10 Ilusi Optik Ini Bakal Bikin Kamu Melongo


:

Meski otak manusia itu adalah bagian yang paling kompleks sejagat raya, tapi otak kita ini ternyata sangat mudah dikibuli lo. Para ilmuwan bahkan sudah menemukan cara untuk memanipulasi otak kita, yaitu melalui ilusi optik. Ilusi optik mengajarkan kita bagaimana otak dan mata sebenarnya bekerja sama untuk memahami fenomena di sekitar kita.

Penasaran apa saja 10 ilusi optik yang bakal bikin kamu melongo? Niiih….

1. Peripheral Drift Illusion

Illusion1

Keliatan muter-muter ya? haha… Padahal sebenarnya gambar ini diam lho..

Meski otak kita rumit, kompleks, dan canggih tetap saja informasi yang diproses oleh otak kita sangat simpel: Jika kita menggerakkan mata kita dari kiri ke kanan, kedua mata dan sisi mata kita akan menangkap isyarat visual secara langsung dan kemudian diproses oleh otak kita sendiri-sendiri, tidak berkesinambungan.

Ditambah lagi dikarenakan otak kita memproses elemen dengan kontras yang tinggi, seperti hitam pada putih, lebih cepat daripada yang kontrasnya rendah, seperti hitam pada abu-abu, rentang waktu baca itu lah yang menyebabkan objek kelihatan bergerak.


Masih mau dibikin pusing dengan ilusi optis lainnya? Lihat di halaman selanjutnya.

 

2. Ames Room

Pada tahun 1934 dokter mata asal Amerika, Adelbert Ames, menciptakan kamar Ames untuk kepentingan penelitian karena dr. Ames percaya bahwa ruangan ini dapat memainkan persepsi otak manusia. Bentuk kamar Ames yang trapesium sebenarnya hanyalah ilusi optik belaka.

Pojok kiri ruangan tersebut lebih jauh dari kamera daripada pojok kanan ruangan. Sehingga ketika seseorang berjalan menyeberang ruangan maka dia akan terlihat membesar padahal dia hanya bergerak lebih dekat ke kamera.

3. Hybrid Image

Video diatas memperlihatkan bahwa gambar Einstein jika kelamaan dilihat akan berubah jadi Marilyn Monroe, wow!

Tenang saja, video diatas menggunakan teknik hybrid image dimana satu gambar berada diatas gambar lainnya. Jadi sebenarnya anda melihat gambar Einstein dan juga Monroe, tapi yang membedakan adalah gambar Einstein lebih banyak detail yang diperlihatkan sehingga kesan awal kita adalah melihat gambar Einstein, bukan Monroe. Simpel kan?

Semakin jauh objek tersebut dari mata kita, semakin samar pula objek tersebut. Hal itu dikarenakan bahwa otak secara instan memproses gambar samar dari Monroe ketika kita melihat gambar tersebut dari jauh, tapi ketika kita kembali melihat dari dekat, otak dan mata kita mengenali lebih banyak detail pada Einstein.

Komentar:

Komentar