Sering Dilakukan Sehari-hari, 10 Fakta tentang Tidur Ini Mungkin Belum Kamu Ketahui

Ingat fakta-fakta ini sebelum kamu tidur nanti

:

Yup, walaupun tidur itu adalah aktivitas yang pasti kita lakukan setiap hari, tapi nggak semua hal tentang tidur udah kita ketahui. Toh, para ilmuwan aja masih terus melakukan penelitian mengenai aktivitas tidur, seakan kegiatan normal yang satu ini sama misteriusnya dengan kehidupan di planet lain.

Tapi, itu bukan berarti para peneliti belum menemukan satu pun fakta soal tidur. Sekarang aja seenggaknya kita bakal bahas 10 fakta tentang tidur yang udah dikumpulkan dari Ranker. Langsung aja kita mulai yuk!

1. Apa kamu pernah langsung tertidur kurang dari lima menit sejak kamu berbaring?

womens-2605355_960_720
via pixabay.com

Kalau jawabannya iya, itu berarti kamu kurang tidur sebelumnya. Waktu normal yang kita perlukan untuk bisa tertidur itu sekitar 10 sampai 15 menit. Perbanyak waktu tidur kamu jika kamu tertidur dengan sangat cepat begitu kamu berbaring.

2. Kamu nggak akan bisa memimpikan orang asing yang belum pernah kamu temui atau lihat

person-828630_960_720
via pixabay.com

Di alam mimpi, kamu memang mungkin akan mimpi bertemu mantan atau orang-orang yang penah kamu kenal sebelumnya, tapi, kamu nggak akan mungkin ketemu putri duyung yang paras cantiknya belum pernah kamu lihat sebelumnya. Wajah-wajah yang kita lihat dalam mimpi pasti udah kita kenal, atau minimalnya, udah pernah kita lihat; mau itu lihat di TV, buku, atau internet. Atau bahkan orang yang pernah kamu lihat secara sekilas!

3. Mimpi = nonton film

fantasy-2925212_960_720
via pixabay.com

Beberapa jenis dari pergerakan mata saat kita tidur dan memasuki periode REM berhubungan juga dengan gerakan tertentu dalam mimpi. Itu sebabnya kenapa beberapa bagian dari proses mimpi bisa disamakan dengan menonton film.

4. Tapi kenapa kamu sulit mengingat mimpi setelah terbangun dari tidur?

painting-1077855_960_720
via pixabay.com

Itu karena dalam waktu lima menit setelah terbangun dari tidur, 50 persen dari mimpi kamu bakal terlupakan. Dan dalam waktu 10 menit, 90 persen mimpi kamu bakal lenyap.

“Jadi gimana dong kalau mimpinya asyik? Sayang kan kalau sampai kita lupa.”


Heheheh… begitu kamu bangun tidur, langsung ambil pulpen atau smartphone, terus catat pengalaman mimpi kamu! Ingat juga, jangan sampai orang lain lihat catatan mimpi kamu itu.

5. 19 hari, rekor waktu tanpa tidur terlama yang dipegang manusia

clock_work_800_450
via drafthouse.com

Lebih tepatnya adalah 18 hari, 21 jam, dan 40 menit. Setelahnya, si pemegang rekor mengalami kaburnya penglihatan, kesulitan berbicara, halusinasi, paranoia, dan penurunan daya memori serta konsentrasi.

Tapi itu bukan berarti kamu boleh nggak tidur selama 18 hari. Seseorang bisa meninggal jika nggak tidur selama 10 hari berturut-turut. Sementara orang bisa meninggal dalam waktu dua minggu jika ia kelaparan.

6. Menunda waktu tidur adalah keahlian yang cuma dipunyai manusia

pexels-photo-271845
via pexels.com

Maksudnya, di antara mamalia cuma manusia yang bisa menunda waktu tidur secara sadar dan atas dasar keinginan sendiri. Kemampuan ini memang berguna, sih. Nggak lucu juga kan kalau kita ketiduran pas lagi buang air… di toilet umum lagi.

7. Binatang apa yang paling banyak waktu tidurnya?

animal-koala-nature
via pexels.com

Jawabannya: koala. Mereka rata-rata tidur 22 jam dalam sehari. Sebaliknya, jerapah cuma perlu waktu tidur 1,9 jam sehari.

Hmm, jadi apa jerapah itu binatang yang paling produktif di antara semua binatang?

8. Cahaya dan suara bisa menurunkan kualitas tidur kamu…

people-2565169_960_720
via pixabay.com

Bahkan jika cahaya itu cenderung redup, seperti cahaya yang berasal dari layar televisi misalnya. Begitu pula dengan suara; segala macam suara keras, terutamanya suara yang muncul di saat satu dan dua jam pertama setelah kamu tertidur, bisa menurunkan kualitas tidur.

9. Kurang tidur bisa menyebabkan bencana

df82tm4btpozau1pqdq4
via gizmodo.com

Kamu tahu tentang bencana nuklir di Chernobyl, ‘kan? Kabarnya, penyebabnya disebabkan human error. Dan human error itu disebabkan oleh kurang tidur. Bencana tersebut bukan satu-satunya yang terjadi karena masalah waktu tidur, lho.

Oh ya, kurang tidur juga bisa jadi salah satu penyebab kita mengalami mimpi buruk. Penyebab lainnya adalah migraine dan kondisi jantung.

10. Kurang tidur pernah dijadikan metode penyiksaan

Waktu abad 19, seorang pedagang asal Tionghoa dapat hukuman mati karena telah membunuh istrinya. Yang bikin ngeri, cara atau metode hukuman yang dipilih adalah dengan melarangnya tidur. Pada hari kesembilan belas, terhukum akhirnya tumbang karena udah nggak tahan menerima penyiksaan tersebut.

Ya, ya, poin yang terakhir memang agak mengerikan. Tapi, pengetahuan kamu tentang tidur pasti udah bertambah kan setelah baca fakta-fakta di atas?  

Komentar:

Komentar