10 Iklan TV Jadul Ini Pasti Bisa Bikin Anak 90an Bernostalgia, Apa Kamu Masih Ingat?

Masih inget sama iklan TV yang sempet populer ini?

Hai anak-anak generasi 90an! Gak kerasa sekarang kita udah berada di tahun 2018, nih. Waktu memang cepat sekali berlalu ya, dan kita sekarang udah memasuki usia dewasa. Tapi berbagai ingatan tentang masa kecil kamu masih tetep ada sampai sekarang, ‘kan?

Hayo siapa yang masih inget sama acara televisi Jin dan Jun, Keluarga Cemara, Spontan Uhuy, dan Si Doel Anak Betawi? Nah, di sela-sela acara TV pasti selalu ada iklan, dan kamu mungkin masih inget iklan apa aja yang sering muncul pas kamu nonton acara TV favorit kamu dulu.

Saya sendiri masih inget iklan kacang atom Garuda selalu diputar di sela-sela sinetron Tersanjung, hehe. Kamu masih inget, gak? Kalau enggak tenang aja, di artikel ini kita bakal bahas 10 iklan TV zaman dulu yang bisa bikin generasi 90an bernostalgia. Daripada penasaran, yuk langsung aja kita liat daftarnya.

1. Deterjen Daia (2000)

Anak 90an pasti inget deh sama iklan sabun cuci fenomenal yang satu ini. Apalagi sama tagline “dag, dig, dug, dhuer!” dan tokoh fenomenalnya yang berambut ijuk warna-warni. Oh iya, kalau kamu belum tahu, pemeran Mr. Daia itu adalah aktor bernama Romy M. Toha.

Saya masih ingat aksinya ketika membagikan hadiah ke kampung-kampung dan bikin ibu-ibu rumah tangga heboh dan menggila.

2. Pindy Mint (1997)

Nah, kalau ini sih iklan permen favorit saya dulu. Berdurasi 30 detik, iklan ini nyeritain seorang cewek (Dewi Sandra) yang lagi marahan sama cowoknya. Terus temen cowoknya nyaranin dia buat ngasih permen Pindy Mint, dan saran itu pun dia lakukan. Akhirnya si cewek gak marah lagi setelah dikasih permen Pindy Mint. Slogan iklan yang catchy bikin pemirsanya terngiang-ngiang dan keingetan terus, termasuk juga kamu.

“Pindy Mint, dingin-dingin empuk!”

3. Coca-Cola (2004)

Jujur, iklan ini asyik banget buat didengar apalagi ditonton. Iklan ini menampilkan aksi kocak Jamie Aditya yang bergaya Elvis Presley, merayu cewek dengan lagu dangdut dan Coca-Cola di sebuah warung pinggir jalan. Selain di iklan ini, Jamie juga tampil di beberapa iklan Coca-Cola lain yang gak kalah kocaknya, dan pastinya kamu juga masih inget deh sama iklan-iklannya.

4. Xon-Ce (1994)

“Xon-Cenya mana? Sariawan ya, kok diem aja”

Iklan Xonce yang diperankan oleh Elma Theana ini dulu sering banget diputar. Hayo siapa yang masih inget sama penjaga tol yang kece ini?

5. Kacang Atom Garuda (1998)

Iklan kacang atom Garuda tahun 1998 ini lucu banget. Apalagi pas Tia Ivanka gak sengaja ngelempar kacang atomnya ke mangkok lain dan bikin pengunjung lain jadi penasaran sama kacang atom Garuda. Slogan iklan “ini kacangku!” juga masih dipakai sampai sekarang.

6. Baygon (1994)

Ini nih, salah satu iklan 90an dengan latar musik yang khas. Pokoknya, kalau udah denger musik betawi di TV atau di radio pasti langsung tau kalau itu iklan Baygon. Pertengkaran suami-istrinya juga dibikin lucu dan menarik. Kalau saya sih lebih sering denger iklan ini di radio ketimbang ngeliat di televisi.

7. Baterai ABC (2003)

Mungkin ini salah satu iklan paling lucu di tahun 2003. Diperankan oleh Valentino, iklan ini menggambarkan kekuatan baterai ABC yang tangguh seperti prajurit-prajurit perang. Prajurit khayalan ini ngejar-ngejar Valentino sampai dia ketakutan. Mungkin iklan ini awalnya menegangkan, tapi di akhir cerita, ada plot twist yang bisa bikin para pemirsa tertawa lepas.

8. Dancow (2001)

Anak yang minum susu Dancow bakal tumbuh sehat dan kuat, gak percaya? Iklan ini nih buktinya. Aksi anak-anak Dancow yang bikin tangan Rony Dozer menggeretak saat bersalaman lucu banget sekaligus lebay. Apalagi pas Rony mau salaman sama anak yang paling gede, haha. Ekspresinya itu, lho.

9. Susu Bendera (2005)

“Ini teh buat saya, Bu?”

“Bu, Bu, susu kok dibilang teh?”

Hayo siapa yang masih inget?

Selain menampilkan kelucuan dan sifat polos anak-anak, iklan ini juga sukses nunjukkin keberagaman suku dan bahasa di Indonesia. Padahal ini cuma iklan susu lho, guys. Anyway, saya masih inget percakapan di iklan ini sempet viral dan sering dijadikan candaan oleh orang-orang, khususnya orang Jawa dan Sunda.

10. Termorex (1993)

“Bu, saya gak punya es, tapi kalau anak saya panas saya beri Termorex”

“Apa? Termos es?”

Percakapan Bu Joko dan tetangganya yang lagi panik karena anaknya demam ini juga sempet ngetop di TV dan di radio zaman dulu, lho. Apa kamu juga pernah dikasih Termorex sama ibu kamu pas lagi demam dulu?

Nah, gimana menurut kamu 10 iklan TV tadi? Apa udah cukup bikin anak 90an kayak kamu mengenang masa-masa kecil dulu? Jangan lupa share kenangan-kenangan manis ini ke temen-temen kamu juga ya! Hehe. 

 

36 Shares

Komentar:

Komentar