Bingung Mau Mandi Air Hangat Atau Dingin? Kenali Dulu Manfaatnya


Baik sebelum mengawali aktifitas sehari-hari ataupun mengakhirinya, hampir semua orang membutuhkan mandi terlebih dahulu. Mandi sangatlah penting untuk menjaga kebersihan diri dari kuman ataupun debu-debu yang menempel. Berbicara masalah mandi, ada orang yang lebih menyukai mandi dengan air hangat ada juga dengan air dingin. Tapi tahukah kamu bahwa mandi dengan air hangat dan air dingin itu ternyata memiliki manfaatnya masing-masing.

  • Mandi Air Dingin

Banyak orang bilang mandi air dingin itu lebih segar dan memang di pagi hari, mandi air hangat sangat dianjurkan. Cukup 5 menit, sensasi segar dari air dingin pasti akan membuatmu bangun dan sadar sepenuhnya. Mandi air dingin langsung dari air pegunungan (atau setidaknya air dengan suhu 20 derajat) sangat disarankan karena bisa mengurangi tingkat depresi.

Bagi kaum wanita yang ingin mendapatkan kulit yang lembut dan segar, mandi air dingin sangat dianjurkan. Rambut juga akan terasa lebih lembut dan tidak kering, berbeda jika mandi dengan air panas yang cenderung membuat kulit dan rambut kering.

  • Mandi Air Hangat

Mandi air hangat banyak dipilih karena jika cuaca sedang dingin, air hangat setidaknya tidak membuat badan menggigil kedinginan. Selain manfaat tadi, mandi air hangat juga bisa merelaksasi otot-otot yang kaku apalagi jika mandi melalui shower, air yang keluar dari shower akan seperti pijatan yang merilekskan tubuh. Sedang stress dan cemas berlebihan? Cobalah mandi air hangat karena dipercaya mampu meningkatkan level oksitosin yang bisa meredakan rasa cemas.

Jika kamu sedang demam dan flu, mandi air hangat sangat dianjurkan karena bisa menjadi dekongestan alami tubuh yang mampu meredakan gejala flu dengan melembabkan saluran pernapasan dan mengembalikan suhu normal tubuh.

91 Shares

Komentar:

Komentar