hewan pengganggu.

Padahal, mereka sebenarnya nggak seburuk itu. Bahkan nyatanya, ada fakta-fakta menarik soal burung menyeramkan ini yang belum banyak diketahui orang.

Nggak percaya? Dilansir dari Mentalfloss, berikut ulasan singkatnya.

1. Memiliki jiwa sosial tinggi

via stevebartlettphotography.com

Tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya gagak merupakan hewan yang setia, seperti halnya merpati. Mereka biasanya akan tinggal seumur hidup bersama pasangannya. Mereka juga bahkan membentuk sebuah keluarga kecil dengan pasangannya itu.

Sementara itu, gagak yang beranjak dewasa akan membantu orangtuanya mengasuh adik, melindungi sarang dari predator, dan mencari makan.

2. Melaksanakan ritual kematian

via audubon.org

Tak seperti hewan lain, gagak memiliki ritual kematian yang unik. Ketika seekor gagak mati, ratusan yang lain akan berkumpul di “tempat kejadian perkara”. Mereka juga tak menyentuh kawannya yang telah mati.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa perilaku gagak tersebut bertujuan untuk merencanakan strategi bertahan hidup. Jadi, kata penelitian, para gagak itu seakan belajar dari pengalaman: jangan mendatangi tempat di mana ada gagak yang mati, karena mungkin di sana ada ancaman.

3. Setiap kelompok punya dialek atau logat berbeda

via mirror.co.uk

Seperti halnya manusia, gagak ternyata memiliki sejumlah suara khusus untuk mengirimkan pesan pada kawanannya, seperti menunjukkan lokasi atau peringatan. Uniknya, setiap kelompok memiliki bahasa yang berbeda. Selain itu, ketika berpindah ke kelompok baru, mereka akan menyesuaikan bahasa dan logatnya.

4. Dapat mengenali wajah manusia

via vancitybuzz.com

Hewan peliharaan memang bisa mengenali pemiliknya. Namun, gagak lebih cerdas dari itu. Mereka bisa mengenali wajah manusia dengan sangat baik hingga bertahun-tahun, terutama mereka yang dianggap sebagai musuh dan ancaman.

Jika sudah begitu, gagak tak akan berhenti membalas dendam. Bahkan, ia tak segan untuk mengajak kawanannya ikut membalaskan dendam. Mengerikan, bukan?

5. Ternyata otak gagak lebih besar dari manusia

via mentalfloss.com

Gagak disebut-sebut lebih pintar dari manusia, bahkan mereka yang memiliki gelar sarjana sekalipun. Bukan tanpa sebab, sebutan ini muncul karena ukuran otak mereka.

Jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, otak gagak lebih besar dibanding manusia. Otak burung hitam ini berukuran 2,7 persen dari keseluruhan tubuhnya. Sedangkan otak manusia dewasa hanya 1,9 persen dari berat tubuhnya.

Fakta yang sangat menarik bukan? Ternyata, gagak yang selama ini dikenal menyeramkan, lebih “menyeramkan” dibanding kelihatannya. Jangan macam-macam deh sama mereka..

Komentar:

Komentar