Baru Tahu! 5 Kecanggihan Teknologi Ini Ternyata Udah Ada Sejak Perang Dunia!


:

Perang dunia memang menyisakan luka yang mendalam bagi kita semua. Tapi siapa yang menyangka jika perang-perang tersebut justru memantik teknologi untuk berkembang sepesat sekarang. Cikal bakal teknologi maju rupanya berasal dari adanya perang ini.

Kamu pasti nggak percaya kalau 5 teknologi kekinian ini udah dikembangkan sejak perang dunia. Apa aja sih?

1. Drone

mq-9_reaper_in_flight_2007-640×457

Kejutan! Ternyata ide membuat drone udah tercetus sejak tahun 1916 lho. Pada saat itu Angkatan Laut Amerika menciptakan prototipe pesawat bom nirawak namun belum terlalu sempurna. Kemudian pada tahun 1973 seorang ilmuwan mengembangkan prototipe tersebut hingga hasilnya terus dikembangkan menjadi drone canggih seperti saat ini.

2. Microwive

microwave_oven_flashon-640×354

Asal mula kicrowive juga ada sejak jaman Perang Dunia II. Saat itu Percy Spencer, seorang ilmuwan sedang mengerjakan proyek radio yang dipergunakan untuk perang. Saat merakit radio tersebut dengan gelombang elektromagnetik, cokelat miliknya meleleh tanpa sengaja. Kejadian inilah yang mengawali penemuan micriwive hingga saat ini.

3. Kacamata hitam

raybanaviator-640×375


Kacamata hitam lebih banyak digunakan untuk style dan gaya saat ini. Namun ternyata kacamata hitam sudah ditemuksan sejak awal perang lho. Pada tahun 1936 sebuah perusahaan menciptakan kacamata penghalau panas untuk para pilot yang ikut perang. Dan sejak saat itulah kacamata hitam mulai berkembang dan hits sampai sekarang.

4. Internet

inetcirca85-640×498

Berterimakasih-lah pada orang-orang perang jaman dulu, karena berkat mereka kita bisa menikmati akses internet sampai saat ini. J. C R. Licklider mengajukan gagasan bernama “Intergalactic Computing Network,”, sejenis jaringan informasi untuk keperluan perang. Dan rupanya gagasan soal teknologi informasi ini terus berkembang menjadi internet yang dipuja sekarang.

5. Virtual Reality

vr-helm-640×417

Virtual reality yang canggih ternyata juga udah ditemukan sejak jaman perang. Pada saat itu DARPA mulai mengembangkan sebuah alat yang ditujukan untuk para prajurit perang supaya familiar dengan medannya. Sebuah kamera diletakkan dalam mobil untuk mengambil gambar, lalu gambar tersebut dibuat menjadi 2 dimensi. Meskipun belum secanggih sekarang, namun penemuan inilah yang membuat virtual reality senyata sekarang lho!

 

 

sumber: boombastis

Komentar:

Komentar