Nggak Nyangka, Seperti Ini Nih Bentuk Awal Dari 10 Penemuan & Momen Bersejarah Ini

Udah tahu seperti apa produk Apple pertama?

Dulu, waktu teknologi masih belum berkembang seperti sekarang, beberapa kegiatan seperti menelepon, mengambil foto, dan mengetik naskah, masih termasuk kegiatan yang merepotkan dan menyita banyak waktu. Pokoknya beda banget sama yang kamu rasakan sekarang.

Meskipun sekarang kita dikelilingi dengan berbagai teknologi dan ilmu pengetahuan yang udah maju, tapi gak ada salahnya kalau kita mundur lagi dan menyimak beberapa kisah penemuan dan peristiwa luar biasa yang pertama kali terjadi dalam sejarah manusia. Dilansir dari Brainberries, yuk kita cek daftarnya!

1. Produk Apple pertama

via brainberries.co
via brainberries.co

Apple sekarang udah termasuk perusahaan terkenal dengan teknologinya yang mutakhir. Ngeliat produk-produk Apple sama aja kayak ngeliat barang mewah. Tapi coba liat produk Apple pertama yang dirilis ke pasaran pada tahun 1976. Yup, itu adalah komputer desktop bernama Apple-1.

Komputer inilah yang membantu Steve Jobs menjalin kerja sama dengan perusahaan retail komputer Byte Shop, menjadikannya komputer desktop pertama yang dijual ke publik. Apple-1 diciptakan oleh Steve Wozniak, dan dibanderol dengan harga Rp9 juta.

2. Telepon seluler pertama

via brainberries.co1
via brainberries.co

Ngerasa ponsel yang kamu punya kegedean? Liat deh telepon seluler pertama yang berbobot lebih dari satu kilogram ini. Penciptanya adalah Martin Cooper, seorang insinyur yang bekerja untuk perusahaan Motorola. Ada cerita lucu dibalik penemuan telepon seluler ini: setelah menyelesaikannya, Cooper langsung mengejek perusahaan saingannya melalui panggilan dari ponsel itu.

Ponsel yang diciptakan pada tahun 1973 ini cuma bisa bekerja sampai 30 menit, sedangkan untuk mengisi ulang tenaganya, dibutuhkan waktu sampai 10 jam.

3. Foto berwarna pertama

via en.wikipedia.org
via en.wikipedia.org

Sekarang, gak sampai dua detik kamu bisa ambil foto berwarna dengan gadget kamu. Tetapi zaman dulu butuh waktu dan usaha ekstra buat menghasilkan foto berwarna. Film foto berwarna memang pertama kali diperkenalkan oleh Kodak pada 1935, tapi puluhan tahun sebelumnya sudah ada fotografer yang berhasil menghasilkan foto berwarna, lho.

Adalah James Clerk Maxwell dan Thomas Sutton yang mengambil foto pita tartan Skotlandia pada tahun 1861 dengan memotretnya melalui tiga filter berbeda: hijau, merah, dan biru. Mereka kemudian menumpang-tindihkan tiga jepretan itu, dan jadilah foto berwarna pertama di dunia.

4. Foto selfie pertama

via commons.wikimedia.org
via commons.wikimedia.org

Gak cuma orang-orang zaman modern yang suka melakukan selfie. Meskipun kata “selfie” sendiri baru ditemukan 16 tahun lalu, foto selfie ternyata sudah ada sejak tahun 1839. Orang yang melakukan selfie pertama kali adalah seorang ahli kimia sekaligus fotografer bernama Robert Cornelius. Untuk menghasilkan foto di atas, Robert mesti diam mempertahankan posenya selama semenit.

5. Foto petir pertama

via hyperallergiccom
via hyperallergic.com

Waktu orang-orang pertama kali mengenal dan mengetahui bagaimana cara menggunakan kamera, mereka mulai mulai mencari objek menarik untuk difoto, gak terkecuali fenomena alam seperti petir.

Fotografer William Jennings ingin mencari tahu apakah petir benar-benar berbentuk zig-zag. Dia mengambil foto bersejarah tersebut pada tahun 1882.

6. Kertas toilet abad ke-6

forbescom
via forbes.com

Kertas toilet pertama kali digunakan masyarakat barat sekitar tahun 1857. Sebelumnya, mereka masih menggunakan benda lain seperti kertas bekas, kain, bahkan tangan mereka sendiri untuk bersih-bersih. Hal yang berbeda terjadi di daerah Timur di mana kertas toilet pertama kali disebutkan dalam teks kuno Tiongkok sekitar abad ke-6.

7. Wanita di dalam tong

via mashablecom1
via mashable.com

Siapa sangka orang pertama yang berhasil terjun dari Niagara adalah seorang wanita? Annie Edson Taylor, petualang abad ke-19, ingin menarik perhatian publik dan mendapatkan sejumlah uang dengan melakukan aksi ekstrem tersebut.

Dia masuk ke tong khusus dengan bantalan dan timbangan timah di dalamnya, dan melaju menuruni air terjun. Meskipun wanita 63 tahun itu selamat, dia tidak terlalu mendapatkan banyak uang dari aksi nekatnya.

8. Pengendara motor wanita pertama

via redditcom
via reddit.com

Zaman sekarang, wanita mengendarai motor bukan lagi hal yang mengejutkan. Tapi pada tahun 1937 belum ada lho wanita yang melakukan hal itu selain Sally Halterman. Impian Halterman cuma satu: mengendarai sepeda motor. Jadi, dia berusaha keras untuk mendapatkan SIM.

Halterman harus lulus ujian tertulis dua kali, bahkan untuk ikut ujian pun dia mesti menyewa seorang pengacara. Meskipun dipersulit –sebab waktu itu wanita belum diperbolehkan mengendarai motor– akhirnya Halterman berhasil mendapat lisensinya meski dianggap ‘terlalu kecil’ dan ‘terlalu muda’ untuk seorang menjadi seorang biker.

9. Mesin penjual otomatis pertama

12-most-incredible-firsts-in-human-history4
via brainberries.co

Hero of Alexandria, seorang insinyur Yunani yang terkenal, adalah pencipta dari sejumlah perangkat mutakhir sekitar abad pertama masehi. Dia bertekad menciptakan semua jenis mekanisme otomatis, jadi gak mengherankan kalau dia menemukan versi kuno dari vending machine atau mesin penjual otomatis.

Dengan menggunakan sistem pengungkit yang diaktifkan oleh koin, mesin tersebut menyebarkan air suci ke kuil-kuil di Yunani. Tapi ternyata beberapa orang lebih serakah dan ingin mendapatkan air suci lebih banyak daripada yang lain, jadi sang insinyur memutuskan untuk mengendalikan prosesnya.

10. Restoran McDonald pertama

via dailymail.co.uk
via dailymail.co.uk

Restoran McDonald’s yang pertama dibuka pada tahun 1948 dan menjual makanan barbekyu pada awalnya. Pendirinya, Richard dan Maurice McDonald, segera mengubah menu dan mulai menjual Cola, French Fries, jus jeruk, keripik kentang, dan hamburger. Mereka tidak menggunakan logo McDonald’s melengkung yang terkenal sampai tahun 1953.

Nah itu tadi beberapa momen dan penemuan pertama yang tercatat dalam sejarah. Melihat hal-hal yang terjadi pertama kalinya menurut saya menarik, seperti melihat sisi lain dari sesuatu yang sudah kita ketahui, hehe.

13 Shares

Komentar:

Komentar