Plis Lupakan, 5 Hal tentang Pertolongan Pertama Ini Ternyata Cuma Mitos!

Ternyata yang selama ini beredar dan nancep di otak banyak yang salah!

Sejak kecil, para guru di sekolah dan orang tua udah banyak ngasih tau soal pertolongan pertama pas ada kecelakaan kan? Misal tata cara penanganan luka, mimisan, dan lain sebagainya yang sebagian besar udah nancep ilmunya di otak.

Tapi ternyata nggak semua cara yang selama ini kita kenal itu bener lho. Malah ada beberapa yang cuma mitos dan nggak valid. Dilansir dari Brightside, ini dia 5 kesalahan pertolongan pertama yang perlu kamu luruskan.

1. Mengoleskan minyak pada luka bakar

via brightside.me

Orang tua jaman dulu pasti nyuruh anaknya buat mengoleskan minyak saat ada luka bakar. Ternyata ini nggak bener. Minyak justru memperlambat penyembuhan luka bakar sendiri.

Dokter menyarankan untuk membasuh luka dengan air dingin selama 15-20 menit lalu mendiamkannya sampai kering. Cara ini lebih cepat membuat luka bakar cepat sembuh dengan tuntas.

2. Memindahkan korban kecelakaan ke pinggir jalan

via brightside.me

Ternyata penyebab kematian terbesar atau cedera berat lain pada korban kecelakaan adalah ketika dipindahkan dari tengah jalan ke pinggir jalan dengan alasan keamanan. Lebih baik langsung telpon ambulans dan biarkan tenaga medis yang melakukannya.

3. Meluruskan kaki yang patah

via brightside.me

Saat ada korban patah tulang, yang dilakukan pertamakali biasanya adalah mencari tongkat lalu meluruskan kaki dengan tongkat dan mengikatnya kencang. Yang terpenting adalah melumpuhkan dua sendi kaki, bukan sibuk meluruskannya karena akan membuat cedera lebih parah.

4. Memberikan obat sembarangan

via brightside.me

Ketika melihat orang yang pingsan atau lemas, obat adalah benda ajaib yang dipikirkan untuk menyadarkan korban. Padahal nggak semua obat cocok untuk setiap orang dan bahkan bisa berdampak pada alergi jika tidak cocok dengan obatnya. Jadi jangan sembarangan memberikan obat ya!

5. Alkohol sebagai anestesi

via brightside.me

Selama ini alkohol dianggap sebagai obat anestesi yang boleh diberikan saat ada orang yang luka. Rupanya alkohol sebagai anestesi itu cuma mitos. Alkohol bisa mencairkan darah dan menyebabkan keracunan jika diberikan dalam dosis yang asal.

 

Jadi jangan sembarangan memberi pertolongan pertama saat ada korban yang perlu ditolong ya. Lebih baik cari tahu ilmunya dulu, baru kemudian praktek. Karena ternyata nggak semua yang pernah didengar itu benar. Yuk, semangat cari tahu!

Komentar:

Komentar