7 Fakta Soal Jepang Ini Bikin Kamu Bersyukur Hidup di Indonesia

Kamu wajib tahu nih!

Jepang dikenal sebagai salah satu negara maju di dunia. Meski begitu, penduduk setempat masih menjunjung tinggi budaya peninggalan leluhur mereka.

Bagi masyarakat Indonesia, Jepang menjadi menarik karena berbagai hal. Mulai dari destinasi wisata yang begitu cantik, pilihan untuk melanjutkan sekolah tinggi di luar negeri, hingga beragam manga dan anime dengan cerita unik.

Tapi, ternyata nggak semua yang ada di Jepang terlihat bagus, lho. Ada beberapa hal di Jepang yang akan membuatmu bersyukur hidup di Indonesia. Seperti 7 fakta Jepang berikut ini.

1. Masyarakat Jepang menyembunyikan stres dengan tersenyum

jp1
via twimg.com

Jika pernah mengunjungi Jepang, kamu pasti tahu betul bahwa masyarakat setempat selalu terlihat senang karena tersenyum. Sejak kecil mereka telah diajarkan untuk selalu tersenyum di tempat umum. Di sisi lain, tingkat bunuh diri di Jepang cukup tinggi. Berbanding terbalik, bukan?

2. Sulit untuk tak menjadi workaholic di Jepang

jp2
via wsj.net

Di Indonesia, kamu bisa mengajukan resign dengan mudah ketika merasa tak nyaman di tempat kerja. Tapi, hal ini nggak berlaku di Jepang. Bahkan, masyarakat setempat akan merasa malu jika pulang terlebih dahulu sebelum teman kantornya pulang. Akibatnya muncul istilah khusus yang menunjukkan kematian karena terlalu banyak bekerja, yakni karoshi.

3. Orang mabuk parah bisa ditemukan dimana-mana

jp3
via dailymail.co.uk

Hampir setiap toko dan tempat makan di Jepang menjual minuman beralkohol. Padahal, masyarakat Jepang sebenarnya tak terlalu tahan terhadap alkohol. Oleh karena itu, kamu bisa menemui orang-orang yang tertidur di trotoar atau kereta karena mabuk.

- Advertisement -

4. Tak ada nama jalan, hanya nomor

jp4
via droneandslr.com

Untuk menemukan sebuah lokasi, nama jalan tentu sangat penting. Tapi, Jepang tak punya nama jalan, mereka menggambarkan lokasi dengan prefektur, kota, distrik, bagian, rumah, dan apartemen. Setiap jalan akan diindeks secara acak, sehingga nggak gampang buat orang baru menemukan sebuah tempat.

5. Hikikomori

jp5
via dannychoo.com

Hikikomori adalah sebutan yang berarti seseorang tak menginginkan kehidupan sosial dan lebih memilih pengasingan total. Terdapat 7 persen populasi pria yang memilih hikikomori, tak cuma setahun, dua tahun, tapi hingga puluhan tahun.

6. Gentlemen first

Japan Whaling
via dailymail.co.uk

Hampir diseluruh dunia kita mengenal Ladies first. Tapi, Jepang akan menyambut dan melayani para pria terlebih dahulu. Salah satunya adalah di restoran, dimana para pria akan mendapatkan pesanannya terlebih dahulu dibanding wanita.

7. Etika makan yang mengikat

jp7
via didyouknow.it

Makan memang ada etikanya, tapi Jepang punya beberapa aturan soal makan yang bisa membuatmu berpikir dua kali untuk makan di depan umum. Seperti tak boleh memindahkan piring, menyisakan makanan yang telah digigit, menuangkan makanan, serta mengatakan “oishii” alias enak beberapa kali saat makan.

Kamu pasti baru tahu kan soal 7 fakta Jepang di atas? Nah, sekarang masihkah kamu ingin tinggal di Jepang?

- Advertisement -
Shares 3

Komentar:

Komentar