Menguak Fakta ‘Pribumi’ di Indonesia, Seperti Apakah Kaum Pribumi di Indonesia?

Bagaimana hasil dari pembeberan fakta tersebut? Baca di sini

:

Pribumi. Akhir-akhir ini Indonesia dipanaskan dengan terminologi satu ini. Nah, yang dibahas di sini bukan siapa yang berkata seperti itu, reaksi atas terminologi itu, atau pun gugatan hukum yang dilayangkan oleh organisasi tertentu. Melainkan mengkaji terminologi pribumi, asal-usulnya, dan fakta yang berkaitan dengan pribumi di Indonesia.

Sebelum membahas lebih lanjut, kita harus terlebih dahulu sepakat mengenai definisi dari pribumi itu sendiri. Apakah mengikuti definisi pribumi dari KBBI yang berarti penghuni asli yang berasal dari tempat yang bersangkutan atau definisi lain yang menyebut orang yang telah mendiami suatu tempat selama beberapa generasi?

via republika.co.id

Sedangkan Indonesia sendiri, kalau kamu perhatikan, memiliki beragam jenis manusia dengan karakteristik yang berbeda-beda dari ujung Sabang sampai Merauke. Menurut Profesor Herawati dari Eijkman Institute, perbedaan fisik ini disebabkan karena pencampuran genetik yang terjadi di tubuh manusia akibat gelombang migrasi.

Pada 60.000 tahun lalu, bentuk Bumi masih menyatu, dimana Sumatera, Jawa, dan Kalimantan masih menjadi satu dataran yang disebut Sundaland, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Maluku menjadi Wallacea, dan Papua menjadi satu dataran dengan Australia. Lansekap Bumi yang seperti itu memudahkan orang Afrika untuk bermigrasi menuju berbagai daerah lain.

Sekitar 30.000 tahun, terjadi gelombang migrasi kedua yang didominasi oleh orang Austro-asiatik yang berasal dari Vietnam dan Yunan. Sedangkan sekitar 6.000-5.000 tahun yang lalu, terjadi gelombang migrasi ketiga yang didominasi oleh orang dari Formosa atau Taiwan.

via hurriyetdailynews.com

Tidak cukup sampai di situ, karena letak Indonesia yang strategis sebagai pusat perdagangan dunia, diapit oleh Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, sehingga memungkinkan percampuran genetik yang lebih banyak. Jadi menurut Herawati, ketika DNA orang Indonesia dites, kemungkinan akan mengandung gen China, India, dan Eropa.

Profesor yang juga Anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) itu menambahkan, tidak ada gen dominan mulai dari ujung barat sampai ujung timur. Sedangkan di ujung utara, genetika Austro-asiatik lebih banyak. Semakin ke timur, gen campurannya juga akan semakin banyak.


via kisahasalusul.blogspot.com

Perbedaan fisik yang dimiliki oleh orang Indonesia, sesuai dengan teori Wallace atau Darwin, disebabkan oleh evolusi yang dihasilkan karena adaptasi dan seleksi selama perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain.

Nah, dari penjabaran di atas, menurut kamu apa masih ada kaum pribumi di Indonesia?

Komentar:

Komentar