Mahasiswa dan Lansia Itu Sama Aja Lho Kalau Diperhatikan, 4 Ilustrasi Lucu Ini Nunjukkin Alasannya


Mungkin membaca judul artikel ini bikin kamu bingung. “Mahasiswa dan orang tua itu kan umurnya terpaut jauh, apanya yang sama dari mereka?” Eits, tunggu dulu. Coba pikir-pikir lagi deh, pasti ada beberapa persamaan antara mahasiswa dan orang tua (orang yang udah tua atau lansia yah, bukan orangtua dalam artian ayah dan ibu).

Gimana? Kalau kamu belum nemuin hal yang serupa di antara mereka, ilustrasi buatan Ian Higginbotham ini mungkin bisa membantu kamu.

1. Begadang dan Waktu Tidur yang Nggak Berpola

college-students-like-old-people-ian-higginbotham-2-58f7072135602__700

Ngaku deh kamu para mahasiswa (atau yang pernah jadi mahasiswa), pasti ada dari kamu yang suka begadang, kan? Mau itu karena banyak tugas, ngumpul sama teman-teman, atau emang lagi pengen aja, pasti selalu ada alasan untuk tidur larut. Beberapa orang yang rajin begadang bahkan baru memejamkan matanya saat orang lain udah pada bangun, hehehe.

Dan bukan mahasiswa aja yang suka punya kebiasaan tidur kaya gini, sebagian lansia juga suka, lho. Tapi tentu alasan mereka berbeda dari mahasiswa. Kamu bakal sulit menemukan lansia yang begadang gara-gara main game semalaman.

2. Kehilangan Teman yang Berarti dalam Hidup

college-students-like-old-people-ian-higginbotham-6-58f7072a15802__700

Menurut saya, poin ini nggak terbatas pada kehilangan teman yang lebih tua aja, tapi bisa berlaku pada teman yang seumuran juga.

Dan hal ini paling bisa dirasain sama mahasiswa yang telat… uhmm, tertunda kelulusannya. Teman baik kita udah pakai toga dan siap diwisuda, kita masih dibuat bingung milih judul skripsi. Dan yang paling nggak enak dari situasi ini, mungkin aja kita nggak akan pernah ketemu lagi sama teman kita itu. Begitu lulus kuliah, kita udah dihadapkan pada sibuknya dunia kerja (atau kesibukan mencari kerja).

Situasi ini sama kan dengan yang dirasakan para lansia? Tahun demi tahun yang mereka lalui, mereka harus melihat orang-orang terkasih memasuki liang lahat, pergi mendahului mereka karena usia yang sudah uzur.

Mahasiswa dan lansia pasti sama-sama merasakan momen kehilangan. Satu perbedaannya: mahasiswa merasa senang melihat temannya lulus dengan bahagia; para orang tua pasti merasa sedih melihat kepergian teman baik.

3. Obrolan tentang Politik

college-students-like-old-people-ian-higginbotham-3-58f707242020c__700

Hahaha, pernah nggak kamu ketemu sama orang tua yang baru kamu kenal dan tiba-tiba dia bicara soal pandangan politiknya? Yup, di setiap negara, kayanya para orang tua memang kritis terhadap kebijakan-kebijakan politik yang terasa nggak sreg dalam pandangan mereka. “Euh, kenapa harga sembako mesti terus-terusan naik!?” contohnya, dan obrolan macam ini masih bisa terus berlanjut kalau orang tua udah memulainya.

Begitu pula mahasiswa yang memang peduli sama keadaan politik. Mereka sama-sama ngotot dan bawel kalau udah bicara tentang dunia perpolitikan. Tapi jangan salah, ini adalah suatu hal yang bagus!

4. “Enaknya Saya Ngapain Ya Hari Ini?”

college-students-like-old-people-ian-higginbotham-7-58f7072c13850__700

Di masa kuliah, apa kamu sering merasa bingung mau melakukan apa untuk mengisi waktu luang saat hari libur atau ketika jadwal kelas lagi kosong? Apa akhirnya kamu mensiasatinya dengan melakukan aktivitas yang nggak produktif? Heheh, nggak usah khawatir. Hal kaya gini emang nggak terpisahkan dari kehidupan mahasiswa, dan para lansia yang udah pensiun.

Hmm… kira-kira apa lagi ya persamaannya selain yang empat ini, kamu tahu nggak?

Sumber: Boredpanda.com

Komentar:

Komentar