Apakah Kutu Busuk Punya Warna Favorit? Penelitian ini Mungkin Bisa Menjawabnya

Mau tahu jawabannya?

Siapa sih yang nggak sebal ketika kita bangun tidur dengan bentol merah di badan yang bikin gatal? Kutu busuk emang ngeselin banget, padahal kita ingin beristirahat dengan tenang, tapi tiba-tiba mereka mengganggu ketenangan itu dengan menggigit dan menyedot darah kita. Dasar busuk! Tapi lebih sebal sama dia yang meninggalkan kita pas lagi sayang-sayangnya, sih. Apasih, curhat mulu nih orang.

via Lancaster Eagle-Gazette

Emang udah banyak racun atau alat-alat lain yang dipercaya bisa menumpas si kutu busuk ini. Akan tetapi bagaimana kalau kita bisa mencegah mereka datang lagi di tempat-tempat yang tidak kita duga? Nah, para peneliti dari University of Florida mempublikasikan penelitian mereka ke Journal of Medical Entomology tentang preferensi warna kutu busuk.

Seperti yang dilansir dari Mentalfloss, mereka meletakkan berbagai tenda kecil dari kertas dengan warna yang berbeda pada sebuah cawan petri dan melihat apakah mereka mempunyai warna favorit. Satu cawan bisa terdiri dari dua sampai tujuh pilihan warna dan warna-warna yang dites adalah hitam, hijau, merah, jingga, ungu, sian, biru, putih, dan kuning

via McNeill et al., Journal of Medical Entomology (2015)

Percobaan ini telah diulangi sebanyak 40 kali dengan sampel kutu busuk yang diambil adalah jantan dan betina dari berbagai tahap kehidupan dengan dua kondisi, yaitu kutu busuk yang barusan diberi makan dan kutu busuk yang dibiarkan ‘haus akan darah’ selama beberapa minggu.

Lantas, gimana hasil dari penelitian ini?

Editor’s Pick

Jadi meski preferensi mereka sedikit berbeda, tetapi secara umum para kutu tersebut ternyata tidak begitu menyukai warna kuning dan hijau dan lebih menyukai warna-warna gelap seperti merah, biru, atau hitam. Bahkan beda gender juga beda preferensi, lho. Kutu betina lebih suka warna ungu, sedangkan yang jantan lebih suka merah atau hitam. Nah, untuk tempat bertelur, kutu tersebut lebih memilih warna biru, merah, dan hitam.

via DeadPestZ

Namun perlu kamu ingat bahwa hasil dari penelitian ini nggak sepenuhnya benar ya. Tentunya ada faktor lain yang mempengaruhi, misal jenis bahan, kelembaban, atau faktor-faktor lain. Dan juga warna tersebut hanya menghalangi, tidak mencegah mereka masuk.

Setelah membaca artikel ini, ada rencana ganti warna sprei?

- Advertisement -
Shares 8

Komentar:

Komentar