4 Tipe Mahasiswa Saat Presentasi, Kamu Masuk yang Mana Nih?


Tugas seminar dan presentasi yang biasanya dilakukan perkelompok menuntuk kekompakan dan penguasaan materi di depan khalayak. Tapi ternyata ada beberapa orang yang punya tipe-tipe tertentu saat melakukan presentasi. Kamu termasuk tipe yang mana?

1. Tipe percaya diri

1

Tipe model ini adalah orang yang benar-benar mengusai materi. Tidak ada materi yang membuatnya bingung dan dia siap terhadap pertanyaan apapun dari para penanya. Kalo ketemu sama tipe yang ini mending diem aja deh daripada kamu ditanya balik.

2. Tipe minder

1

Kurang menguasai materi dan mental yang kurang mantap membuat tipe yang ini enak banget buat dikerjain. Kelihatan dari cara menjelaskan yang terbata-bata dan terlalu banyak mengeluarkan kata “emmmm…” di awal kalimat. Kalo yang ini kamu mesti siapin pertanyaan pamugkas.

3. Tipe asal bunyi

1

Sudah terlanjur giliran maju tapi belum belajar apa-apa. Padahal punya mental yang pede dan siap berbicara. Tapi bingung apa yang mesti diomongin, akhirnya improvisasi meskipun setiap kalimat terkesan maksa dan selalu punya dalih untuk membenarkan statement. Padahal semua udah tahu kalo itu semua gak ada korelasinya sama materi presentasi yang telah disiapkan.

4. Tipe slide show

1

Materi presentasi dibuat selengkap dan sejelas mungkin. Tujuannya adalah ketika nanti maju ke depan, tidak usah sibuk memilih kata karena semua sudah tersedia di layar dan tinggal membaca. Untuk tipe kebangetannya, biasanya langsung baca tanpa melihat ke peserta presentasi lainnya. Jadinya kayak belajar sendiri dan bukan menjelaskan ke orang lain.

Itu dia beberapa tipe mahasiswa saat ada tugas presentasi di depan kelas. Kalau kamu punya pendapat tentang tipe yang lain, jangan lupa tulis di kolom komen ya!

 

sumber: bacadulu.net

Komentar:

Komentar