9 Fakta Tentang Hewan Yang Mungkin Dari Dulu Kamu Percayai Ini Ternyata Cuma Mitos Belaka

Ternyata gak cuma betina aja yang bisa melahirkan

Apa menurutmu bebek bisa terbang?

Hmm… pasti sebagian besar dari kamu menjawab “Nggak mungkin lah bebek terbang.” Itu wajar, orang-orang pada umumnya pasti beranggapan kalau bebek itu gak bisa terbang meskipun punya sayap. Tapi apa kamu tahu kalau anggapan bebek gak bisa terbang itu cuma mitos belaka?

Fakta lain tentang hewan yang dipercaya oleh banyak orang yaitu, hanya betina yang bisa melahirkan anak. Padahal itu sama sekali gak benar lho. Terus fakta-fakta tentang hewan apa lagi sih yang dianggap benar tapi ternyata salah? Well, tanpa berlama-lama lagi langsung saja kita bahas satu-satu yuk!

1. Bebek tidak bisa terbang

via rd.com

Yup, kayaknya kebanyakan orang mikirnya bebek itu gak bisa terbang, apalagi bebek-bebek yang ada di peternakan.

Faktanya memang ada beberapa jenis burung yang gak bisa terbang, tapi bebek bukanlah salah satunya. Beberapa spesies bebek liar bahkan bisa terbang hingga 80 kilometer per jam. Tapi sebagian besar dari mereka terbang lebih lambat karena berat badannya. Reputasi bebek sebagai burung yang gak bisa terbang mungkin disebabkan masyarakat lebih sering melihat bebek peternakan ketimbang bebek liar, hehe.

2. Hanya hewan betina yang melahirkan

via rd.com

Kalau kamu bilang ke kuda laut jantan “Cuma betina yang bisa beranak,” saya yakin kamu bakal langsung dimaki-maki sama kuda laut itu.

Kuda laut jantan ternyata punya kantong induk di mana sang betina menyimpan telurnya. Kuda laut jantan kemudian menyuburkan telur dan menginkubasi mereka dalam waktu 45 hari sampai keluar menjadi kuda laut kecil. Saat pertama kali melahirkan, kuda laut jantan bahkan bisa mengalami kontraksi otot.

3. Landak bisa menembakkan durinya

via animals.sandiegozoo.org

Nope, landak gak bisa menembakkan duri-durinya. Duri landak memang bisa berdiri tegak ketika merasa terancam, tapi juga mudah lepas ketika disentuh karena bulu-bulu landak itu lembut dan mudah rontok. Mungkin ini alasan kenapa ada anggapan bahwa landak bisa menembakkan duri mereka.

4. Kelelawar tidak bisa melihat

via abcnews.go.com

Kelelawar berburu di kegelapan karena mereka punya kemampuan echolocation, yang berarti memanfaatkan gema yang memantul dari objek sekitar untuk bernavigasi. Tapi di sisi lain, kelelawar juga bisa melihat. Mereka terkadang lebih memilih menggunakan penglihatan ketimbang suara saat berburu. Dan banyak lho jenis kelelawar yang bahkan gak menggunakan echolocation sama sekali.

5. Citah hewan tercepat di dunia

via pixabay.com

Lebih tepatnya, citah adalah hewan darat tercepat yang bisa melaju hingga 68 kilometer per jam. Inget ya, hewan darat! Rekor hewan tercepat di dunia dipegang oleh burung kapinis-jarum asia yang bisa terbang dengan kecepatan 69 kilometer per jam.

6. Unta menyimpan air di punuknya

via rd.com

Punuk unta adalah hasil adaptasi yang membantu mereka bertahan hidup di saat sumber makanan/minuman menipis. Tapi fungsinya bukan sebagai penyimpanan air guys, melainkan lemak.

“Hah, jadi unta minum lemak?” Yaa gak gitu juga.

Lemak yang disimpan di punuk akan terbakar menjadi energi saat unta gak bisa menemukan makanan atau minuman di sekitarnya. Unta punya persediaan air di pembuluh darah mereka, bukan di punuknya.

7. Lebah hanya bisa menyengat satu kali

via cvbugle.com

Pernyataan yang ada di sub-judul itu betul sekali kalau yang kamu maksud adalah lebah madu.

Lebah madu adalah satu-satunya spesies lebah yang hanya bisa menyengat satu kali. Sedangkan sengat pada lebah-lebah lainnya bersifat permanen. Gak percaya? Coba aja tawarin tangan kamu ke tawon atau lebah yang lebih besar dan rasakan sengatannya berkali-kali, hehe.

8. Burung unta mengubur kepalanya

via rd.com

Burung unta yang mengubur kepalanya hanya bisa kamu saksikan di film-film kartun, bukan di kehidupan nyata.

Ketika dalam bahaya, burung unta menjatuhkan tubuh, leher, dan kepala mereka ke tanah supaya tak terlihat oleh pemangsa. Dari jauh mungkin kelihatannya leher mereka berbaur dengan pasir, tapi bukan berarti terkubur. Yaa logikanya, kalau kepala terkubur ‘kan gak bisa napas.

9. Ular bisa mendengar dan bereaksi terhadap musik

via listverse.com

Pernah lihat adegan ular kobra menari ketika pawangnya memainkan seruling?

Sebenarnya pendengaran ular itu buruk, guys. Jadi gak mungkin ular bisa menari-nari seperti manusia ketika mendengar musik. Ular hanya merespons gerakan dari seruling yang dimainkan oleh pawangnya, bukan menari karena mendengar suaranya. Mungkin itu sebabnya pawang ular badannya gak mau diam kalau lagi memainkan seruling!?

Nah, sekarang kamu udah tahu kalau 9 fakta tentang hewan di atas ternyata salah. Kalau salah berarti bukan fakta dong? Ya jelas, itu semua cuma mitos belaka. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa klik tombol share-nya ya.

Komentar:

Komentar