Coba Lihat Bedanya Sayur dan Buah yang Dulu dengan Sekarang! Gimana Menurutmu?

Apa saja itu? Lihat di sini

:

Meski sampai saat ini rekayasa genetika makanan (genetically modified food – GMO) masih menjadi perdebatan yang panas di kalangan peneliti dan masyarakat umum, tahukah kamu kalau ternyata buah dan sayur yang selama ini kita konsumsi telah mengalami rekayasa genetika? Baik secara bentuk, maupun secara rasa.

Hanya saja rekayasa genetika yang dilakukan oleh leluhur kita nggak dilakukan secara ilmiah, tapi dengan cara cross-breeding atau perkembangbiakan silang yang membutuhkan waktu cukup lama. Buah dan sayur tersebut antara lain ada pisang, semangka, terong, wortel, dan jagung.

Seperti apa ya penampakan mereka jaman dulu? Seperti yang dilansir dari SpicyLife, ini dia daftarnya.

Pisang

via spicylife.net

Pisang pertama kali ditemukan di Papua Nugini sekitar 7000 tahun yang lalu. Seiring berjalannya waktu, para leluhur kita melakukan cross-breeding antara dua pisang liar yang berbeda jenis, yaitu Musa acuminata and Musa balbisiana. Berkat persilangan tersebut, lahirlah pisang yang seperti kita ketahui saat ini.

Semangka

via spicylife.net

Siapa yang menyangka kalau rupa semangka ternyata tidak secantik seperti yang ada saat ini. Berdasarkan lukisan dari Giovanni pada abad ke 17, semangka pada saat itu memiliki biji yang melimpah dan daging yang tidak terlalu banyak. Coba bandingkan dengan kondisi semangka saat ini yang memiliki daging yang banyak, berair, dan bahkan bisa tanpa biji.

Terong

via spicylife.net

Siapa yang demen sambal terong? Kalau kamu bikin sambal terong dari terong yang masih keras dan berwarna seperti jeruk nipis ini, kira-kira masi doyan? Dulunya, terong pertama kali dibudidayakan oleh petani asal Tiongkok. Terong yang berwarna kuning kehijauan ini lambat laun berubah warna dan teksturnya pun lebih lembut apabila dibandingkan dengan yang lama.

Wortel

via spicylife.net

Selama ini kita tahunya wortel itu dagingnya tebal dan berwarna jingga cerah. Namun, siapa yang menyangka kalau dulu wortel yang berasal dari dataran Asia pada abad ke-10 ini memiliki warna ungu atau putih dan memiliki akar yang bercabang.


Jagung

via spicylife.net

Sering makan jagung, kan? Apalagi kalau dibakar atau dijadikan jagung rebus, hmm… Yummy! Tahukah kamu kalau dulu bentuk jagung itu kecil banget, kurus, dan kering seperti kentang. Cara makannya dulu kayak gimana, ya? Jagung pertama kali dibudidayakan pada 7000 tahun SM, dan mulai mengalami perubahan bentuk ketika banyak bangsa Eropa yang mulai mendiami Amerika pada abad ke-15.

Nah, itu dia penampakan before-after buah dan sayur yang umum kita temui sekarang. BTW, kamu nggak penasaran pingin nyicip rasanya buah dan sayur jaman dulu, nih?

Komentar:

Komentar