Selain Manis dan Segar, 8 Fakta Ini Membuktikan Kalau Stroberi Punya Banyak Manfaatnya!

Apa saja ya kira-kira faktanya?

Stroberi adalah salah satu buah yang mudah dijumpai meski hanya dapat ditanam pada musim tertentu. Rasanya yang manis, kadang ada yang asam, memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya. Tapi, tahukah kamu kalau stroberi ini mempunyai segudang manfaat? Manfaatnya nggak hanya untuk organ luar, tapi juga organ dalam tubuh karena dapat mencegah penyakit-penyakit kronis seperti diabetes, sakit jantung, atau stroke. Keren, kan?

Tapi, selain itu, ternyata ada fakta-fakta unik lainnya dari buah yang lezat ini, lho. Berikut adalah daftarnya:

1. Bukan hanya sekadar buah

via pexels.com

Buah ini memang lezat dan bisa dijadikan berbagai jenis hidangan mulai dari berbagai jenis dessert hingga sambal sekalipun. Tapi buah ini juga memang bukan sekadar buah karena selain mengandung serat, kalium, folat dan antioksidan, buah satu ini juga mengandung beberapa senyawa bioaktif, biasa disebut flavonoid, yang dapat membantu melindungimu dari penyakit kronis. Selain itu, kandungan vitamin C pada satu porsi (delapan buah) stroberi dapat memenuhi 160% kebutuhan tubuh akan vitamin C dalam sehari. Bukan itu aja, satu porsi itu juga hanya mengandung 50 kalori dan rendah gula. Jadi bisa kamu makan sebanyak apa pun tanpa takut kenapa-kenapa.

2. Baik untuk jantung

via pexels.com

Stroberi dipercaya mampu mengurangi kolesterol LDL, peradangan dan tekanan darah sehingga dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung atau stroke. Bahkan ada kasus seorang wanita paruh baya yang dilaporkan mampu mengurangi resiko terkena serangan jantung sebanyak 30% karena setidaknya memakan 3 porsi dalam seminggu. Para peneliti percaya hal itu disebabkan oleh kombinasi antara vitamin C, folat, serat, dan kalium and flavonoids.

3. Kaya akan serat

via pexels.com

Tahukah kamu, stroberi adalah salah satunya buah yang memiliki biji di luar. Yup, biji yang ada di permukaan stroberi adalah bijinya. Setiap bijinya rata-rata mengandung sampai 200 biji. Hal ini yang menyebabkan stroberi merupakan salah satu buah yang kaya akan serat.

4. Dapat mengecilkan ukuran pinggang

via pexels.com

Hasil penelitian dari Harvard menunjukkan bahwa mereka yang sering mengkonsumsi makanan yang kaya akan flavonoid tidak akan gampang mengalami kenaikan berat badan dari tahun ke tahun dan mempunyai ukuran pinggang yang lebih ramping. Buah yang rendah kalori dan kaya akan serat ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang ingin lebih ramping tanpa minum obat, susu, atau suplemen pengurus badan.

5. Dapat digunakan untuk apa saja

via pexels.com

Kamu bisa memanfaatkan stroberi untuk apa saja. Mau dijadikan Strawberry shortcake? Topping es krim? Topping pancake? Bisa semua. Bahkan kamu juga bisa mencelupkannya ke dalam cokelat cair, dicampur dengan salad, sebagai isian sandwich, sampai dijadikan smoothies. Wah, kok jadi laper, ya.

6. Menurunkan gula darah

via pexels.com

Salah satu penyebab diabetes adalah kurangnya insulin, dan buah satu ini dapat membantu mengurangi risiko bertambahnya resistensi insulin. Selain itu, menurut penelitian, kalau kamu memakan stroberi sebelum memakan makanan yang kaya akan gula, hal ini dapat mengurangi respon gula darah pada makanan.

7. Membantu otak tetap tajam

via pexels.com

Stroberi yang kaya akan antioksidan dapat membuat otak tetap fit meski tiap tahun usiamu bertambah. Hal ini disebabkan oleh flavonoid pada buah yang dapat membantu mencegah hilang ingatan dan dapat mengurangi risiko menurunnya daya ingat.

8. Simpan dengan daunnya

Ketika kamu membeli stroberi, pastikan terlebih dahulu berapa buah yang ingin kamu makan sebelum mencuci dan membuang daunnya. Hal ini disebabkan karena mencuci stroberi dan membuang daunnya akan mengurangi tingkat kesegaran saat kamu simpan di dalam kulkas. Oh iya, jangan lupa buang dulu yang berjamur ya sebelum menyimpannya.

Nah, setelah membaca fakta-fakta di atas, jadi pengen nyemil stroberi, kan? 

15 Shares

Komentar:

Komentar