Dedikasi Fotografer Yang Selama 14 Tahun Lamanya Memotret Pohon Tua Di Seluruh Penjuru Dunia


Seorang Fotografer yang berasal dari San Francisco selama ini memang sangat luar biasa, bagaimana tidak dalam kurun waktu 14 tahun lamanya ia mendedikasikan hidupnya dengan cara berkeliling dunia untuk memotret pohon tua dengan usia yang mencapai ratusan hingga ribuan tahun dan kemudian mengoleksi foto-fotonya.

Sebuah misi yang memang cukup unik karena dia telah berkomitmen untuk mengabadikan keberadaaan pohon-pohon yang termasuk kategori tertua dan juga terbesar yang pernah ada di permukaan bumi. Beth Moon menamakan ini sebagai ‘Portrait of Time’.

Di dalam foto, Beth Moon merupakan fotografer yang setia dengan teknik klasik, fotografi kamar gelap. Disamping itu foto-foto yang dihasilkannya termasuk dramatis karena bernuansa black and white atau hitam putih. Dengan memilih setingan warna hitam putih, tentu sebuah foto akan menjadi lebih menonjol dalam bentuk dan tekstur atau pola foto tersebut, tanpa terdistraksi dengan warna-warna.

Beth Moon telah memulainya sekitar hampir 15 tahun yang lalu, waktu itu dia memutuskan untuk berkeliling dunia dan memotret setiap pohon raksasa. Beth memiliki kriteria tersendiri untuk setiap foto yang akan dia potret, antara lain dalam hal ukuran pohon tersebut, umur, maupun nilai historis dari pohon tersebut yang akan dia telusuri terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memotret pohon itu.

Tentu ini bukanlah hal yang mudah menurut Beth Moon untuk bisa menemukan apalagi langsung memotret pohon yang sesuai dengan kriterianya, misi ini telah membawa Beth Moon hingga ke berbagai belahan dunia, mulai dari Amerika Serikat, Asia, Timur Tengah, bahkan hingga ke Afrika.

Jika dicermati lebih detail kamu akan tahu bahwa tidak hanya sekedar nilai estetika sebuah foto yang Beth Moon tonjolkan, namun juga sebuah pemahaman bahwa manusia seharusnya mulai melihat alam sekitar yang ada di sekelilingnya, karena manusia akan selalu hidup berdampingan dengan alam serta pepohonan.

Hasil dari foto-foto Beth Moon bisa didapatkan dalam bentuk bukunya yang diluncurkan berjudul “Ancient Trees : Portraits in Time” atau kamu juga bisa mengunjungi website pribadi milik Beth Moon untuk melihat karya-karya menakjubkan lainnya.

Berikut ini Selipan akan membagikan beberapa gambar terbaik dari Beth Moon, monggo dilihat..

1. Bentuknya seperti payung

 

pohon1

2. Batangnya super gede

 

pohon2

3. Yang ini seperti jamur

 

pohon3

4. Bentuknya malah kayak alien ya?

 

pohon4

5. Batangnya berbentuk botol raksasa

 

pohon5

Komentar:

Komentar