Sudah Dianggap Fakta Mutlak, Ternyata 7 Hal Ini Nggak Sepenuhnya Benar

Kamu percaya juga nggak?

Terkadang, apa yang kamu percayai tidak selalu benar. Pertama, bisa saja kamu salah paham dalam mencerna sebuah informasi. Kedua, bisa saja kamu terlalu mudah percaya hingga tak mencari lebih jauh soal fakta dan kebenarannya.

Untuk itu, ketika mendapat sebuah informasi, jangan langsung percaya begitu saja. Kamu harus terlebih dahulu melakukan filter untuk mengetahui kebenarannya.

Seperti 7 hal di bawah ini misalnya. Hampir semua orang mempercayai dan tak menyangkal sedikitpun tentangnya. Padahal, fakta berkata lain. Bahkan, sebaliknya.

Nggak percaya? Intip deh penjelasannya.

1. Menggunakan ponsel di SPBU

f1
via depositphotos.com

Di setiap SPBU alias pom bensin pasti ada peringatan untuk tidak menggunakan ponsel. Namun, penggunaan ponsel sama sekali tak akan menyebabkan kebakaran. Bahkan, jika konsentrasi uap bensin sangat tinggi sekalipun.

Larangan penggunaan ponsel di pom adalah karena gelombang radioaktif yang dihasilkan. Gelombang ini dapat mengganggu kinerja sistem elektronik pompa bahan bakar.

2. Menyumbat knalpot dengan benda-benda tertentu

f2
via depositphotos.com

Di sejumlah film, digambarkan bahwa menyumbat knalpot dengan benda tertentu seperti wortel akan membuat mobil mogok, bahkan merusak mesinnya. Namun, sebuah eksperimen yang dilakukan Mythbusters mengungkapkan bahwa benda yang menyumbat knalpot akan terlempar dengan keras layaknya rudal saat mesin mobil dinyalakan.

3. Pasir hisap akan membunuh siapapun yang terjebak

f3
via epicadamwildlife.com

Dalam film, banyak dikisahkan bahwa mereka yang terjebak di pasir hisap akan mati jika tak ada yang menyelamatkan. Padahal, pasir hisap merupakan campuran pasir dan air. Saat terjebak, kamu hanya perlu memposisikan diri mengapung dengan dada menghadap ke atas. Cara ini akan membuatmu lebih mudah lolos dari pasir hisap.

4. Vitamin C baik untuk meredakan flu

f5
via depositphotos.com

Sebenarnya, tak ada penelitian yang membuktikan bahwa vitamin C dapat mengobati flu yang disebabkan oleh virus. Untuk mencegah flu, cara terbaik adalah vaksinasi. Sementara untuk mengobatinya adalah banyak istirahat dan mengonsumsi cairan.

5. Bercukur menyebabkan bulu tumbuh lebih gelap

f7
via huffpost.com

Tak sedikit wanita enggan bercukur dan memilih waxing untuk mebersihkan bulu kaki mereka. Alasannya, bercukur menyebabkan bulu kaki tumbuh lebih tebal. Padahal sebenarnya, saat dicukur ujung bulu akan tumpul. Inilah yang menyebabkan bulu terlihat lebih tebal daripada sebelumnya.

6. Mars adalah planet berwarna merah

f6
via depositphotos.com

Mars disebut-sebut sebagai Planet Merah karena warnanya. Sebenarnya, atmosfer Mars terdiri dari debu oksida besi konsentrasi tinggi. Tapi, dibanding merah, warna Mars sebenarnya lebih kecoklatan.

7. SOS = Save Our Souls

f4
via depositphotos.com

Kata SOS kerap dikaitkan dengan ungkapan ‘Save Our Souls’ alias ‘selamatkan jiwa kami’. Padahal, SOS sebenarnya dibuat karena sinyal ini mudah diterjemagkan dalam kode Morse, yakni 3 titik, 3 tanda hubung, dan 3 titik. Bahkan SOS tak berkaitan sama sekali dengan ‘Save Our Souls’.

Nah, sudah tahu kan kebenarannya? Ternyata nggak semuanya yang dipercaya banyak orang sesuai dengan fakta, ya. Yuk, share biar yang lain juga tahu!

433 Shares

Komentar:

Komentar