Pelayan Hotel Juga Layak Diperlakukan Sebagai Manusia, Bro! Coba Baca 7 Curhatan Mereka Ini

Seperti apa curhatan mereka? Baca di sini

Memang sudah tugas mereka untuk membersihkan setiap kamar hotel, akan tetapi bukan berarti kita bisa berlaku seenaknya. Ingat, kalau kita ingin diperlakukan dengan baik, maka kita juga harus memperlakukan orang lain dengan baik juga. Dirangkum dari Mentalfloss, ada 7 curhatan mereka yang perlu kamu ketahui, sehingga ke depannya nanti kamu bisa lebih menghargai mereka. Apa saja itu?

1. Mereka selalu dikejar-kejar waktu

via Good Housekeeping

Meski setiap hotel memiliki kebijakan yang berbeda-beda mengenai seberapa lama mereka dapat membersihkan satu kamar, rata-rata mereka hanya diberi waktu sekitar 28-40 menit untuk membersihkan standard room dan untuk suite biasanya diberi waktu satu jam. Dalam sehari, mereka diberi jatah membersihkan sekitar 10-16 kamar. Ada hotel yang membebaskan mereka untuk memilih sendiri kamar yang ingin dibersihkan, ada juga yang hotel yang sudah menentukan daftar kamar yang harus dibersihkan.

Akan tetapi, karena waktu yang diberikan adalah waktu rata-rata, ketika mereka harus membersihkan kamar yang sangat berantakan, waktu yang disediakan oleh pihak hotel sangat kurang. Bahkan manajemen hotel terkadang memiliki ekspektasi yang tinggi, akan tetapi waktu yang disediakan kurang, sehingga terkadang mereka tidak sempat memvakum, menyikat bathub, dan membersihkan kolong tempat tidur.

2. Jangan khawatir kehilangan barang

via IFLMyLife

Pada beberapa hotel, apabila ada barangmu yang tertinggal kamu dapat langsung menelepon ke hotel yang bersangkutan karena pelayan hotel yang menemukan barang tamu yang tertinggal wajib melaporkan ke manajemen dan menunggu selama beberapa hari (biasanya 45-90 hari). Apabila setelah rentang waktu yang ditentukan tidak ada yang mengambil, maka pelayan tersebut dapat memiliki barang itu. Apabila pelayan tidak menginginkan barang tersebut, maka dia dapat mendonasikannya. Akan tetapi, pelayan tidak dapat berbuat apa-apa ketika supervisor mereka mengambil barang-barang yang bagus terlebih dahulu.

3. Maklumi ketika mereka menggunakan toilet di kamarmu

via VideoBlocks

Meski kebanyakan hotel melarang mereka untuk tidur atau menggunakan toilet di kamar hotelmu, ada beberapa pelayan yang melanggar aturan tersebut. Bukannya tanpa alasan, mereka terpaksa melakukan itu karena mereka tidak mempunyai cukup waktu untuk pergi ke toilet staf atau bisa jadi mereka terlalu sibuk dan kerjaan mereka terlalu banyak (lihat poin pertama), sehingga terpaksa beristirahat sejenak di tempat tidur kamarmu.

4. Mereka dapat menjumpai hal-hal yang menyeramkan!

via tmz.com

Kalau kamu sering lihat berita pembunuhan, kematian, atau overdosis di kamar hotel, kamu pasti langsung bisa memahami siapa yang pertama kali menemukan dan harus membersihkan kamar tersebut. Yup, pelayan hotel. Mulai dari darah, narkoba, muntahan, kotoran, sampai mayat bisa saja mereka jumpai. Meski mereka diberi tambahan waktu untuk membereskan itu, tetap saja, siapa sih yang mau dengan sukarela melakukan itu?

5. Mereka saling berkompetisi antar satu sama lain

via Worldation

Selain tekanan dari supervisor untuk membersihkan kamar dengan cepat, beberapa pelayan merasakan tekanan dan stres dari sesama rekan kerja, terutama rekan kerja senior. Karena biasanya akan ada pertengkaran siapa yang akan membersihkan kamar yang lebih mahalSelain biasanya mendapatkan tip yang cukup besar, biasanya barang yang ditinggalkan juga lebih baik jika dibandingkan dengan kamar biasa, sehingga apabila pemilik barang itu tidak mengambilnya, barang tersebut bisa menjadi milik mereka.

6. Jangan langsung menggunakan gelas atau peralatan makan yang ada di kamar tanpa mencucinya

via Huffington Post

Meski terlihat bersih, ada baiknya kalau kamu mencuci ulang gelas atau peralatan makan yang ada di kamarmu sebelum menggunakannya. Karena ada beberapa pelayan nakal yang hanya mengelap gelas tersebut dengan kain bekas membersihkan debu. Atau ada juga yang mencucinya dengan air panas dan sampo, bukan dengan cairan pencuci piring. Bahkan yang parah ada yang menggunakan pembersih mebel untuk membersihkannya. Yah, memang nggak semua, sih. Tapi nggak ada salahnya kan kamu berhati-hati.

7. Rentan dilecehkan oleh tamu

via NY Daily News

Salah satu bahaya yang dapat dialami oleh pelayan, terutama pelayan wanita, adalah pelecehan seksual. Contohnya pada gambar di atas, wanita berjaket hitam adalah pelayan hotel yang dilecehkan dan memperkarakan sang pelaku ke pengadilan. Banyak orang yang sengaja memanggil pelayan dan hanya mengenakan handuk atau celana dalam ketika mereka masuk kamar. Tidak hanya tamu, bahkan ada staf hotel juga yang melakukan pelecehan seksual terhadap pelayan wanita. Mulai dari sekedar menunjukkan, kontak fisik, sampai mengajak berhubungan badan. Serem…

Itu dia 7 hal yang biasa dialami oleh para pelayan hotel. Oleh karena itu, untuk menghargai mereka, nggak ada salahnya memberikan tip ketika kamu meninggalkan kamar. Kalau nggak ada uang lebih, setidaknya tinggalkan kamar dalam keadaan rapi supaya meringankan pekerjaan mereka. Apa sudah ada yang seperti itu?

Komentar:

Komentar